صحيح ابن خزيمة ٥٣١: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، نا خَلَفُ بْنُ الْوَلِيدِ، نا إِسْرَائِيلُ، عَنْ سِمَاكٍ، عَنْ جَابِرٍ هُوَ ابْنُ سَمُرَةَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «يُصَلِّي نَحْوًا مِنْ صَلَاتِكُمْ، وَلَكِنَّهُ كَانَ يُخَفِّفُ الصَّلَاةَ، كَانَ يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ بِالْوَاقِعَةِ وَنَحْوِهَا مِنَ السُّوَرِ» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: رَوَى هَذَا الْخَبَرَ مَنْ لَيْسَ الْحَدِيثُ صِنَاعَتُهُ فَجَاءَ بِطَامَّةٍ، رَوَاهُ عَنْ سُلَيْمَانَ التَّيْمِيِّ، فَقَالَ: عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Shahih Ibnu Khuzaimah 531: Ya’kub bin Ibrahim mengabarkan kepada kami, Khalaf bin Al Walid mengabarkan kepada kami, Isra'il mengabarkann kepada kami, dari Simak, dari Jabir —ia adalah Ibnu Samurah— ia berkata, “Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan shalat sama dengan shalat kalian, akan tetapi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam meringankan bacaan shalatnya. Rasulullah di dalam shalat Subuh membaca surah Al Waqi’ah dan surat-surat yang serupa.”668 Abu Bakar berkata, “Hadits ini diriwayatkan oleh orang yang tidak layak perlakuannya. Kemudian terdapat Bithamah yang meriwayatkan dari Sulaiman At-Taimi, ia berkata, Hadits tersebut berasal dari Anas bin Malik dari Rasulullah SAW’.”
صحيح ابن خزيمة ٥٣٢: ناه أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ، نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، نا سُلَيْمَانُ التَّيْمِيُّ، عَنْ أَنَسٍ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِهَذَا. وَهَذَا خَطَأٌ فَاحِشٌ، وَالْخَبَرُ إِنَّمَا هُوَ عَنْ سُلَيْمَانَ، عَنْ أَبِي الْمِنْهَالِ سَيَّارِ بْنِ سَلَامَةَ، عَنْ أَبِي بَرْزَةَ، كَذَا رَوَاهُ هَؤُلَاءِ الْحُفَّاظُ الَّذِينَ الْحَدِيثُ صِنَاعَتُهُمْ
Shahih Ibnu Khuzaimah 532: Ahmad bin Mani’ mengabarkan hadits kepada kami, Ya’kub bin Ibrahim mengabarkan kepada kami, Sulaiman At-Taimi mengabarkan kepada kami, dari Anas, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dengan hadits ini. Ini adalah kesalahan besar dan hadits ini sesungguhnya berasal dari Sulaiman dari Abui Minhal Sayyar bin Salamah dari Abu Barzah. Demikianlah para penghafal hadits meriwayatkan hadits yang menjadi buatan mereka.669
صحيح ابن خزيمة ٥٣٣: نا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ السَّعْدِيُّ، عَنْ مُرَّةَ، أَخْبَرَنَا شَرِيكٌ، عَنْ مُخَوَّلِ بْنِ رَاشِدٍ، عَنْ مُسْلِمٍ الْبَطِينِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «يَقْرَأُ فِي الْفَجْرِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ الم تَنْزِيلُ، وَهَلْ أَتَى» نا بُنْدَارٌ، نا مُحَمَّدٌ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ مُخَوَّلٍ، عَنْ مُسْلِمٍ الْبَطِينِ، ح وَحَدَّثَنَا الصَّغَانِيُّ، نا خَالِدٌ يَعْنِي ابْنَ الْحَارِثِ، أنا شُعْبَةُ، أَخْبَرَنِي مُخَوَّلٌ قَالَ: سَمِعْتُ مُسْلِمًا الْبَطِينَ يُحَدِّثُ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ «يَقْرَأُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ الم تَنْزِيلُ، وَهَلْ أَتَى عَلَى الْإِنْسَانِ، وَفِي صَلَاةِ الْجُمُعَةِ سُورَةَ الْجُمُعَةِ، وَالْمُنَافِقُونَ» نا الْفَضْلُ بْنُ يَعْقُوبَ الرُّخَامِيُّ بِخَبَرٍ غَرِيبٍ غَرِيبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَسَدُ بْنُ مُوسَى، نا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ «يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ الم تَنْزِيلُ، وَهَلْ أَتَى عَلَى الْإِنْسَانِ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 533: Ali bin Hajr As-Sa’di mengabarkan kepada kami dari Murrah, Syarik mengabarkan kepada kami, dari Mukhawal bin Rasyid, dari Muslim Al Bathin, dari Said bin Jubair, dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam di hari Jum’at saat shalat shubuh membaca Alif laam Miim Tanziil dan hal ataa”670 Bundar mengabarkan kepada kami, Muhammad mengabarkan kepada kami dari Syu’bah dari Makhul dari Muslim Al Bathin, Ha', Ash-Shagani menceritakan kepada kami, Khalid —yaitu Ibnul Harits— mengabarkan kepada kami, Syu’bah, mengabarkan kepada kami, Makhul mengabarkan kepada kami, ia berkata, aku mendengar Muslim Al Bathin menceritakan hadits dari Said bin Jubair dari Ibnu Abbas; Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di hari jum’at saat shalat shubuh membaca, Alif laam miim Tanziil dan hal Ataa alal Insaan serta di dalam shalat jum’at membaca surah Al Jum’at dan Al Munaafiqun. Al Fadl bin Ya’kub Ar-Rakhmi mengabarkan kepada kami dengan hadits gharib. Asad bin Musa menceritakan kepada kami, Hamad bin Salamah mengabarkan kepada kami, dari Ayub, dari Said bin Jubair, dari Ibnu Abbas; Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam di hari jum’at saat melaksanakan shalat Subuh membaca alif laam miim tanziil dan hal ataa alal insaan.
صحيح ابن خزيمة ٥٣٤: نا أَبُو عَمَّارٍ، وَعَلِيُّ بْنُ سَهْلٍ الرَّمْلِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ، حَدَّثَنِي الْقَاسِمُ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ: قُدْتُ رَسُولَ اللَّهِ فِي نَقَبٍ مِنْ تِلْكَ النِّقَابِ، فَقَالَ: «أَلَا تَرْكَبُ يَا عُقَيْبُ؟» فَأَجْلَلْتُ أَنْ أَرْكَبَ مَرْكَبَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ قَالَ: «أَلَا تَرْكَبُ يَا عُقَيْبُ؟» فَأَشْفَقْتُ أَنْ تَكُونَ مَعْصِيَةً، فَنَزَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَرَكِبْتُ هُنَيْهَةً، ثُمَّ نَزَلْتُ وَرَكِبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ قَالَ: «يَا عُقَيْبُ أَلَا أُعَلِّمْكَ سُورَتَيْنِ مِنْ خَيْرِ سُورَتَيْنِ قَرَأَ بِهِمَا النَّاسُ؟» قُلْتُ: بَلَى، يَا رَسُولَ اللَّهِ، فَأَقْرَأَنِي قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ، وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ، ثُمَّ أُقِيمَتِ الصَّلَاةُ، فَصَلَّى وَقَرَأَ بِهِمَا، ثُمَّ مَرَّ بِي، فَقَالَ: «كَيْفَ رَأَيْتَ يَا عُقَيْبُ؟ اقْرَأْ بِهِمَا كُلَّمَا نِمْتَ وَقُمْتَ» نا أَبُو الْخَطَّابِ، نا الْوَلِيدُ بِهَذَا الْإِسْنَادِ بِمِثْلِهِ، وَقَالَ: عَنِ الْقَاسِمِ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: هَذِهِ اللَّفْظَةُ «كُلَّمَا نِمْتَ وَقُمْتَ» مِنَ الْجِنْسِ الَّذِي أَعْلَمْتُ أَنَّ الْعَرَبَ يُوقِعُ اسْمَ النَّائِمِ عَلَى الْمُضْطَجِعِ، وَيُوقِعُهُ عَلَى النَّائِمِ الزَّائِلِ الْعَقْلِ، وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّمَا أَرَادَ بِقَوْلِهِ فِي هَذَا الْخَبَرِ: «اقْرَأْ بِهِمَا إِذَا نِمْتَ» ، أَيْ إِذَا اضْطَجَعْتَ، إِذِ النَّائِمُ الزَّائِلُ الْعَقْلِ مُحَالٌ أَنْ يُخَاطَبَ، فَيُقَالَ لَهُ: إِذَا نِمْتَ - وَزَالَ عَقَلَهُ - فَاقْرَأْ بِالْمُعَوِّذَتَيْنِ، وَكَذَاكَ خَبَرُ ابْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ: «صَلَاةُ النَّائِمِ عَلَى نِصْفِ صَلَاةِ الْقَاعِدِ» ، وَإِنَّمَا أَرَادَ بِالنَّائِمِ فِي هَذَا الْمَوْضِعِ الْمُضْطَجِعَ لَا النَّائِمَ الزَّائِلَ الْعَقْلِ، إِذِ النَّائِمُ الزَّائِلُ الْعَقْلِ غَيْرُ مُخَاطَبٍ بِالصَّلَاةِ، ولَا يُمْكِنُهُ الصَّلَاةَ لِزَوَالِ الْعَقْلِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 534: Abu Ammar dan Ali Bin Sahi Ar-Ramli mengabarkan kepada kami dan keduanya berkata, Al Walid bin Muslim (70-alif)menceritakan kepada kami, Abdurrahman bin Yazid bin Jabir menceritakan kepadaku, Al Qasim Abu Abdurrahman menceritakan kepadaku dari Uqbah bin Amir, ia berkata, “Aku pemah mengikuti Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam suatu investigasi, beliau bersabda, 'Wahai Uqaib! Tidakkah engkau ingin menunggangi kendaraan?’ padahal saat itu aku ingin sekali menaiki kendaraan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Lalu beliau bersabda lagi, 'Wahai Uqaib tidakkah engkau ingin menunggangi kendaraan. ' Aku takut perbuatan tersebut termasuk kategori maksiat. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam turun dari kendaraannya lalu aku menaikinya sebentar kemudian aku turun lagi, lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menaiki kendaraan tersebut kemudian beliau bersabda, 'Wahai Uqaib! Maukah kamu aku beritahukan dua surat yang terbaik yang dibaca oleh kebanyakan orang.’ Aku menjawab, Tentu! wahai Rasulullah.' Kemudian beliau membacakan kepadaku Qui auudzu birabbil falaq dan Qul auudzu Birabbinnaas. kemudian shalat pun didirikan, beliau lalu melaksanakan shalat dengan membaca dua surat tersebut, lalu beliau menghampiriku dan bersabda, 'Bagaimana nendapatmu wahai Uqaih, bacalah kedua surat tersebut setiap engkau akan dan bangun dari tidur” 671 Abul Khaththab mengabarkan kepada kami Al Walid mengabarkan kepada kami dengan sanad ini, dengan hadits sejenis dan ia berkata dari Al Qasim. Abu Bakar berkata, “Redaksi ini “Setiap engkau akan dan bangun dari tidur” termasuk jenis ungkapan yang aku tahu bahwa orang-orang Arab menggunakan istilah an-naim (orang yang tidur) untuk orang yang tidur terlentang, serta meletakkan istilah tersebut juga bagi orang yang hilang akalnya. Yang dikehendaki oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dari sabdanya di dalam hadits ini adalah, “Bacalah kedua surat tersebut apabila engkau akan tidur” maksudnya apabila engkau akan tidur berbaring, karena orang yang tidur adalah orang yang hilang akalnya, dan yang demikian tidak mungkin untuk diperintah. Kemudian dikatakan kepadanya, 'Apabila engkau tidur dan hilang akal, maka bacalah Al Muawwidzatain’. Dan, seperti inilah hadits Ibnu Buraidah dari Imran bin Husein yang berbunyi, 'Shalat sambil berbaring pahalanya separuh dari orang yang shalat sambil duduk’ yang dimaksud oleh Rasulullah dengan istilah an-na'im (orang yang tidur) di sini adalah orang yang berbaring, bukan orang yang hilang akalnya, karena orang yang hilang akalnya tidak terkena perintah shalat, dan shalat tidak dapat dilakukan olehnya karena ia sedang kehilangan akal.
