صحيح ابن خزيمة

Shahih Ibnu Khuzaimah

Shahih Ibnu Khuzaimah #1061

صحيح ابن خزيمة ١٠٦١: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، وَأَبُو حَاتِمٍ الرَّازِيُّ، وَسَعِيدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ ثَوَابٍ الْحُصْرِيُّ الْبَصْرِيُّ، وَالْعَبَّاسُ بْنُ يَزِيدَ الْبَحْرَانِيُّ قَالُوا: ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْأَنْصَارِيُّ، عَنْ أَشْعَثَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ، عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءٍ، عَنْ أَبِي قِلَابَةَ، عَنْ أَبِي الْمُهَلَّبِ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَشَهَّدَ فِي سَجْدَتَيِ السَّهْوِ، وَسَلَّمَ وَهَذَا لَفْظُ حَدِيثِ أَبِي حَاتِمٍ، حَدَّثَنَا بِهِ بِالْبَصْرَةِ. وَثنا بِهِ بِبَغْدَادَ مَرَّةً، فَقَالَ: إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى بِهِمْ، فَسَهَا، فَسَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلَامِ وَالْكَلَامِ. فَأَمَّا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى فَإِنَّهُ قَالَ: إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى بِهِمْ فَسَهَا فِي صَلَاتِهِ، فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ تَشَهَّدَ، ثُمَّ سَلَّمَ. وَقَالَ سَعِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ: إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى بِهِمْ، فَسَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ، ثُمَّ تَشَهَّدَ وَسَلَّمَ. قَالَ أَبُو بَكْرٍ: لَمْ أُخَرِّجْ لَفْظًا غَيْرَ الْعَبَّاسِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1061: Muhammad bin Yahya dan Abu Hatim Ar-Razi dan Sa’id bin Muhammad bin Tsawab Al Hashri Al Bashri dan Al Abbas bin Yazid Al Bahrani menceritakan kepada kami, mereka berkata: Muhammad bin Abdullah Al Anshari menceritakan kepada kami dari Asy’ats, dari Muhammad bin Sirin, dari Khalid Al Hadzdza', dari Abu Qilabah, dari Abu Mahlab, dari Imran bin Hushain bahwa Nabi pernah duduk tasyahhud ketika sujud sahwi dua kali kemudian mengucap salam. Ini adalah hadits riwayat Abu Hatim yang diriwayatkannya kepada kami di Bashrah. Dan dalam kesempatan lain, ia meriwayatkannya kepada kami di Baghdad, ia berkata, “Sesungguhnya Nabi pernah shalat mengimami mereka kemudian beliau lupa di dalam shalatnya, maka beliau sujud sahwi dua kali setelah mengucap salam dan berbicara." Adapun Muhammad bin Yahya mengatakan bahwa Nabi pernah shalat mengimami mereka kemudian beliau lupa di Halam shalatnya, maka beliau sujud (sahwi) dua kali lalu bertasyahhud dan mengucap salam. Sa’id bin Muhammad mengatakan bahwa Nabi shalat mengimami mereka kemudian beliau sujud sahwi dua kali, lalu bertasyahhud dan mengucap salam. Abu Bakar berkata, “Aku hanya meriwayatkan lafazh hadits Abbas.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1062

صحيح ابن خزيمة ١٠٦٢: أنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ أَبِي رِزْمَةَ، أَخْبَرَنَا الْفَضْلُ بْنُ مُوسَى، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ كَيْسَانَ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَمَّى سَجْدَتَيِ السَّهْوِ الْمُرْغِمَتَيْنِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1062: Muhammad bin Abdul Aziz bin Abu Rizmah mengabarkan kepada kami, Al Fadhl bin Musa mengabarkan kepada kami dari Abdullah bin Kaisan, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas bahwa Nabi menamakan sujud sahwi yang dilakukan dua kali untuk menghinakan (syetan).

Shahih Ibnu Khuzaimah #1063

صحيح ابن خزيمة ١٠٦٣: حَدَّثَنَا زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ، نا إِسْمَاعِيلُ ابْنُ عُلَيَّةَ، نا أَيُّوبُ، ح وَثنا مُؤَمَّلُ بْنُ هِشَامٍ، نا إِسْمَاعِيلُ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ وَهْبٍ قَالَ: كُنَّا عِنْدَ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ، فَسُئِلَ: هَلْ أَمَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَدٌ مِنْ هَذِهِ الْأُمَّةِ غَيْرَ أَبِي بَكْرٍ؟ قَالَ: نَعَمْ، كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ بِطُولِهِ، وَقَالَا: ثُمَّ رَكِبْنَا فَأَدْرَكَنَا النَّاسُ، قَدْ تَقَدَّمَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ، وَقَدْ صَلَّى بِهِمْ رَكْعَةً، وَهُوَ فِي الثَّانِيَةِ، فَذَهَبْتُ أُوذِنُهُ فَنَهَانِي، فَصَلَّيْنَا الرَّكْعَةَ الَّتِي أَدْرَكْنَا الَّتِي سَبَقَتْنَا وَقَالَ مُؤَمَّلٌ: وَقَضَيْنَا الَّتِي سَبَقَنَا

