صحيح ابن خزيمة ١٥٠١: نا يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى، ثنا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «لَا يُوَطِّنُ الرَّجُلُ الْمَسَاجِدَ لِلصَّلَاةِ إِلَّا تَبَشْبَشَ اللَّهُ بِهِ مِنْ حِينِ يَخْرُجُ مِنْ بَيْتِهِ كَمَا يَتَبَشْبَشُ أَهْلُ الْغَائِبِ بِغَائِبِهِمْ إِذَا قَدِمَ عَلَيْهِمْ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1501: Yunus bin Abdul A'la menceritakan kepada kami, Ibnu Wahab menceritakan kepada kami, Ibnu Abu Dzi'b mengabarkan kepada kami, dari Sa'id bin Abu Sa'id Al Maqburi, dari Sa'id bin Yasar, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: "Tidaklah seseorang menandakan tempat di masjid untuk shalat di dalamnya melainkan Allah akan tersenyum kepadanya sejak keluarnya dari rumahnya sebagaimana tersenyumnya keluarga yang ditinggal pergi ketika kedatangannya."
صحيح ابن خزيمة ١٥٠٢: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، وَسَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ قَالَ الدَّوْرَقِيُّ: ثنا الْأَعْمَشُ قَالَ: سَلْمٌ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ ثُمَّ أَتَى الْمَسْجِدَ لَا يَنْهَزُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ، لَا يُرِيدُ إِلَّا الصَّلَاةَ، فَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فِي صَلَاةٍ مَا كَانَتِ الصَّلَاةُ هِيَ تَحْبِسُهُ، وَالْمَلَائِكَةُ يُصَلُّونَ عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مَجْلِسِهِ الَّذِي صَلَّى فِيهِ، فَيَقُولُونَ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ، اللَّهُمَّ تُبْ عَلَيْهِ مَا لَمْ يُؤْذِ فِيهِ، مَا لَمْ يُحْدِثْ فِيهِ "
Shahih Ibnu Khuzaimah 1502: Ya'qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi dan Salam bin Junadah menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Abu Mu'awiyah menceritakan kepada kami, Ad-Dauraqi berkata: Al A'masy menceritakan kepada kami, Sallam berkata: dari Al A'masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Apabila salah seorang di antara kamu berwudhu lalu pergi ke masjid tidak bermaksud kecuali shalat, tidak menginginkan kecuali shalat, maka apabila ia masuk ke masjid maka ia dalam keadaan shalat selama shalat itu mengikatnya, dan para malaikat akan bershalawat atas salah seorang di antara kamu selama ia masih berada di tempat duduknya yang dipergunakan shalat padanya, mereka mendoakan: 'Ya Allah, ampunilah ia, ya Allah, kasihanilah ia, ya Allah, berilah taubat atas dirinya.' Selama tidak berbuat kesalahan di dalamnya, selama tidak berhadats di dalamnya."
صحيح ابن خزيمة ١٥٠٣: نا إِسْمَاعِيلُ بْنُ مُوسَى الْفَزَارِيُّ، ثنا إِبْرَاهِيمُ يَعْنِي ابْنَ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، وَالزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا أُقِيمَتِ الصَّلَاةُ فَلَا تَأْتُوهَا وَأَنْتُمْ تَسْعَوْنَ ائْتُوهَا وَأَنْتُمْ تَمْشُونَ عَلَيْكُمُ السَّكِينَةُ، فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا، وَمَا فَاتَكُمْ فَاقْضُوا»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1503: Ismail bin Musa Al Fazari memberitakan kepada kami, Ibrahim (Ibnu Sa'ad) memberitakan kepada kami dari bapaknya, dari Abu Salmah, dan Az-Zuhri dari Said bin Al Musayyib, dari Abu Hurairah bahwasanya ia pernah berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda: "Apabila iqamat telah diserukan, maka janganlah kalian tergesa-gesa untuk pergi menuju ke tempat shalat. Pergi ke tempat shalat tersebut dengan berjalan. Kalian harus tetap tenang (untuk pergi ke tempat shalat). Kerjakan rakaat shalat sedapat kalian. Dan apabila kalian tertinggal, maka qadhalah shalat tersebut."
صحيح ابن خزيمة ١٥٠٤: نا بُنْدَارٌ، نا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، ح ثنا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، نا يَحْيَى يَعْنِي ابْنَ سَعِيدٍ قَالَا: ثنا شُعْبَةُ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُهَاجِرٍ، عَنْ أَبِي الشَّعْثَاءِ الْمُحَارِبِيِّ قَالَ: كُنَّا مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ فِي الْمَسْجِدِ، فَأَذَّنَ مُؤَذِّنٌ، فَقَامَ رَجُلٌ فَخَرَجَ، فَقَالَ: «أَمَّا هَذَا فَقَدْ عَصَى أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ» وَقَالَ بُنْدَارٌ: «فَقَدْ خَالَفَ أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1504: Bundar memberitakan kepada kami, Muhammad bin Ja'far memberitakan kepada kami, ha, sementara Amr bin Ali menceritakan kepada kami, Yahya (Ibnu Sa'id) memberitakan kepada kami, lalu keduanya (Amr bin Ali dan Yahya) berkata: Syu'bah menceritakan kepada kami, dari Ibrahim bin Muhajir dari Abu Sya'tsa Al Muharibi bahwasanya ia berkata, "pada suatu ketika, kami sedang bersama Abu Hurairah di dalam masjid, tak lama kemudian seorang muadzin mengumandangkan adzan, lalu ada seorang laki-laki yang keluar dari masjid. Akhirnya Abu Hurairah berkata, 'Ketahuilah sesungguhnya orang yang keluar dari masjid itu telah berbuat maksiat kepada Rasulullah ', "Kemudian Bundar pun berkata, "Laki-laki tersebut telah menyalahi ajaran Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. "
صحيح ابن خزيمة ١٥٠٥: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، ثنا أَبُو مُعَاوِيَةَ، ثنا الْأَعْمَشُ، ح وَثنا هَارُونُ بْنُ إِسْحَاقَ، ثنا ابْنُ فُضَيْلٍ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ، ح وَثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى الصَّنْعَانِيُّ، ثنا يَزِيدُ يَعْنِي ابْنَ زُرَيْعٍ، ثنا شُعْبَةُ، نا إِسْمَاعِيلُ بْنُ رَجَاءٍ، ح وَثنا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، ثنا ابْنُ عُلَيَّةَ، نا شُعْبَةُ، نا إِسْمَاعِيلُ بْنُ رَجَاءٍ، ح وَثنا أَبُو عُثْمَانَ، وَسَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ قَالَا: ثنا وَكِيعٌ قَالَ أَبُو عُثْمَانَ: ثنا فِطْرُ بْنُ خَلِيفَةَ، وَقَالَ سَلْمٌ، عَنْ فِطْرٍ، وَعَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ، عَنْ أَوْسِ بْنِ ضَمْعَجٍ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «يَؤُمُّ الْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللَّهِ، فَإِنْ كَانُوا فِي الْقِرَاءَةِ سَوَاءً فَأَعْلَمُهُمْ بالسُّنَّةِ، فَإِنْ كَانُوا في السُّنَّةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ فِي الْهِجْرَةِ، فَإِنْ كَانُوا فِي الْهِجْرَةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ سِنًّا» هَذَا حَدِيثُ أَبِي مُعَاوِيَةَ، وَفِي حَدِيثِ شُعْبَةَ: «أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللَّهِ، وَأَقْدَمُهُمْ قِرَاءَةً» وَلَيْسَ فِي حَدِيثِهِ: «أَعْلَمَهُمْ بِالسُّنَّةِ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1505: Ya'kub bin Ibrahim Ad-Dauraqi memberitakan kepada kami, Abu Mu'awiyah menceritakan kepada kami. Al A'masy menceritakan kepada kami, ha, sedangkan Harun bin Ishak menceritakan kepada kami, Ibnu Fudhail menceritakan kepada kami dari Al A'masy, dari