صحيح ابن خزيمة ٥٣٥: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ هَاشِمٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ يَعْنِي ابْنَ مَهْدِيٍّ، ح وَنا عَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْخُزَاعِيُّ، أَخْبَرَنَا زَيْدٌ يَعْنِي ابْنَ الْحُبَابِ، كِلَاهُمَا عَنْ مُعَاوِيَةَ، وَهُوَ ابْنُ صَالِحٍ قَالَ عَبْدَةُ قَالَ: حَدَّثَنِي الْعَلَاءُ بْنُ الْحَارِثِ الْحَضْرَمِيُّ، وَقَالَ ابْنُ هَاشِمٍ، عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ الْحَارِثِ، عَنِ الْقَاسِمِ مَوْلَى مُعَاوِيَةَ، عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ: كُنْتُ أَقُودُ بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَاحِلَتَهُ فِي السَّفَرِ، فَقَالَ: «يَا عُقْبَةُ، أَلَا أُعَلِّمُكَ خَيْرَ سُورَتَيْنِ قُرِئَتَا؟» قُلْتُ: بَلَى قَالَ: " قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ، وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ فَلَمَّا نَزَلَ صَلَّى بِهِمَا صَلَاةَ الْغَدَاةِ قَالَ: «كَيْفَ رَأَيْتَ يَا عُقْبَةُ؟» هَذَا لَفْظُ حَدِيثِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، وَلَمْ يَقُلْ عَبْدَةُ: فِي السَّفَرِ، وَقَالَ: فَلَمْ يَرَنِي أُعْجِبْتُ بِهِمَا، فَصَلَّى بِالنَّاسِ الصُّبْحَ، فَقَرَأَ بِهِمَا، ثُمَّ قَالَ لِي: «يَا عُقْبَةُ كَيْفَ رَأَيْتَ؟»
Shahih Ibnu Khuzaimah 535: Abdullah bin Hasyim mengabarkan kepada kami, Abdurrahman —yaitu Ibnu Mahdi— menceritakan kepada kami, Ha’, Abdah bin Abdullah Al Khaza’i mengabarkan kepada kami, Zaid mengabarkan kepada kami —yaitu Ibnu Al Hubab— keduanya dari Muawiyah —ia adalah Ibnu Shalah— Abdah berkata, Al Ala' bin Al Harits Al Hadhrami menceritakan kepadaku dan Ibnu Hasyim berkata, dari Al A’la bin Al Harits dari Al Qasim hamba sahaya Muawiyah dari Uqbah bin Amir, ia berkata, “Aku pernah menuntun kendaraan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam saat bepergian. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Wahai Uqbah! Tidakkah kamu ingin aku beritahukan dua surat yang terbaik untuk dibaca (di dalam shalat)!' Aku menjawab, 'Tentu.' Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Qul auudzu birabbil falaq dan qui auudzu birabbin-naas. ' Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam turun (dari kendarannya) beliau melakukan shalat Subuh dengan membaca kedua surat tersebut, lalu beliau bersabda, 'Bagaimana pendapatmu wahai Uqbah'. ” Ini adalah hadits redaksi Abdurrahman. Abdah tidak mengatakan, "Saat bepergian." Abdah berkata, “Nabi tidak melihatku tercengang oleh kedua shalat tersebut, lalu beliau melaksanakan shalat Subuh dengan banyak orang dan membaca kedua surat tersebut. Lalu beliau bersabda kepadaku, 'Wahai Uqbah bagaimana pendapatmu.’
