صحيح ابن خزيمة ١٣٥١: نا إِسْمَاعِيلُ، عَنْ يُونُسَ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ فِي صَلَاةِ الْخَوْفِ قَالَ: «صَلَّى نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِطَائِفَةٍ مِنَ الْقَوْمِ رَكْعَتَيْنِ، وَطَائِفَةٌ تَحْرُسُ، فَسَلَّمَ فَانْطَلَقَ هَؤُلَاءِ الْمُصَلُّونَ، وَجَاءَ الْآخَرُونَ فَصَلَّى بِهِمْ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ سَلَّمَ» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: «قَدِ اخْتَلَفَ أَصْحَابُنَا فِي سَمَاعِ الْحَسَنِ مِنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1351: Ismail menceritakan kepada kami dari Yunus, dari Al Hasan, dari Jabir bin Abdullah tentang shalat khauf, ia berkata, "Nabi pernah shalat bersama sara kelompok dua rakaat sementara kelompok lain berjaga-jaga lalu mengucap salam, maka kelompok yang telah mengerjakan shalat pergi lalu datang kelompok lain kemudian beliau shalat bersama mereka dua rakaat kemudian mengucap salam." Abu Bakar berkata, "Sahabat-sahabat kami berbeda pendapat dalam hal Al Hasan telah mendengar hadits ini dari Jabir bin Abdullah."
صحيح ابن خزيمة ١٣٥٢: نا أَبُو مُوسَى مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، ثنا عَبْدُ الْأَعْلَى، ثنا مَعْمَرٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَالِمٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى بِهِمْ صَلَاةَ الْخَوْفِ، فَصَلَّى بِطَائِفَةٍ خَلْفَهُ رَكْعَةً، وَطَائِفَةٌ مُوَاجِهَةٌ الْعَدُوَّ، ثُمَّ قَامَتِ الطَّائِفَةُ الَّذِينَ صَلَّوْا فَوَاجَهُوا الْعَدُوَّ، وَجَاءَ الْآخَرُونَ فَصَلَّى بِهِمُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَةً، ثُمَّ سَلَّمَ، ثُمَّ صَلَّى هَؤُلَاءِ رَكْعَةً وَهَؤُلَاءِ رَكْعَةً "
Shahih Ibnu Khuzaimah 1352: Abu Musa Muhammad bin Al Mutsanna menceritakan kepada kami, Abdul A’la menceritakan kepada kami, Ma’mar menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Salim, dari Ihnu Umar bahwa Nabi shalat khauf mengimami mereka, maka beliau shalat bersama kelompok yang di belakangnya satu rakaat sedangkan kelompok yang lain menghadap musuh, lalu kelompok yang telah shalat berdiri dan menghadap musuh maka yang lain datang dan beliau shalat mengimami mereka satu rakaat, kemudian mengucap salam, lalu mereka shalat satu rakaat dan kelompok lainnya juga satu rakaat.
صحيح ابن خزيمة ١٣٥٣: نا بِهِ أَحْمَدُ بْنُ الْمِقْدَامِ، ثنا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، ثنا مَعْمَرٌ، بِنَحْوِهِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1353: Ahmad bin Al Miqdam menceritakannya kepada kami, Yazid bin Zurai’ menceritakan kepada kami, Ma’mar menceritakan kepada kami dengan redaksi yang serupa.