Ismail bin Raja, ha, Muhammad bin Abdul A'la Ash-Shan'ani menceritakan kepada kami, Yazid (Ibnu Zurai') menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami, Ismail bin Raja memberitakan kepada kami, hay sementara itu, Ya'kub bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Ibnu Aliyah menceritakan kepada kami, Syu'bah memberitakan kepada kami, Ismail bin Raja memberitakan kepada kami, ha, Abu Utsman dan Salam bin Junadah memberitakan kepada kami, kemudian kedua orang tersebut (Abu Utsman dan Salam bin Junadah) berkata, "Waki' memberitakan kepada kami", Abu Utsman berkata, "Fithr bin Khalifah memberitakan kepada kami." Salam berkata, "Kami menerima hadits itu dari Fithr, dari Ismail bin Raja', dari Aus bin Sham'aj, dan dari Ibnu Mas'ud bahwasanya ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda: "Orang yang paling layak menjadi imam untuk kaumnya adalah orang yang paling pintar bacaan Al Qur'annya. Apabila bacaan Al Qur'an mereka sama, maka orang yang paling mengetahui tentang sunnah di antara merekalah yang paling layak menjadi imam. Apabila pengetahuan mereka tentang Sunnah sama, maka orang yang paling dahulu berhijrah ke kota Madinah di antara merekalah yang paling layak menjadi imam. Apabila hijrah mereka ke kota Madinah sama, maka orang yang lebih tua di antara merekalah yang paling layak menjadi imam." Hadits ini adalah hadits dari Abu Mu'awiyah. Sedangkan dalam hadits Syu'bah disebutkan: "(Orang yang paling berhak menjadi imam untuk kaumnya) adalah orang yang paling baik bacaan Al Qur'annya dan orang yang paling dahulu membacanya di antara mereka." Bukan "yang paling tahu tentang Sunnah".
صحيح ابن خزيمة ١٥٠٦: نا بُنْدَارٌ، نا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، ثنا شُعْبَةُ، حَدَّثَنِي قَتَادَةُ، وَثنا بُنْدَارٌ، ثنا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ، وَهِشَامٍ، وَثنا بُنْدَارٌ، ثنا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، عَنْ سَعِيدٍ، وَهِشَامٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا كَانُوا ثَلَاثَةً فَلْيَؤُمَّهُمْ أَحَدُهُمْ، وَأَحَقُّهُمْ بِالْإِمَامَةِ أَقْرَؤُهُمْ» نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا عَبْدُ الْغَفَّارِ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ، ثنا شُعْبَةُ بِهَذَا الْإِسْنَادِ بِنَحْوِهِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1506: Bundar memberitakan kepada kami, Yahya bin Said memberitakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami, Qatadah menceritakan kepadaku, Bundar menceritakan kepada kami, sementara itu, Ibnu Abi 'Adi menceritakan kepada kami dari Sa'id dan Hisyam dari Qatadah dari Abu Nadhrah, dari Abu Said Al Khudri, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: "Apabila ada tiga orang, maka sebaiknya salah seorang di antara mereka menjadi imam. Sedangkan orang yang paling berhak menjadi imam di antara mereka adalah orang yang paling baik bacaan Al Qur'annya." Muhammad bin Yahya menceritakan kepada kami, Abdul Ghaffar bin Ubaidillah menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami dengan isnad seperti ini.
