صحيح ابن خزيمة

Shahih Ibnu Khuzaimah

Shahih Ibnu Khuzaimah #1471

صحيح ابن خزيمة ١٤٧١: نا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ، نا الْفَضْلُ بْنُ دُكَيْنٍ، نا سُفْيَانُ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ حَكِيمٍ - أَصْلُهُ مَدَنِيٌّ سَكَنَ الْكُوفَةَ، - عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي عَمْرَةَ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ، كَانَ كَقِيَامِ نِصْفِ لَيْلَةٍ، وَمَنْ صَلَّى الْفَجْرَ فِي جَمَاعَةٍ كَانَ كَقِيَامِ لَيْلَةٍ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1471: Muhammad bin Rafi' menceritakan kepada kami, Al Fadhl bin Dukain menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami dari Utsman bin Hakim -Asalnya dari Madani kemudian tinggal di Kufah-, dari Abdurrahman bin Abu Amrah, dari Utsman bin Affan, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Orang yang melakukan shalat Isya berjamaah bagaikan shalat penuh malam dan orang yang shalat Subuh berjamaah bagaikan shalat malam seluruhnya'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1472

صحيح ابن خزيمة ١٤٧٢: نا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ السَّعْدِيُّ بِخَبَرٍ غَرِيبٍ غَرِيبٍ، نا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، وَأَبِي سَعِيدٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي قَوْلِهِ {إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا} [الإسراء: 78] قَالَ: «تَشْهَدُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ مُجْتَمِعًا فِيهَا» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: «أَمْلَيْتُ فِي أَوَّلِ كِتَابِ الصَّلَاةِ، ذِكْرَ اجْتِمَاعِ مَلَائِكَةِ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةِ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ وَصَلَاةِ الْعَصْرِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1472: Ali bin Hujr As-Sa'di menceritakan kepada kami dengan hadits yang aneh dan aneh. Ali bin Mushir menceritakan kepada kami dari Al A'masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id, dari Nabi tentang firman Allah, "Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan oleh malaikat)" (Qs. Al Israa' [17]: 78) beliau bersabda, "Disaksikan oleh malaikat malam dan malaikat siang yang berkumpul pada saat itu." Abu Bakar berkata, "Aku telah mendiktekan di permulaan kitab Shalat tentang berkumpulnya malaikat malam dan malaikat siang pada waktu shalat Subuh dan Ashar."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1473

صحيح ابن خزيمة ١٤٧٣: نا عُتْبَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ يَعْنِي ابْنَ أَنَسٍ، عَنْ سُمَيٍّ مَوْلَى أَبِي بَكْرٍ وَهُوَ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ هِشَامٍ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ السَّمَّانِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «وَلَوْ عَلِمُوا مَا فِي الْعَتَمَةِ وَالصُّبْحِ لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1473: 'Atabah bin AbdulIah menceritakan kepada kami, ia berkata: Aku membaca dengan Malik -yaitu Ibnu Anas-, dari Sami maula Abu bakar -yaitu Ibnu Abdurrahman bin Al Harits bin Hisyam-, dari Abu Shalih As-Samman, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Seandainya mereka mengetahui apa yang terdapat pada shalat Isya dan Subuh niscaya mereka akan mendatanginya meskipun harus merangkak"