صحيح ابن خزيمة ١٣٥٤: نا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، وَأَبُو مُوسَى قَالَا: نا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، ثنا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيُّ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ صَالِحِ بْنِ خَوَّاتٍ، عَنْ سَهْلِ بْنِ أَبِي حَثْمَةَ فِي صَلَاةِ الْخَوْفِ قَالَ: «يَقُومُ الْإِمَامُ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ، وَتَقُومُ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ مَعَهُ وَطَائِفَةٌ مِنْ قِبَلِ الْعَدُوِّ، وُجُوهُهُمْ إِلَى الْعَدُوِّ فَيَرْكَعُ بِهِمْ رَكْعَةً» قَالَ أَبُو مُوسَى: «ثُمَّ يَقُومُونَ فَيَرْكَعُونَ» ، وَقَالَ بُنْدَارٌ: «فَيَرْكَعُونَ لِأَنْفُسِهِمْ، وَيَسْجُدُونَ لِأَنْفُسِهِمْ سَجْدَتَيْنِ فِي مَكَانِهِمْ، وَيَذْهَبُونَ إِلَى مَقَامِ أُولَئِكَ، وَيَجِيءُ أُولَئِكَ فَيَرْكَعُ بِهِمْ، وَيَسْجُدُ بِهِمْ سَجْدَتَيْنِ، فَهِيَ لَهُ اثْنَتَانِ، وَلَهُمْ وَاحِدَةٌ، ثُمَّ يَرْكَعُونَ» قَالَ أَبُو مُوسَى: «لِأَنْفُسِهِمْ رَكْعَةً وَيَسْجُدُونَ سَجْدَتَيْنِ» هَذَا حَدِيثُ بُنْدَارٍ إِلَّا مَا ذَكَرْتُ مِمَّا خَالَفَهُ أَبُو مُوسَى فِي لَفْظِ الْحَدِيثِ، إِنَّمَا زَادَ أَبُو مُوسَى: لِأَنْفُسِهِمْ فِي الْمَوْضِعَيْنِ فَقَطْ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: سَمِعْتُ بُنْدَارًا يَقُولُ: سَأَلْتُ يَحْيَى عَنْ هَذَا الْحَدِيثِ فَحَدَّثَنِي عَنْ شُعْبَةَ "
Shahih Ibnu Khuzaimah 1354: Muhammad bin Basysyar dan Abu Musa menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami, Yahya bin Sa’id Al Anshari menceritakan kepada kami dari Al Qasim bin Muhammad, dari Shalih bin Khawwat, dari Sahal bin Abu Hatsmah tentang shalat khauf, ia berkata, "Imam berdiri menghadap kiblat dan satu kelompok dari mereka berdiri bersamanya sedangkan kelompok lainnya di arah musuh dengan wajah menghadap musuh, kemudian ia ruku bersama mereka satu rakaat." Abu Musa menyebutkan, "Lalu mereka berdiri dan melakukan raku." Bundar menyebutkan, "Mereka ruku sendiri-sendiri dan sujud dengan dua sujud di tempat mereka, lalu pergi ke tempat kelompok yang kedua, kemudian kelompok itu datang maka imam mku te-a mereka dan sujud tersama mereka dua sujud, (dengan demikian) ia telah shalat dua rakaat dan mereka shalat satu rakaat, kemudian mereka ruku" Abu Musa menyebutkan, "Mereka masing-masing shalat satu rakaat dan sujud dengan dua sujud." Ini adalah hadits Bundar kecuali hadits yang disebutkan bersebrangan dengan riwayat Abu Musa di dalam lafazh hadits tersebut, akan tetapi Abu Musa hanya menambahkan kalimat "Mereka masing-masing" pada dua tempat saja. Abu Bakar berkata, "Aku mendengar Bundar berkata, 'Saya bertanya kepada Yahya tentang hadits ini maka ia meriwayatkannya kepadaku dari Syu'bah'."
صحيح ابن خزيمة ١٣٥٥: قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا مُوسَى يَقُولُ: حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ صَالِحِ بْنِ خَوَّاتٍ، عَنْ سَهْلِ بْنِ أَبِي حَثْمَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بُنْدَارٌ بِمِثْلِ حَدِيثِ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، وَقَالَ لِي يَحْيَى: اكْتُبْهُ إِلَى جَنْبِهِ، وَلَسْتُ أَحْفَظُ الْحَدِيثَ وَلَكِنَّهُ مِثْلُ حَدِيثِ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، وَقَالَ أَبُو مُوسَى: قَالَ لِي يَحْيَى سَمِعْتَ مِنِّي حَدِيثَ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ فِي صَلَاةِ الْخَوْفِ؟ قُلْتُ: نَعَمْ قَالَ: فَاكْتُبْهُ إِلَى جَنْبِهِ بِنَحْوِهِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1355: Ia berkata; Aku mendengar Abu Musa berkata: Yahya bin Sa’id menceritakan kepadaku dari Syu’bah, dari AMurrahman bin Al Qasim, dari ayahnya, dari Shalih bin Khawwat, dari Sahal bin Abu Hatsmah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa Bundar menyebutkan redaksi hadits seperti hadits Yahya bin Sa'id dan Yahya berkata kepadaku, "Tulislah di sampingnya dan aku tidak hafal haditsnya akan tetapi ia sama seperti hadits Yahya bin Sa’id. Abu Musa berkata: Yahya pernah bertanya kepadaku, "Apakah kamu mendengar dariku hadits Yahya bin Sa’id tentang shalat khauf?" Aku menjawab, "Ya." Ia berkata, "Tulislah di sampingnya, 'Yang sepertinya’."