صحيح ابن خزيمة ١٥٠٧: نا أَبُو عَمَّارٍ الْحَسَنُ بْنُ حُرَيْثٍ، نا الْفَضْلُ بْنُ مُوسَى، عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ بْنِ جَعْفَرٍ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ عَطَاءٍ مَوْلَى أَبِي أَحْمَدَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: بَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْثًا وَهُمْ نَفَرٌ، فَدَعَاهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَاذَا مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ» ؟ فَاسْتَقْرَأَهُمْ حَتَّى مَرَّ عَلَى رَجُلٍ مِنْهُمْ وَهُوَ مِنْ أَحْدَثِهِمْ سِنًّا قَالَ: «مَاذَا مَعَكَ يَا فُلَانُ؟» قَالَ: مَعِي كَذَا وَكَذَا، وَسُورَةُ الْبَقَرَةِ قَالَ: «مَعَكَ سُورَةُ الْبَقَرَةِ؟» قَالَ: نَعَمْ قَالَ: «اذْهَبْ، فَأَنْتَ أَمِيرُهُمْ» ، فَقَالَ رَجُلٌ هُوَ مِنْ أَشْرَفِهِمْ: وَالَّذِي كَذَا وَكَذَا، يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَا مَنَعَنِي أَنْ أَتَعَلَّمَ الْقُرْآنَ إِلَّا خَشْيَةَ أَنْ لَا أَقُومَ بِهِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «تَعَلَّمِ الْقُرْآنَ فَاقْرَأْهُ، وَارْقُدْ؛ فَإِنَّ مَثَلَ الْقُرْآنِ لِمَنْ تَعَلَّمَهُ فَقَرَأَهُ وَقَامَ بِهِ كَمَثَلِ جِرَابٍ مَحْشُوٍّ مِسْكًا، يَفُوحُ رِيحُهُ عَلَى كُلِّ مَكَانٍ، وَمَنْ تَعَلَّمَهُ وَرَقَدَ وَهُوَ فِي جَوْفِهِ كَمَثَلِ جِرَابٍ أُوكِئَ عَلَى مِسْكٍ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1507: Abu Ammar Al Hasan bin Huraits memberitakan kepada kami, Fadhl bin Musa memberitakan kepada kami dari Abdul Hamid bin Ja'far dari Said Al Maqburi dari 'Atha, budak Abu Ahmad dan dari Abu Hurairah bahwasanya ia berkata: Suatu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengutus beberapa orang sahabat ke suatu daerah, kemudian beliau memanggil mereka untuk membacakan beberapa ayat Al Qur'an di hadapan beliau seraya berkata: "Ayat Al Our'an apa saja yang telah kamu hapal?" hingga akhirnya beliau menemui salah seorang di antara sahabat tersebut yang lebih muda usianya. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya kepadanya: "Ayat Al Qur'an apa saja yang telah kamu hapal wahai anakku?" Kemudian anak muda tersebut menjawab: "Wahai Rasulullah, saya sudah menghapal ayat ini, ayat itu, dan juga surat Al Baqarah." Lalu Rasulullah bertanya lagi kepadanya: "Benarkah kamu telah menghapal surat Al Baqarah wahai anakku?" Anak muda itu menjawab: "Benar wahai Rasulullah, saya telah menghapalnya." Kemudian Rasulullah berkata kepadanya: "Kalau begitu pergilah dan kamu menjadi pemimpinnya!" Tiba-tiba seorang laki-laki —dan laki-laki tersebut ternyata adalah orang yang paling mulia di antara utusan tersebut— berkata: "Demi Allah wahai Rasulullah, sebenarnya tidak ada yang menghalangiku untuk mempelajari Al Qur'an hanya saja aku takut tidak dapat mengamalkannya." Mendengar pernyataan laki-laki itu, akhirnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Pelajarilah Al Qur'an! Bacalah ia dan (setelah itu) tidurlah! Sesungguhnya perumpamaan Al Qur'an bagi orang yang mempelajari, lalu membaca, dan mengamalkannya itu laksana sebuah kantong yang berisikan minyak wangi yang mana aromanya semerbak pada setiap tempat. Dan barangsiapa mempelajari Al Qur'an dan tertidur, sedangkan hapalan Al Qur'an itu ada di dalam rongganya, maka hal itu laksana sebuah kantong yang disandarkan pada minyak wangi."
