صحيح ابن خزيمة

Shahih Ibnu Khuzaimah

Shahih Ibnu Khuzaimah #1101

صحيح ابن خزيمة ١١٠١: نا أَحْمَدُ بْنُ الْمِقْدَامِ الْعِجْلِيُّ، نا بِشْرٌ يَعْنِي ابْنَ الْمُفَضَّلِ، نا أَبُو مَسْلَمَةَ، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: زُرْتُ خَالَتِي مَيْمُونَةَ فَوَافَقْتُ لَيْلَةَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَحَرٍ طَوِيلٍ، فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ، ثُمَّ قَامَ يُصَلِّي، فَقُمْتُ فَتَوَضَّأْتُ، ثُمَّ جِئْتُ فَقُمْتُ إِلَى جَنْبِهِ، فَلَمَّا عَلِمَ أَنِّي أُرِيدُ الصَّلَاةَ مَعَهُ أَخَذَ بِيَدِي فَحَوَّلَنِي عَنْ يَمِينِهِ، فَأَوْتَرَ بِتِسْعٍ أَوْ سَبْعٍ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، وَوَضَعَ جَنْبَهُ حَتَّى سَمِعْتُ ضَفِيزَهُ، ثُمَّ أُقِيمَتِ الصَّلَاةُ فَانْطَلَقَ، فَصَلَّى. قَالَ أَبُو بَكْرٍ: هَاتَانِ الرَّكْعَتَانِ اللَّتَانِ ذَكَرَهُمَا ابْنُ عَبَّاسٍ فِي هَذَا الْخَبَرِ يُحْتَمَلُ أَنْ يَكُونَ أَرَادَ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّيهِمَا بَعْدَ الْوِتْرِ، كَمَا أَخْبَرَتْ عَائِشَةُ، وَيُحْتَمَلُ أَنْ يَكُونَ أَرَادَ بِهِمَا رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ اللَّتَيْنِ كَانَ يُصَلِّيهِمَا قَبْلَ صَلَاةِ الْفَرِيضَةِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1101: Ahmad bin Al Miqdam Al Ijli menceritakan kepada kami, Bisyr —yaitu Ibnu Al Mufadhdhal— menceritakan kepada kami, Abu Salamah menceritakan kepada kami dari Abu Nadhrah, dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Aku pernah mengunjungi bibiku Maimunah yang bertepatan dengan malamnya Nabi SAW. Ketika itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bangun di malam yang panjang, kemudian beliau menyempurnakan wudhu lalu berdiri mengerjakan shalat. Maka aku pun bangun dan mengambil air wudhu lalu mendatanginya dan berdiri di sampingnya. Ketika beliau mengetahui bahwa aku ingin shalat bersamanya maka beliau menarik tanganku dan memindahkanku ke sisi kanannya. Beliau shalat witir dengan sembilan atau tujuh rakaat, lalu shalat dua rakaat dan setelah itu berbaring dengan meletakkan (memiringkan) sisi badannya sampai terdengar dengusan nafasnya, kemudian iqamah pun dikumandangkan untuk shalat dan beliau pun shalat.” Abu Bakar berkata, “Shalat dua rakaat yang keduanya telah disebutkan oleh Ibnu Abbas di dalam hadits ini mengandung pengertian bahwa yang dimaksudkan adalah shalat dua yang dikerjakan Nabi setelah shalat witir sebagaimana yang dikabarkan oleh Aisyah atau mungkin juga mengandung pengertian bahwa yang dimaksud adalah shalat dua rakaat sunah Subuh yang dikerjakan beliau sebelum melaksanakan shalat fardhu.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1102