Shahih Ibnu Khuzaimah #1474

صحيح ابن خزيمة ١٤٧٤: نا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ الْمُخَرِّمِيُّ، ثنا يَحْيَى بْنُ آدَمَ، ثنا زُهَيْرٌ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَصِيرٍ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: قَدِمَتُ الْمَدِينَةَ فَلَقِيتُ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ، فَقُلْتُ: يَا أَبَا الْمُنْذِرِ، حَدَّثَنِي أَعْجَبَ حَدِيثٍ سَمِعْتَهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: صَلَّى لَنَا - أَوْ صَلَّى بِنَا - رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الْفَجْرِ، ثُمَّ الْتَفَتَ، فَقَالَ: «أَشَاهِدٌ فُلَانٌ؟» قُلْنَا: لَا، وَلَمْ يَشْهَدِ الصَّلَاةَ قَالَ: «أَشَاهِدٌ فُلَانٌ؟» قُلْنَا: لَا، وَلَمْ يَشْهَدِ الصَّلَاةُ، فَقَالَ: «إِنَّ أَثْقَلَ الصَّلَاةِ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ، وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا، إِنَّ صَفَّ الْمُقَدَّمِ عَلَى مِثْلِ صَفِّ الْمَلَائِكَةِ، وَلَوْ تَعْلَمُونَ فَضِيلَتَهُ لَابْتَدَرْتُمُوهُ، وَإِنَّ صَلَاتَكَ مَعَ رَجُلٍ أَرْبَى مِنْ صَلَاتِكَ وَحْدَكَ، وَصَلَاتُكَ مَعَ رَجُلَيْنِ أَرْبَى مِنْ صَلَاتِكَ مَعَ رَجُلٍ، وَمَا كَانَ أَكْثَرَ فَهُوَ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: «وَرَوَاهُ شُعْبَةُ، وَالثَّوْرِيُّ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بَصِيرٍ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، وَلَمْ يَقُولَا عَنْ أَبِيهِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1474: Muhammad bin Abdullah bin Al Mubarak Al Mukharrimi menceritakan kepada kami, Yahya bin Adam menceritakan kepada kami, Zuhair menceritakan kepada kami dari Abu Ishak, dari Abdullah bin Abu Bashir, dari ayahnya, ia berkata; Aku datang ke kota Madinah dan berjumpa dengan Ubai bin Ka'ab, maka aku berkata, "Wahai Abu Mundzir, riwayatkanlah kepadaku hadits yang kamu dengar dari Rasulullah yang paling mengherankan bagi dirimu?" Ia menjawab, "Rasulullah shalat bagi kami -atau beliau shalat dengan kami- shalat Subuh, lalu beliau menengok dan bertanya, 'Apakah Fulan datang shalat?' Kami menjawab, 'Tidak, ia tidak datang untuk shalat.' Beliau bertanya lagi, 'Apakah Fulan datang shalat?' Kami menjawab, 'Tidak, ia tidak datang untuk shalat.' Maka beliau berkata, 'Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat Isya dan shalat Subuh. Seandainya mereka mengetahui apa yang terdapat pada keduanya niscaya mereka akan datang meskipun harus merangkak. Sesungguhnya barisan yang terdepan seperti barisannya para malaikat, jika kamu mengetahui keutamaannya niscaya kamu akan bersegera menempatinya dan sesungguhnya shalatmu dengan satu orang itu lebih baik dari shalatmu sendirian, shalatmu dengan dua orang itu lebih baik dari shalatmu dengan satu orang, serta semakin banyak maka semakin dicintai Allah'." Abu Bakar berkata, "Hadits ini diriwayatkan oleh Syu'bah dan Ats-Tsauri, dari Abu Ishak, dari Abdullah bin Bashir, dari Ubai bin Ka'ab, keduanya tidak menyebutkan, 'Dari ayahnya'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1475

صحيح ابن خزيمة ١٤٧٥: ناه بُنْدَارٌ، نا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، عَنْ شُعْبَةَ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا إِسْحَاقَ قَالَ: سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ أَبِي بَصِيرٍ يُحَدِّثُ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ: صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصُّبْحَ، فَقَالَ: «أَشَاهِدٌ فُلَانٌ؟» ، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ، وَقَالَ: «وَمَا كَانَ أَكْثَرَ فَهُوَ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1475: Bundar menceritakannya kepada kami, Yahya bin Sa'id dan Muhammad bin Ja'far kepada kami dari Syu'bah, ia berkata: Aku mendengar Abu Ishak, ia berkata: Aku mendengar Abdullah bin Abu Bashir menceritakan hadits dari Ubai bin Ka'ab, ia berkata, "Rasulullah shalat Subuh, lalu beliau bertanya, 'Apakah Fulan datang untuk Shalat?' Lalu ia menyebutkan haditsnya. Selanjutnya beliau berkata, 'Dan semakin banyak maka lebih dicintai Allah Azza wa Jalla'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1476