صحيح ابن خزيمة ١٥٠٨: أنا أَبُو الْخَطَّابِ زِيَادُ بْنُ يَحْيَى، وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى الصَّنْعَانِيُّ قَالَا: ثنا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، ح وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، ثنا عَبْدُ الْوَهَّابِ قَالَا: ثنا خَالِدٌ، ح وَثنا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، ثنا ابْنُ عُلَيَّةَ، عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ، عَنْ أَبِي قِلَابَةَ، عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ - وَهَذَا حَدِيثُ بُنْدَارٍ - قَالَ: أَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَا وَصَاحِبٌ لِي، فَلَمَّا أَرَدْنَا الْإِقْفَالَ قَالَ لَنَا: «إِذَا حَضَرَتِ الصَّلَاةُ فَأَذِّنَا، ثُمَّ أَقِيمَا، ثُمَّ لِيَؤُمَّكُمَا أَكْبَرُكُمَا» زَادَ الدَّوْرَقِيُّ فِي حَدِيثِهِ: قَالَ: فَقُلْتُ لِأَبِي قِلَابَةَ: فَأَيْنَ الْقِرَاءَةُ؟ قَالَ: كَانَا مُتَقَارِبَيْنِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1508: Abu Al Khatib Ziyad bin Yahya dan Muhammad bin Abdul A'la Ash-Shan'ani memberitakan kepada kami, lalu mereka berdua berkata, "Yazid bin Zurai telah menceritakan sebuah hadits kepada kami," ha, Muhammad bin Basyar memberitakan kepada kami," Abdul Wahhab memberitakan kepada kami, kemudian mereka berdua berkata, "Khalid menceritakan sebuah hadits kepada kami, ha, Ya'kub bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Ibnu Aliyah menceritakan kepada kami dari Khalid Al Hazzai, dari Abu Qalaba dari Malik bin Al Huwairist —dan ini adalah hadits Bundar— yang telah berkata: Suatu hari, aku dan temanku pergi menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, ketika kami ingin menutup pintu, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepada kami: "Apabila telah datang waktu shalat, maka kumandangkanlah adzan dan iqamat, setelah itu, salah seorang yang lebih tua usianya di antara kamu berdua menjadi imam." Ad-Dauraqi menambahkan dalam haditsnya: Aku bertanya kepada Abu Qilabah: "Siapakah yang lebih baik bacaan Al Qur'annya di antara kedua orang tersebut?" Abu Qilabah menjawab: "Keduanya sama-sama baik."
صحيح ابن خزيمة ١٥٠٩: أنا أَحْمَدُ بْنُ سِنَانٍ الْوَاسِطِيُّ، وَعَلِيُّ بْنُ الْمُنْذِرِ قَالَا: ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ: «أَنَّ الْمُهَاجِرِينَ، لَمَّا قَدِمُوا الْمَدِينَةَ، نَزَلُوا إِلَى جَنْبِ قُبَاءَ، حَضَرَتِ الصَّلَاةُ، أَمَّهُمْ سَالِمٌ مَوْلَى أَبِي حُذَيْفَةَ، وَكَانَ أَكْثَرَهُمْ قُرْآنًا، مِنْهُمْ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ، وَأَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الْأَسْدِ» هَذَا حَدِيثُ أَحْمَدَ بْنِ سِنَانٍ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1509: Ahmad bin Sinan Al Wasithi dan Ali bin Munzir memberitakan kepada kami, kemudian kedua orang itu berkata, "Abdullah bin Numair telah memberitakan kepada kami dari Ubaidillah, dari Nafi', dan dari Ibnu Umar, bahwasanya ketika orang- orang muhajirin datang ke kota Madinah, maka mereka singgah sejenak di desa Quba, tak lama kemudian masuk waktu shalat, lalu Salim, seorang sabahat yang banyak menghapal Al Qur'an dan budak Abu Huzaifah maju menjadi imam shalat. Di antara sahabat yang menjadi makmumnya adalah Umar bin Al Khtathab dan Abu Salama bin Abdul Asad." Ini adalah hadits riwayat Ahmad bin Sinan.