صحيح ابن خزيمة ١١٠٢: نا بُنْدَارٌ، نا أَبُو دَاوُدَ، نا أَبُو حَرَّةَ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ الْأَنْصَارِيِّ، أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ عَنْ صَلَاةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِاللَّيْلِ، فَقَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى الْعِشَاءَ تَجَوَّزَ بِرَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ يَنَامُ وَعِنْدَ رَأْسِهِ طَهُورُهُ وَسِوَاكُهُ، فَيَقُومُ فَيَتَسَوَّكُ، وَيَتَوَضَّأُ، وَيُصَلِّي، وَيَتَجَوَّزُ بِرَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي ثَمَانِ رَكَعَاتٍ يُسَوِّي بَيْنَهُنَّ فِي الْقِرَاءَةِ، وَيُوتِرُ بِالتَّاسِعَةِ، وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ، فَلَمَّا أَسَنَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَخَذَ اللَّحْمَ، جَعَلَ الثَّمَانِ سِتًّا، وَيُوتِرُ بِالسَّابِعَةِ، وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ، يُقْرَأُ فِيهِمَا بِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ، وَإِذَا زُلْزِلَتْ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1102: Bundar menceritakan kepada kami, Abu Daud menceritakan kepada kami, Abu Harrah menceritakan kepada kami dari Al Hasan, dari Sa’id bin Hisyam Al Anshari bahwa ia pernah bertanya kepada Aisyah tentang shalatnya Rasulullah di malam hari, maka Aisyah menjawab, “Apabila Rasulullah telah selesai shalat Isya maka beliau shalat yang melebihi dari dua rakaat, kemudian tidur dan di dekat kepalanya air untuk bersuci serta siwak. Ketika beliau bangun maka beliau bersiwak dan berwudhu lalu shalat lebih dari dua rakaat, kemudian berdiri dan shalat delapan rakaat dengan bacaan surah yang sama panjangnya lantas shalat witir pada rakaat yang kesembilan dan kemudian shalat dua rakaat sambil duduk. Tatkala usia Rasulullah mulai menua dan banyak daging (menjadi gemuk) beliau mengurangi delapan rakaat menjadi enam rakaat dan shalat witir pada rakaat yang ketujuh, lalu beliau shalat dua rakaat sambil duduk dengan membaca surah pada kedua rakaat tersebut dengan Qul yaa ayyuhal Kaafiruun dan Idzaa zulzilat.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1103

صحيح ابن خزيمة ١١٠٣: ثنا عَلِيُّ بْنُ سَهْلٍ الرَّمْلِيُّ، نا مُؤَمَّلُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، نا عُمَارَةُ بْنُ زَاذَانَ، نا ثَابِتٌ، عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوتِرُ بِتِسْعِ رَكَعَاتٍ، فَلَمَّا أَسَنَّ وَثَقُلَ أَوْتَرَ بِسَبْعٍ، وَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ، يَقْرَأُ بِ الرَّحْمَنِ، وَالْوَاقِعَةِ قَالَ أَنَسٌ: وَنَحْنُ نَقْرَأُ بِالسُّوَرِ الْقِصَارِ إِذَا زُلْزِلَتْ، وَقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَنَحْوِهِمَا

Shahih Ibnu Khuzaimah 1103: Ali bin Sahal Ar-Ramli menceritakan kepada kami, Mu'ammal bin Ismail menceritakan kepada kami, Ammarah bin Zadzan menceritakan kepada kami, Tsabit menceritakan kepada itami dari Anas, ia berkata, “Nabi shalat witir sembilan rakaat dan tatkala usia beliau mulai menua dan menjadi berat maka beliau shalat witir tujuh rakaat, lalu shalat dua rakaat sambil duduk dengan membaca surah Ar-Rahman dan Al Waqi’ah.” Anas berkata, “Kami membaca surah yang pendek, yaitu Idzaa zulzilat dan Qul yaa ayyuhal Kaafiruun atau yang serupa dengan keduanya.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1104