صحيح ابن خزيمة ٥٣٦: نا مُوسَى بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَسْرُوقِيُّ، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْفَضْلِ بْنِ الْمُوَفَّقِ قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، وَزَيْدُ بْنُ أَبِي الزَّرْقَاءِ كِلَاهُمَا عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ الْحَضْرَمِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ «يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الْغَدَاةِ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقَ وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ» هَذَا لَفْظُ حَدِيثِ زِيدِ بْنِ أَبِي الزَّرْقَاءِ وَفِي حَدِيثِ أَبِي أُسَامَةَ قَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْمُعَوِّذَتَيْنِ، أَمِنَ الْقُرْآنِ هُمَا؟ فَأَمَّنَا بِهِمَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: أَصْحَابُنَا يَقُولُونَ: الثَّوْرِيُّ أَخْطَأَ فِي هَذَا الْحَدِيثِ، وَأَنَا أَقُولُ غَيْرَ مُسْتَنْكَرٍ لِسُفْيَانَ أَنْ يَرْوِيَ هَذَا عَنْ مُعَاوِيَةَ، وَعَنْ غَيْرِهِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 536: Musa bin Abdurrahman Al Masruqi dan Abdurrahman bin Al Fadl bin Al Muwaffaq mengabarkan kepada kami, keduanya berkata, Abu Usamah [dan Zaid bin Abu Az-Zarqa'] menceritakan kepada kami dan keduanya dari Sufyan dari Muawiyah bin Shalih dari Abdurrahman bin Jubair Nufair Al Hadhrami dari ayahnya dari Uqbah bin Amir, Sesungguhnya Nabi di dalam shalat Subuh membaca Qui Auudzu Birabil Falaq dan Qui Auudzu birabbinnaas. 673 Ini adalah redaksi hadits Zaid bin Abu Az-Zarqa'. 674 Dalam hadits Abu Usamah, ia berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengenai surat Al Muawidatain, apakah keduanya merupakan bagian dari Al Qur’an? Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjadi imam shalat kami dengan membaca kedua surat tersebut di dalam shalat Subuh. Abu Bakar berkata : Para pengikut kami berkata Ats-Tsauri membuat kesalahan dalam hadits ini’. Dan aku katakan bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa Sufyan dapat meriwayatkan hadits ini dari Muawiyah dan dari lama hadits lainnya.
صحيح ابن خزيمة ٥٣٧: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بِخَبَرٍ غَرِيبٍ غَرِيبٍ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ حَمْزَةَ، نا عَبْدُ الْعَزِيزِ يَعْنِي ابْنَ مُحَمَّدٍ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ، عَنْ ثَابِتٍ الْبُنَانِيِّ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ رَجُلٌ مِنَ الْأَنْصَارِ يَؤُمُّهُمْ فِي مَسْجِدِ قُبَاءَ قَالَ: وَكَانَ كُلَّمَا افْتَتَحَ سُورَةً يَقْرَأُ لَهُمْ بِهَا فِي الصَّلَاةِ مِمَّا يَقْرَأُ بِهِ افْتَتَحَ بِـ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْهَا، ثُمَّ يَقْرَأُ بِسُورَةٍ أُخْرَى مَعَهَا، وَكَانَ يَصْنَعُ ذَلِكَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ فَلَمَّا أَتَاهُمُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخْبَرُوهُ بِالْخَبَرِ، فَقَالَ: «يَا فُلَانُ، مَا يَحْمِلُكَ عَلَى لُزُومِ هَذِهِ السُّورَةِ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ؟» قَالَ: إِنِّي أُحِبُّهَا، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «حُبُّهَا أَدْخَلَكَ الْجَنَّةَ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 537: Muhammad bin Yahya mengabarkan kepada kami dengan hadits yang sangat gharib, Ibrahim bin Hamzah menceritakan kepada kami, Abdul Aziz —yaitu Ibnu Muhammad— mengabarkan kepada kami, dari Ubaidillah, dari Tsabit Al Bunani, dari Anas bin Malik, ia berkata, “Seorang laki-laki dari kaum Anshar (70-ba') menjadi imam bagi mereka di masjid Quba.” Ia berkata, “Laki-laki tersebut setiap kali memulai bacaan surat untuk mereka di dalam shalat, maka ia memulainya dengan membaca 'Qul huwallaahu ahad’ sampai selesai, kemudian ia membaca surat yang lain bersama surat tersebut. Hal itu terus-menerus ia lakukan di setiap rakaat. Ketika Nabi mendatangi mereka, maka mereka mengabarkan mengenai hal tersebut. Lalu beliau bersabda, "Wahai fulan apa yang membuatmu selalu membaca surat tersebut dalam setiap rakaat?” la berkata, “Sesungguhnya aku menyukainya.” Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Cintailah ia, maka ia akan memasukkanmu ke dalam surga.675
صحيح ابن خزيمة ٥٣٨: نا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ بْنِ كُرَيْبٍ الْهَمْدَانِيُّ، نا أَبُو خَالِدٍ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ شَقِيقٍ قَالَ: جَاءَ نَهِيكُ بْنُ سِنَانٍ إِلَى عَبْدِ اللَّهِ فَقَالَ: كَيْفَ تَجِدُ هَذَا الْحَرْفَ {مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ} [محمد: 15] أَوْ يَاسِنٍ؟ فَقَالَ: " أَكُلَّ الْقُرْآنِ أَحْصَيْتَ إِلَّا هَذَا؟ قَالَ: إِنِّي لَأَقْرَأُ الْمُفَصَّلَ فِي رَكْعَةٍ، فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ: هَذًّا كَهَذِّ الشَّعَرِ إِنَّ أَقْوَامًا يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ بِأَلْسِنَتِهِمْ لَا يَعْدُو تَرَاقِيَهُمْ، وَلَكِنَّهُ إِذَا دَخَلَ فِي قَلْبٍ فَرَسَخَ فِيهِ نَفَعَ، وَإِنَّ أَخْيَرَ الصَّلَاةِ الرُّكُوعُ وَالسُّجُودُ، وَإِنِّي أَعْلَمُ النَّظَائِرَ الَّتِي كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِهِنَّ سُورَتَيْنِ فِي رَكْعَةٍ، ثُمَّ أَخَذَ بَيْدِ عَلْقَمَةَ فَدَخَلَ ثُمَّ خَرَجَ فَعَدَّهُنَّ عَلَيْنَا " قَالَ الْأَعْمَشُ: وَهِيَ عِشْرُونَ سُورَةً عَلَى تَأْلِيفِ عَبْدِ اللَّهِ أَوَّلُهُنَّ الرَّحْمَنُ وَآخِرَتُهُنَّ الدُّخَانُ: الرَّحْمَنُ، وَالنَّجْمُ، وَالذَّارِيَاتُ، وَالطُّورُ هَذِهِ النَّظَائِرُ، وَاقْتَرَبَتِ وَالْحَاقَّةُ، وَالْوَاقِعَةُ، وَن وَالنَّازِعَاتُ وَسَأَلَ سَائِلٌ، وَالْمُدَّثِّرُ، وَالْمُزَّمِّلُ، وَوَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ، وَعَبَسَ وَلَا أُقْسِمُ، وَهَلْ أَتَى، وَالْمُرْسَلَاتُ، وَعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ، وَإِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ، وَالدُّخَانُ نا أَبُو مُوسَى، نا الْأَعْمَشُ، ح وَحَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ مُوسَى، وَسَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، نا الْأَعْمَشُ: فَذَكَرُوا الْحَدِيثَ بِطُولِهِ، إِلَى قَوْلِهِ: فَدَخَلَ عَلْقَمَةُ، فَسَأَلَهُ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَيْنَا، فَقَالَ: عِشْرُونَ سُورَةً مِنْ أَوَّلِ الْمُفَصَّلِ فِي تَأْلِيفِ عَبْدِ اللَّهِ لَمْ يَزِيدُوا عَلَى هَذَا
Shahih Ibnu Khuzaimah 538: Muhammad bin Al Ala' bin Kuraib Al Hamdani mengabarkan kepada kami, Abu Khalid mengabarkan kepada kami, dari Al A'masy, dari Syaqiq, ia berkata, “Nahik bin Sinan pernah datang kepada Abdullah, lalu ia berkata, 'Bagaimana pendapatmu dengan huruf ini, apakah dibaca min ma'iin ghaira aasin atau yaasin?' Abdullah berkata, 'Apakah yang engkau hitung dari Al Quran hanya ayat ini?' Nahik berkata, 'Sesungguhnya aku pasti membaca surat Al Mufashal di dalam satu rakaat.' Abdullah berkata, 'Bacalah dengan cepat seperti membaca syair ini. Sesungguhnya banyak kaum mengukuhkan Al Qur'an dengan lisan mereka dan mereka tidak melewati batas bacaan maksimal, akan tetapi apabila masuk ke dalam hati kemudian meresap secara mendalam, maka di dalamnya terdapat manfaat. Dan, sesungguhnya pekerjaan yang terbaik di dalam shalat adalah ruku dan sujud. Dan, sesungguhnya aku mengetahui an-nadha'ir surat-surat yang sama —dalam