صحيح ابن خزيمة ١٤٧٦: نا عَلِيُّ بْنُ سَهْلٍ الرَّمْلِيُّ بِخَبَرٍ غَرِيبٍ غَرِيبٍ، نا زَيْدُ بْنُ أَبِي الزَّرْقَاءِ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَابِسٍ، عَنِ ابْنِ أَبِي لَيْلَى، عَنِ ابْنِ أُمِّ مَكْتُومٍ قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ الْمَدِينَةَ كَثِيرَةُ الْهَوَامِّ وَالسِّبَاعِ قَالَ: «تَسْمَعُ حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ، حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ؟» قُلْتُ: نَعَمْ قَالَ: «فَحَيَّ هَلَّا»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1476: Ali bin Sahal Ar-Ramli menceritakan kepada kami dengan hadits yang aneh dan aneh, Zaid bin Abu Az-Zarqa' menceritakan kepada kami dari Sufyan, dari Abdurrahman bin Abis, dari bin Abu Laila, dari bin Ununu Maktum, ia berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya kota Madinah banyak binatang malam dan binatang buas." Beliau bertanya, "Apakah kamu mendengar seruan Hayya alash-Shalah, Hayya alal Falah?" Aku menjawab, "Ya." Beliau berkata, "Kalau begitu mari bersegera"

Shahih Ibnu Khuzaimah #1477

صحيح ابن خزيمة ١٤٧٧: نا عِيسَى بْنُ أَبِي حَرْبٍ، نا يَحْيَى بْنُ أَبِي بُكَيْرٍ، نا أَبُو جَعْفَرٍ الرَّازِيُّ، ثنا حَصِينُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَدَّادٍ، عَنِ ابْنِ أُمِّ مَكْتُومٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَقْبَلَ النَّاسَ فِي صَلَاةِ الْعِشَاءِ فَقَالَ: «لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آتِيَ هَؤُلَاءِ الَّذِينَ يَتَخَلَّفُونَ عَنْ هَذِهِ الصَّلَاةِ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ بُيُوتَهُمْ» ، فَقَامَ ابْنُ أُمِّ مَكْتُومٍ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، لَقَدْ عَلِمْتَ مَا بِي، وَلَيْسَ لِي قَائِدٌ قَالَ: «أَتَسْمَعُ الْإِقَامَةَ؟» قَالَ: نَعَمْ قَالَ: «فَاحْضُرْهَا» ، وَلَمْ يُرَخِّصْ لَهُ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: «هَذِهِ اللَّفْظَةُ وَلَيْسَ لِي قَائِدٌ فِيهَا اخْتِصَارٌ أَرَادَ - عِلْمِي - وَلَيْسَ قَائِدٌ يُلَازِمُنِي كَخَبَرِ أَبِي رَزِينٍ، عَنِ ابْنِ أُمِّ مَكْتُومٍ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1477: Isa bin Abu Harb menceritakan kepada kami, Yahya bin Abu Bakir menceritakan kepada kami, Abu Ja'far Ar-Razi menceritakan kepada kami, Hashin bin Abdurrahman menceritakan kepada kami dari 'Abdullah bin Syaddad, dari Ibnu Ummu Maktum bahwa Rasulullah menghadap orang-orang ketika shalat Isya, lalu berkata, "Aku sangat ingin mendatangi mereka yang tidak datang untuk shalat dan membakar rumah-rumah mereka." Maka Ibnu Ummu Maktum berdiri dan berkata, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau mengetahui apa yang aku alami dan aku tidak mempunyai penunjuk jalan." Beliau bertanya, "Apakah kamu mendengar iqamah untuk shalat?" Ia menjawab, "Ya." Beliau berkata, "Maka datangilah." Beliau tidak memberikan keringanan. Abu Bakar berkata, "Lafazh 'Aku tidak mempunyai penunjuk jalan' adalah lafazh yang singkat, bermaksud -menurutku-, aku tidak mempunyai penunjuk jalan, yang senantiasa mendampingiku sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Abu Razin, dari bin Ummu Maktum."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1478