صحيح ابن خزيمة ١٣٥٦: ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ الْمُخَرِّمِيُّ، وَأَبُو يَحْيَى مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ، وَهَذَا حَدِيثُ الْمُخَرِّمِيِّ، ثنا رَوْحُ بْنُ عِبَادَةَ، ثنا شُعْبَةُ، وَمَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنِ الْقَاسِمِ، عَنْ صَالِحِ بْنِ خَوَّاتٍ، عَنْ سَهْلِ بْنِ أَبِي حَثْمَةَ، أَنَّهُ قَالَ فِي صَلَاةِ الْخَوْفِ: «تَقُومُ طَائِفَةٌ وَرَاءَ الْإِمَامِ وَطَائِفَةٌ خَلْفَهُ، فَيُصَلِّي بِالَّذِينَ خَلْفَهُ رَكْعَةً وَسَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ يَقْعُدُ مَكَانَهُ حَتَّى يَقْضُوا رَكْعَةً وَسَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ يَتَحَوَّلُونَ إِلَى مَكَانِ أَصْحَابِهِمْ، ثُمَّ يَتَحَوَّلُ أَصْحَابُهُمْ إِلَى مَكَانِ هَؤُلَاءِ، فَيُصَلِّي بِهِمْ رَكْعَةً وَسَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ يَقْعُدُ مَكَانَهُ حَتَّى يُصَلُّوا رَكْعَةً وَسَجْدَتَيْنِ ثُمَّ يُسَلِّمُ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1356: Muhammad bin Abdullah bin Al Mubarak Al Mukharrimi dan Abu Yahya Muhammad bin Abdurrahim menceritakan kepada kami -ini adalah hadits Al Mukharrimi-, Rauh bin Abbad menceritakan kepada kami, Syu’bah dan Malik bin Anas menceritakan kepada kami dari Yahya bin Sa’id, dari Al Qasim, dari Shalih bin Khawwat, dari Sahal bin Abu Hatsmah bahwa ia pernah bercerita tentang shalat khauf, yakni satu kelompok berdiri di belakang imam sedangkan kelompok yang lain di belakangnya lagi, kemudian imam shalat bersama orang-orang yang di belakangnya satu rakaat dan dua sujud, lalu duduk di tempatnya sehingga mereka menyempurnakan satu rakaat dan dua sujud kemudian mereka berbalik ke tempat sahabat-sahabat mereka dan sahabat-sahabat mereka menempati tempat mereka kemudian imam shalat bersama mereka satu rakaat dan dua sujud, lalu duduk di tempatnya sehingga mereka shalat satu rakaat dan dua sujud lantas ia mengucap salam.
صحيح ابن خزيمة ١٣٥٧: ثنا. . . . قَالَا، ثنا رَوْحٌ، ثنا شُعْبَةُ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ، عَنِ الْقَاسِمِ، عَنْ صَالِحِ بْنِ خَوَّاتٍ، عَنْ سَهْلِ بْنِ أَبِي حَثْمَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَ هَذَا
Shahih Ibnu Khuzaimah 1357: Menceritakan pada kami..., ia berkata Rauh menceritakan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami dari Abdurrahman bin Al Qasim, dari Al Qasim, dari Shalih bin Khawwat, dari Sahal bin Abu Hatsmah, dari Nabi dengan redaksi yang serupa.