makna atau dalam jumlah ayat— yang dibaca Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dua kali di dalam satu rakaat', lalu Abdullah menggandeng tangan Alqamah mengajak masuk, kemudian ia keluar dan menunjukkan hitungan an-nadha'ir kepada kami.”676 Al Amasy berkata, “An-nadh'ir yang dimaksud adalah dua puluh surat berdasarkan susunan Abdullah. Pertama surat Ar-Rahmaan dan terakhir surat Ad-Dukhaan. Surah Ar-Rahmaan, An Najm, Ad Dzaariyaat dan Ath Thuur adalah an-nadha ir. Demikian juga dengan surat lqtabat, Al Haaqqah, Al Waaqi’ah, Nuun, An Naaziat, Wa sa'ala saa'ilun, Al Muddatsir, Al Muzzammil, Wailul lil muthaffifin, ‘ Abasa, Laa Uqsimu, Hal Ataa, Al Mursalaat, Ammaa Yatasaaluun, Idzasy- syamsu Kuwwirat dan Ad-Dukhaan. ” Abu Musa mengabarkan kepada kami, Al A'masy mengabarkan kepada kami, Ha’, Yusuf bin Musa dan Salam bin Janabah menceritakan kepada kami, keduanya berkata, Abu Muawiyah menceritakan kepada kami, Al A'masy menceritakan kepada kami, Mereka mengemukakan hadits panjang lebar hingga ucapan, “Kemudian Alqamah masuk lalu menemuinya setelah itu ia keluar kepada kami lalu berkata, Dua puluh surat mulai dari awal surat Al Mufashal dalam susunan yang dibuat oleh Abdullah dan mereka tidak menambahkan hal ini'.”
صحيح ابن خزيمة ٥٣٩: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، نا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، نا كَهْمَسٌ، وَحَدَّثَنَا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، أنا وَكِيعٌ، عَنْ كَهْمَسِ بْنِ الْحَسَنِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَقِيقٍ الْعُقَيْلِيِّ قَالَ: قُلْتُ لِعَائِشَةَ: هَلْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَجْمَعُ بَيْنَ السُّوَرِ فِي الرَّكْعَةِ؟ قَالَتِ: «الْمُفَصَّلُ» هَذَا حَدِيثُ وَكِيعٍ وَقَالَ الدَّوْرَقِيُّ فِي حَدِيثِهِ: قُلْتُ لِعَائِشَةَ: أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى؟ قَالَتْ: «إِذَا جَاءَ مِنْ مَغِيبِهِ؟» قُلْتُ: أَكَانَ يَقْرِنُ السُّوَرَ؟ قَالَتِ: «الْمُفَصَّلُ» ، قُلْتُ: أَكَانَ يُصَلِّي جَالِسًا؟ قَالَتْ: «بَعْدَمَا حَطَمَهُ النَّاسُ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 539: Ya’kub bin Ibrahim Ad-Dauraqi mengabarkan kepada kami, Utsman bin Umar mengabarkan kepada kami, Kahmas mengabarkan kepada kami, Saim bin Junadah menceritakan kepada kami, Waki' memberitahukan kepada kami, dari Kahmas bin Al Hasan dari Abdullah bin Syaqiq Al Uqaili, ia berkata, aku pernah berkata kepada Aisyah, “Apakah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyatukan beberapa surat di dalan satu rakaat?” Aisyah menjawab, “Ya, Surat-surat mufashal.” 677 Ini adalah hadits Waki. Ad-Dauraqi berkata dalam haditsnya, “Aku katakan kepada Aisyah, ‘Apakah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melakukan shalat Dhuha?' Aisyah menjawab, 'Apabila beliau datang dari bepergian. Aku katakan, 'Apakah beliau pernah menyatukan surat-surat dalam satu rakaat?' Aisyah menjawab, 'Al Mufashal.' Aku katakan, 'Apakah Rasulullah melaksanakan shalat dengan posisi duduk?' Aisyah menjawab, 'Setelah beliau berusia senja dan tua'.”
صحيح ابن خزيمة ٥٤٠: نا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ بْنِ كُرَيْبٍ الْهَمْدَانِيُّ أَبُو أُسَامَةَ، عَنْ هِشَامٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ أَبَا أَيُّوبَ، أَوْ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ
Shahih Ibnu Khuzaimah 540: Muhammad bin Al Ala' bin Kuraib Al Hamdani, Abu Usamah mengabarkan kepada kami dari Hisyam, dari ayahnya, sesungguhnya Abu Ayub atau Zaid bin Tsabit; Kemudian ia menyebutkan hadits. 679