صحيح ابن خزيمة ١٤٧٨: ناه نَصْرُ بْنُ مَرْزُوقٍ، ثنا أَسَدٌ، ثنا شَيْبَانُ أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ أَبِي النَّجُودِ، عَنْ أَبِي رَزِينٍ، عَنِ ابْنِ أُمِّ مَكْتُومٍ، ناه مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ تَسْنِيمٍ، نا مُحَمَّدٌ يَعْنِي ابْنَ بَكْرٍ، أَخْبَرَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِي رَزِينٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ ابْنِ أُمِّ مَكْتُومٍ قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنِّي شَيْخٌ ضَرِيرُ الْبَصَرِ شَاسِعُ الدَّارِ، وَلِي قَائِدٌ فَلَا يُلَازِمُنِي فَهَلْ لِي مِنْ رُخْصَةٍ؟ قَالَ: «تَسْمَعُ النِّدَاءَ؟» قَالَ: نَعَمْ قَالَ: «مَا أَجِدُ لَكَ مِنْ رُخْصَةٍ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1478: Nashar bin Marzuq menceritakannya kepada kami, Asad menceritakan kepada kami, Syaiban Abu Mu'awiyah menceritakan kepada kami dari Ashim bin Abu An-Najud. dari Abu Razin, dari Ibnu Ummu Maktum. Muhammad bin Al Hasan bin Tasnim - yaitu Ibnu Bakar- menceritakannya kepada kami, Hammad bin Salamah mengabarkan kepada kami dari Ashim, dari Abu Razin, dari Abduilah bin Ummu Maktum, ia berkata, "Aku berkata: 'Wahai RasuiuIJah, aku adalah orang buta dan rumahku jauh, aku mempunyai penunjuk jaian yang tidak selalu mendampingiku, apakah ada keringanan untukku?' Beliau menjawab, 'Kamu mendengar adzan?' Ia menjawab, 'Ya'. Beliau berkata, "Aku tidak mendapatkan keringanan bagimu'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1479

صحيح ابن خزيمة ١٤٧٩: نا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، نا سُفْيَانُ، حَدَّثَنِي أَبُو الزِّنَادِ، عَنِ الْأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، وَابْنِ عَجْلَانَ وَغَيْرِهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ فِتْيَانِي فَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ، وَآمُرَ فِتْيَانًا فَيَتَخَلَّفُوا إِلَى رِجَالٍ يَتَخَلَّفُونَ عَنِ الصَّلَاةِ فَيُحَرِّقُونَ عَلَيْهِمْ بُيُوتَهُمْ، وَلَوْ عَلِمَ أَحَدُهُمْ أَنَّهُ يُدْعَى إِلَى عَظْمٍ، إِلَى ثَرِيدٍ أَيْ لَأَجَابَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1479: Abdul Jabbar bin Al Ala' menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, Abu Az-Zinad menceritakan kepadaku dari Al A'raj, dari Abu Hurairah dan Ibnu Ajian serta lainnya, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Sungguh aku sangat ingin memerintahkan beberapa orang pemuda untuk mendirikan shalat dan memerintahkan beberapa orang pemuda untuk mendatangi orang-orang yang tidak shalat berjamaah, lalu membakar rumah-rumah mereka. Jika salah seorang di antara mereka diundang untuk makan daging dan bubur, pasti ia memenuhinya'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1480

صحيح ابن خزيمة ١٤٨٠: قَالَ أَبُو بَكْرٍ: أَمَّا خَبَرُ ابْنِ عَجْلَانَ الَّذِي أَرْسَلَهُ ابْنُ عُيَيْنَةَ فَإِنَّمَا رَوَاهُ ابْنُ عَجْلَانَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ناه بُنْدَارٌ، حَدَّثَنِي صَفْوَانُ، وَأَبُو عَاصِمٍ قَالَا: ثنا ابْنُ عَجْلَانَ، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1480: Abu Bakar berkata, "Adapun hadits Ibnu Ajian yang diriwayatkan secara mursal oleh Ibnu Uyainah, sesungguhnya telah diriwayatkan oleh Ibnu Ajian, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam." Bundar menceritakannya kepada kami, Shafwan dan Abu Ashim menceritakan kepadaku, keduanya berkata: Ibnu Ajian menceritakan kepada kami, lalu ia menyebutkan redaksi haditsnya.