صحيح ابن خزيمة ١١٠٤: نا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ وَهْبٍ، نا عَمِّي، حَدَّثَنِي مُعَاوِيَةُ، وَهُوَ ابْنُ صَالِحٍ، عَنْ شُرَيْحِ بْنِ عُبَيْدٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ فَقَالَ: «إِنَّ هَذَا السَّفَرَ جَهْدٌ وَثِقَلٌ، فَإِذَا أَوْتَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ، وَإِلَّا كَانَتَا لَهُ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1104: Ahmad bin Abdurrahman Ibnu Wahab menceritakan kepada kami, pamanku menceritakan kepada kami, Mu’awiyah -yaitu Ibnu Shalih- menceritakan kepadaku dari Syuraih bin Ubaid, dari Abdurrahman bin Jubair bin Nufair, dari ayahnya, dari Tsauban maula Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, ia berkata, “Kami pernah pergi bersama Rasulullah dalam suatu perjalanan, maka beliau berkata, ‘Sesungguhnya perjalanan ini adalah sangat berat dan melelahkan, maka apabila salah seorang di antara kamu mengerjakan shalat witir maka ia hendaknya shalat dua rakaat apabila ia terbangun dan jika tidak maka ia memperoleh kedua pahala shalat tersebut.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1105

صحيح ابن خزيمة ١١٠٥: نا بِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ الْعَقَدِيُّ، وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى الصَّنْعَانِيُّ قَالَا: ثنا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، نا سَعِيدٌ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، وَيَحْيَى بْنُ حَكِيمٍ، وَالدَّوْرَقِيُّ قَالُوا: ثنا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ، وَسُلَيْمَانَ التَّيْمِيِّ، ح وَثنا هَارُونُ بْنُ إِسْحَاقَ الْهَمْدَانِيُّ، ثنا عَبْدَةُ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ، كِلَاهُمَا عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا» وَقَالَ الصَّنْعَانِيُّ فِي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ: هُمَا خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا. وَفِي حَدِيثِ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ قَالَ: رَكْعَتَا الْفَجْرِ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا. ثنا مُحَمَّدُ بْنُ أَسْلَمَ، نا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى، نا إِسْرَائِيلُ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ نَحْوَهُ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1105: Bisyr bin Mu’adz Al Aqadi dan Muhammad bin Abdul A’la Ash-Shan’ani menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Yazid bin Zurai’ menceritakan kepada kami, Sa’id menceritakan kepada kami (Ha') Bundar dan Yahya bin Al Hakim dan Ad-Dauraqi meriwayatkan kepada kami, mereka berkata: Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami dan Sa’id bin Arubah dan Sulaiman At- Taimi (Ha') Harun bin Ishak Al Hamdani menceritakan kepada kami, Abdah menceritakan kepada kami dari Sa’id bin Abu Arubah, keduanya dari Qatadah, dari Zurarah bin Aufa, dari Sa’ad bin Hisyam, dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Dua rakaat sunah fajar lebih baik dari dunia keseluruhannya'." Ash-Shan’ani berkata tentang shalat sunah Fajar: (Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,) “Keduanya lebih baik dari dunia seisinya.” Di dalam hadits Yahya bin Sa’id, beliau bersabda, “Dua rakaat sunah fajar lebih aku cintai dari dunia keseluruhannya.” Muhammad bin Aslam menceritakan kepada kami, Ubaidullah bin Musa menceritakan kepada kami, Isra'il menceritakan kepada kami dari Sa’id bin Abu Arubah dengan redaksi yang sama.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1106

صحيح ابن خزيمة ١١٠٦: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأَشَجُّ، ثنا حَفْصٌ يَعْنِي ابْنَ غِيَاثٍ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى شَيْءٍ مِنَ الْخَيْرِ أَسْرَعُ مِنْهُ إِلَى الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ، وَلَا إِلَى غَنِيمَةٍ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1106: Abdullah bin Sa’id Al Asyaj menceritakan kepada kami, Hafsh -yaitu Ibnu Ghiyats- menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari Atha', dari Ubaid bin Umair, dari Aisyah, ia berkata, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah bersegera melakukan sesuatu kebaikan lebih cepat dari shalat dua rakaat sebelum fajar bahkan dari harta rampasan perang.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1107