صحيح ابن خزيمة ١٣٥٨: ثنا الْمُخَرِّمِيُّ، أَيْضًا حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأُمَوِيُّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنِ الْقَاسِمِ، عَنْ صَالِحِ بْنِ خَوَّاتٍ، عَنْ أَبِيهِ بِنَحْوِهِ هَكَذَا حَدَّثَنَا بِهِ الْمُخَرِّمِيُّ فِي عَقِبِ حَدِيثِ شُعْبَةَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 1358: Al Mukharrimi juga menceritakan kepada kami, Yahya bin Sa’id Al Umawi menceritakan kepada kami dari Abdullah bin Umar, dari Al Qasim, dari Shalih bin Khawwat, dari ayahnya dengan redaksi yang serupa. Seperti itulah yang telah diriwayatkan oleh Al Mukharrimi setelah menyebutkan hadits Syu’bah dari Abdurrahman bin Al Qasim.
صحيح ابن خزيمة ١٣٥٩: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِئُ، ثنا حَيْوَةُ، ثنا أَبُو الْأَسْوَدِ، أَنَّهُ سَمِعَ عُرْوَةَ بْنَ الزُّبَيْرِ يُحَدِّثُ، عَنْ مَرْوَانَ بْنِ الْحَكَمِ، أَنَّهُ سَأَلَ أَبَا هُرَيْرَةَ: هَلْ صَلَّيْتَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الْخَوْفِ؟ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: نَعَمْ قَالَ: مَتَى؟ قَالَ: «كَانَ عَامَ غَزْوَةِ نَجْدٍ، فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِصَلَاةِ الْعَصْرِ، وَقَامَتْ مَعَهُ طَائِفَةٌ وَطَائِفَةٌ أُخْرَى مُقَابِلَ الْعَدُوِّ، ظُهُورُهُمْ إِلَى الْقِبْلَةِ، فَكَبَّرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَبَّرُوا مَعَهُ جَمِيعًا الَّذِينَ مَعَهُ، وَالَّذِينَ يُقَابِلُونَ الْعَدُوَّ، ثُمَّ رَكَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَةً وَاحِدَةً، وَرَكَعَ مَعَهُ الطَّائِفَةُ الَّتِي تَلِيهِ، ثُمَّ سَجَدَ وَسَجَدَتِ الطَّائِفَةُ الَّتِي تَلِيهِ، وَالْآخَرُونَ قِيَامٌ مِمَّا يَلِي الْعَدُوَّ، ثُمَّ قَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَامَتِ الطَّائِفَةُ الَّتِي تَلِيهِ فَذَهَبُوا إِلَى الْعَدُوِّ فَقَابَلُوهُمْ، وَأَقْبَلَتِ الطَّائِفَةُ الَّتِي كَانَتْ مُقَابِلَ الْعَدُوِّ، فَرَكَعُوا وَسَجَدُوا وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَائِمٌ كَمَا هُوَ، ثُمَّ قَامُوا فَرَكَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَةً أُخْرَى، فَرَكَعُوا مَعَهُ وَسَجَدُوا مَعَهُ، ثُمَّ أَقْبَلَتِ الطَّائِفَةُ الَّتِي كَانَتْ مُقَابِلَ الْعَدُوِّ فَرَكَعُوا وَسَجَدُوا وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَاعِدٌ وَمَنْ مَعَهُ، ثُمَّ كَانَ السَّلَامُ فَسَلَّمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَلَّمُوا جَمِيعًا، فَكَانَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَانِ، وَلِكُلِّ رَجُلٍ مِنَ الطَّائِفَتَيْنِ رَكْعَتَانِ، رَكْعَتَانِ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1359: Muhammad bin Yahya menceritakan kepada kami, Abdullah bin Yazid Al Muqri' menceritakan kepada kami, Haiwah menceritakan kepada kami, Abu Al Aswad menceritakan kepada kami bahwa ia mendengar Urwah bin Az-Zubair meriwayatkan hadits dari Marwan bin Al Hakam, bahwa ia pernah bertanya kepada Abu Hurairah, "Apakah kamu pernah shalat khauf bersama Nabi ?" Abu Hurairah menjawab. "Ya." Ia bertanya, "Kapan?.’ Abu Hurairah menjawab, "Pada saat perang Najd. Rasulullah berdiri shalat Ashar dan ada satu kelompok berdiri bersama beliau, sedangkan kelompok yang lain menghadap musuh dan punggung mereka menghadap kiblat, lalu beliua bertakbir dan semuanya bertakbir, baik orang-orang yang bersamanya maupun yang menghadap musuh, kemudian beliau ruku satu rakaat dan ruku bersamanya kelompok yang di belakangnya, kemudian sujud dan sujud pula kelompok yang di belakangnya sedangkan yang lainnya masih tetap berdiri menghadap musuh, lantas ketika beliau berdiri maka kelompok yang di belakangnya ikut berdiri lalu pergi menghadapi musuh sedangkan kelompok yang menghadap musuh maju kemudian ruku dan sujud sedangkan beliau masih dalam keadaan berdiri sebagaimana halnya beliau berdiri. Setelah itu ketika mereka berdiri maka Rasulullah mengerjakan ruku selanjutnya mereka pun ikut ruku dan sujud bersama teliau, kemudian kelompok yang menghadap musuh maju lalu ruku dan sujud sedangkan Rasulullah dengan orang-orang yang bersamanya dalam keadaan duduk. Ketika tinggal mengucapkan salam, maka beliau mengucap salam lalu mereka semua mengucap salam. Dengan demikian Rasulullah shalat dua rakaat dan tiap-tiap kelompok juga dua rakaat."
صحيح ابن خزيمة ١٣٦٠: نا أَبُو الْأَزْهَرِ وَكَتَبْتُهُ مِنْ أَصْلِهِ، نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا أَبِي، عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْأَسْوَدِ بْنِ نَوْفَلٍ، وَكَانَ يَتِيمًا فِي حِجْرِ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ وَهُوَ أَحَدُ بَنِي أَسَدِ بْنِ عَبْدِ الْعُزَّى بْنِ قُصَيٍّ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ، وَمَرْوَانُ بْنُ الْحَكَمِ يَسْأَلُهُ عَنْ صَلَاةِ الْخَوْفِ، فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: كُنْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي تِلْكَ الْغَزْوَةِ قَالَ: " فَصَدَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ النَّاسَ صَدْعَيْنِ، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ بِمِثْلِ مَعْنَاهُ، وَذَكَرَ فِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ قَالَ: «وَأَخَذَتِ الطَّائِفَةُ الَّتِي صَلَّتْ خَلْفَهُ أَسْلِحَتَهُمْ، ثُمَّ مَشَوَا الْقَهْقَرَى عَلَى أَدْبَارِهِمْ حَتَّى قَامُوا مِمَّا يَلِي الْعَدُوَّ» ، وَزَادَ فِي آخِرِ الْحَدِيثِ: «فَقَامَ الْقَوْمُ وَقَدْ شَرَكُوهُ فِي الصَّلَاةِ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 1360: Abu Al Azhar menceritakan kepada kami -aku telah menulisnya dari aslinya-, Ya’qub bin Ibrahim menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada kami dari Ibnu Ishak, Muhammad bin Abdurrahman bin Al Aswad bin Naufal -Ia adalah yatim yang berada dalam asuhan Urwah bin Az-Zubrir, dan salah seorang keturunan bani Asad bin Abdul Iz bin Qushai-menceritakan kepadaku dari Urwah bin Az-Zubair, ia berkata, "Aku mendengar Abu Hurairah dan Marwan bin Al Hakam ditanya tentang shalat khauf, maka Abu Hurairah menjawab, 'Aku bersama Rasulullah di saat peperangan tersebut’." Perawi berkata, "Rasulullah kemudian membagi orang-orang menjadi dua kelompok." Lalu menyebutkan hadits dengan makna yang serupa dan menyebutkan pada rakaat kedua, ia berkata, "Maka kelompok yang shalat di belakangnya mengambil senjata, lalu mereka berjalan mundur sehingga mereka berdiri berhadapan dengan musuh," serta menambahkan di akhir hadits, "Maka orang-orang terdiri dan mereka telah shalat bersama beliau."