صحيح ابن خزيمة ١٥١٠: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، نا ابْنُ عُلَيَّةَ، عَنْ أَيُّوبَ قَالَ: ثنا عَمْرُو بْنُ سَلَمَةَ، ح وَحَدَّثَنَا أَبُو هَاشِمٍ زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ، ثنا إِسْمَاعِيلُ، نا أَيُّوبُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ سَلَمَةَ قَالَ: كُنَّا عَلَى حَاضِرٍ، فَكَانَ الرُّكْبَانُ يَمُرُّونَ بِنَا رَاجِعِينَ مِنْ عِنْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَدْنُو مِنْهُمْ، فَأَسْمَعُ حَتَّى حَفِظْتُ قُرْآنًا قَالَ: وَكَانَ النَّاسُ يَنْتَظِرُونَ بِإِسْلَامِهِمْ فَتْحَ مَكَّةَ، فَلَمَّا فُتِحَتْ، جَعَلَ الرَّجُلُ يَأْتِيهِ فَيَقُولُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَنَا وَافِدُ بَنِي فُلَانٍ، وَجِئْتُكَ بِإِسْلَامِهِمْ، فَانْطَلَقَ أَبِي بِإِسْلَامِ قَوْمِهِ، فَلَمَّا رَجَعَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «قَدِّمُوا أَكْثَرَهُمْ قُرْآنًا» قَالَ: فَنَظَرُوا وَأَنَا لَعَلَى حُوَّاءٍ، - قَالَ الدَّوْرَقِيُّ حُوَّاءٍ عَظِيمٍ، وَقَالَ أَبُو هَاشِمٍ حُوَّاءٍ -، وَقَالَا: فَمَا وَجَدُوا فِيهِمْ أَحَدًا أَكْثَرَ قُرْآنًا مِنِّي، فَقَدَّمُونِي وَأَنَا غُلَامٌ، فَصَلَّيْتُ بِهِمْ وَعَلَيَّ بُرْدَةٌ لِي، فَكُنْتُ إِذَا رَكَعْتُ أَوْ سَجَدْتُ فَتَبْدُو عَوْرَتِي، فَلَمَّا صَلَّيْنَا تَقُولُ لَنَا عَجُوزٌ دَهْرِيَّةٌ: غَطُّوا عَنَّا اسْتَ قَارِئِكُمْ قَالَ: فَقَطَعُوا لِي قَمِيصًا قَالَ: أَحْسَبُهُ قَالَ: مِنْ مَعْقِدِ النَّحْرَيْنِ، فَذَكَرَ أَنَّهُ فَرِحَ بِهِ فَرَحًا شَدِيدًا قَالَ الدَّوْرَقِيُّ قَالَ: «لِيَؤُمَّكُمْ أَكْثَرُكُمْ قُرْآنًا»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1510: Ya'kub bin Ibrahim memberitakan kepada kami, Ibnu 'Aliyah memberitakan kepada kami dari Ayub. Bahwasanya Ayub pernah berkata: Amru bin Salamah telah menceritakan sebuah hadits kepada kami, ha, Abu Hasyim Ziyad bin Ayub menceritakan kepada kami, Ismail menceritakan kepada kami, Ayub memberitakan kepada kami dari Amru bin Salama bahwasanya ia berkata: Suatu hari kami sedang duduk-duduk ketika beberapa orang yang baru saja menemui Rasulullah berjalan melewati kami. Lalu sengaja aku mendekati mereka dan mendengarkan hingga aku hapal sebuah ayat Al Qur'an. Pada saat itu, para sahabat menanti masuk Islamnya mereka di saat hari pembebasan kota Makkah (fathu Makkah). Ketika kota Makkah telah dibebaskan, maka seorang laki-laki datang menemui Rasulullah dan berkata: "Wahai Rasulullah, saya adalah utusan dari kaum si Fulan dan saya datang membawa mereka untuk menyatakan Islam kepadamu." Kemudian ayahku pergi untuk mengislamkan kaumnya. Ketika kembali, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepadanya: "Utamakanlah orang yang paling banyak hapalan Al Qur'annya di antara mereka (untuk menjadi imam)." Lalu kaumku menoleh kepadaku. Ad-Dauraqi berkata: "Hawa yang agung". Abu Hasyim berkata: "Hawa". Setelah itu Ad-Dauraqi dan Abu Hasyim berkata: "Orang-orang tersebut tidak menemukan seorang pun yang paling banyak hapalan Al Qur'annya daripada diriku. Akhirnya aku yang masih kecil diperintahkan untuk maju menjadi imam. Lalu aku menjadi imam shalat kaumku. Saat itu aku mengenakan pakaian sempit yang mana jika aku ruku atau sujud, maka auratku akan terlihat. Ketika kami sedang melaksanakan shalat, tiba-tiba seorang nenek tua berkata kepada kami: "Tutuplah bokong imam shalat kalian!" Lalu mereka memotong sehelai kain untuk menutupi bokongku. Ad-Dauraqi berkata: "Yang layak menjadi imam kalian adalah orang yang paling banyak hapalan Al Qur'annya."