صحيح ابن خزيمة ١١٠٧: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ بِشْرِ بْنِ الْحَكَمِ، وَيَحْيَى بْنِ حَكِيمٍ قَالُوا: ثنا يَحْيَى وَهُوَ ابْنُ سَعِيدٍ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، حَدَّثَنِي عَطَاءٌ، عَنْ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ عَلَى شَيْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ مُعَاهَدَةً عَلَى الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الصُّبْحِ وَقَالَ يَحْيَى بْنُ حَكِيمٍ قَالَ: أَخْبَرَنِي عُبَيْدُ بْنُ عُمَيْرٍ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1107: Ya’qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi dan Abdurrahman bin Bisyr bin Al Hakam dan Yahya bin Hakim menceritakan kepada kami, mereka berkata: Yahya —yaitu Ibnu Sa’id— menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, Atha' menceritakan kepadaku dari Ubaid bin Umair, dari Aisyah bahwa tidak ada perkara sunah yang lebih ditekuni Nabi dari shalat dua rakaat sebelum shalat Subuh. Yahya bin Hakim berkata, “Ia berkata, ‘Ubaid bin Umair telah mengabarkan kepadaku’.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1108

صحيح ابن خزيمة ١١٠٨: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، نا مَرْحُومٌ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنْ خَالِدٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَقِيقٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كُنْتُ بَيْنَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبَيْنَ أَعْرَابِيٍّ لَيْلَةً، فَقَالَ الْأَعْرَابِيُّ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، كَيْفَ صَلَاةُ اللَّيْلِ؟ فَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَثْنَى مَثْنَى، فَإِذَا خَشِيتَ الصُّبْحَ فَاسْجُدْ سَجْدَةً، وَاسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْغَدَاةِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1108: Ya’qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi menceritakan kepada kami, Marhum —-yaitu Ibnu Abdul Aziz— menceritakan kepada kami dari Khalid, dari Abdullah bin Syaqiq, dari Ibnu Umar, ia berkata, “Aku pernah berada di antara Rasulullah dan orang Arab badui pada suatu malam, lalu orang Arab badui bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana shalat malam?’ Beliau menjawab, ‘Dua rakaat dua rakaat dan apabila kamu khawatir akan datangnya waktu Subuh maka shalatlah satu rakaat, kemudian shalat dua rakaat sebelum shalat Subuh'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1109

صحيح ابن خزيمة ١١٠٩: نا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ، ثنا سُفْيَانُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سَالِمٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: أَخْبَرَتْنِي حَفْصَةُ زَوْجُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ إِذَا أَضَاءَ الْفَجْرُ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1109: Sa’id bin Abdurrahman Al Makhzumi menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami dari Amr bin Dinar, dari Ibnu Syihab, dari Salim, dari Ibnu Umar, ia berkata, “Hafshah istri Nabi memberitahukan kepadaku bahwa Nabi shalat dua rakaat sunah fajar apabila fajar telah bersinar.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1110

صحيح ابن خزيمة ١١١٠: قَالَ: ثنا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ الضَّبِّيُّ، أَخْبَرَنَا حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ سِيرِينَ قَالَ: قُلْتُ لِابْنِ عُمَرَ، أَرَأَيْتَ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْغَدَاةِ، أُطِيلُ فِيهِمَا الْقِرَاءَةَ؟ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ كَأَنَّ الْأَذَانَ بِأُذُنَيْهِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1110: Ia berkata: Ahmad bin Abdah Adh-Dhabbi menceritakan kepada kami, Hammad —yaitu Ibnu Zaid— mengabarkan kepada kami dari Anas bin Sirin, ia berkata, “Aku pernah bertanya kepada Ibnu Umar, ‘Apa pendapatmu tentang shalat dua rakaat sebelum shalat Subuh dengan memanjangkan bacaan surah pada keduanya?’ la menjawab, ‘Sesungguhnya Rasulullah shalat dua rakaat sebelum shalat Subuh seakan-akan adzan telah dikumandangkan di kedua telinganya'."