Shahih Ibnu Khuzaimah 1063: Ziyad bin Ayub menceritakan kepada kami, Ismail bin Ulayyah menceritakan kepada kami, Ayub menceritakan kepada kami (Ha') Mu'ammal bin Hisyam menceritakan kepada kami, Ismail menceritakan kepada kami dari Ayub, dari Muhammad bin Sirin, dari Amr bin Wahab, ia berkata: Kami pernah berada di sisi Mughirah bin Syu’bah maka ditanyakan kepadanya, “Apakah ada seseorang yang mengimami Nabi dari umat ini selain Abu bakar?” Ia menjawab, “Ya, ketika itu kami bersama-sama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam perjalanan ....” Ia kemudian menyebutkan redaksi haditsnya secara sempurna, dan keduanya berkata, “Lalu kami menaiki tunggangan kami kemudian menjumpai Abdurrahman bin Auf telah mengimami orang-orang. Ketika itu ia telah mengerjakan satu rakaat dan sedang mengerjakan rakaat yang kedua, maka aku pergi untuk memberitahukannya namun ia mencegahku, kemudian kami shalat mengerjakan rakaat yang kami dapati dan yang luput dari kami.” Mu'ammal berkata, “Kami kemudian meneruskan rakaat yang tertinggal.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1064

صحيح ابن خزيمة ١٠٦٤: نا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، نا إِسْمَاعِيلُ، نا الْعَلَاءُ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا ثُوِّبَ لِلصَّلَاةِ فَلَا تَأْتُوهَا وَأَنْتُمْ تَسْعَوْنَ، وَأْتُوهَا وَعَلَيْكُمُ السَّكِينَةُ، فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا، وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوا؛ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا كَانَ يَعْمَدُ إِلَى الصَّلَاةِ، فَهُوَ فِي صَلَاةٍ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1064: Ali bin Hujr menceritakan kepada kami, Ismail menceritakan kepada kami, Al Ala' menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Apabila shalat telah dilaksanakan maka janganlah kamu mendatanginya dengan tergesa-gesa akan tetapi datanglah dengan tenang. Kerjakanlah rakaat yang kamu dapatkan sedangkan rakaat yang luput dari kamu sempurnakanlah karena jika salah seorang di antara kamu telah pergi menuju shalat dengan sengaja berarti ia dalam keadaan shalat.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1065

صحيح ابن خزيمة ١٠٦٥: قَالَ أَبُو بَكْرٍ: قَدْ كُنْتُ أَمْلَيْتُ فِي أَوَّلِ الْكِتَابِ خَبَرَ طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ فِي مَسْأَلَةِ الْأَعْرَابِيِّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْإِسْلَامِ، وَجَوَابَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِيَّاهُ، فَقَالَ: «خَمْسُ صَلَوَاتٍ فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ» ، فَقَالَ: هَلْ عَلَيَّ غَيْرُهَا؟ قَالَ: «لَا، إِلَّا أَنْ تَطَوَّعَ» ، فَأَعْلَمَ النَّبِيُّ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ مَا زَادَ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَى الْخَمْسِ فَهُوَ تَطَوُّعٌ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1065: Abu Bakar berkata, “Aku telah mencantumkan sebelumnya pada permulaan kitab hadits riwayat Thalhah bin Ubaidullah mengenai pertanyaan seorang Arab badui kepada Nabi tentang Islam dan jawaban Nabi kepadanya, beliau berkata, “Shalat lima waktu dalam sehari semalam." Ia bertanya, “Apakah ada kewajiban shalat yang lain bagiku?” Beliau menjawab, “Tidak, kecuali jika kamu shalat sunah” Sesungguhnya Nabi memberitahukan bahwa menambah shalat dari yang lima waktu adalah sunah.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1066

صحيح ابن خزيمة ١٠٦٦: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأَشَجُّ، وَمُحَمَّدُ بْنُ هِشَامٍ قَالُوا: ثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ، نا أَبُو إِسْحَاقَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ قَالَ: قَالَ عَلِيٌّ: إِنَّ الْوِتْرَ لَيْسَ بِحَتْمٍ، وَلَا كَصَلَاتِكُمُ الْمَكْتُوبَةِ، وَلَكِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْتَرَ، ثُمَّ قَالَ: «يَا أَهْلَ الْقُرْآنِ أَوْتِرُوا؛ فَإِنَّ اللَّهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ» غَيْرُ أَنَّ الْأَشَجَّ لَمْ يَذْكُرْ: يَا أَهْلَ الْقُرْآنِ أَوْتِرُوا. وَقَالَ مُحَمَّدُ بْنُ هِشَامٍ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، وَثنا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ، نا سُفْيَانُ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ نَحْوَ حَدِيثِ الدَّوْرَقِيِّ فِي إِسْنَادِهِ، وَمَتْنِهِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1066: Ya’qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi dan Abdulllah bin Sa’id Al Asyaj dan Muhammad bin Hisyam menceritakan kepada kami, mereka berkata: Abu Bakar bin Ayyasy menceritakan kepada kami, Abu Ishak menceritakan kepada kami dari Ashim bin Dhamrah, ia berkata: Ali mengatakan bahwa shalat witir bukanlah shalat penutup dan juga bukan seperti shalat wajib yang kamu keijakan, akan tetapi Rasulullah mengerjakan shalat witir, lalu beliau bersabda, "Wahai ahli Al Qur'an shalat witirlah, sesungguhnya Allah adalah ganjil dan suka akan yang ganjil ” Akan tetapi Al Asyaj tidak menyebutkan kalimat “Wahai ahli Al Qur'an, shalat witirlah." Muhammad bin Hisyam berkata: Diriwayatkan dari Ibnu Ishak. Sa’id bin Abdurrahman Al Makhzumi menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, Abu Ishak menceritakan kepada kami hal yang serupa dengan hadits Ad-Dauraqi di dalam sanad dan matannya.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1067

صحيح ابن خزيمة ١٠٦٧: ثنا بُنْدَارٌ، نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ حُمْرَانَ، نا عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، حَدَّثَنِي أَبِي جَعْفَرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي عَمْرَةَ النَّجَّارِيِّ، أَنَّهُ سَأَلَ عُبَادَةَ بْنَ الصَّامِتِ عَنِ الْوِتْرِ، قَالَ: أَمْرٌ حَسَنٌ جَمِيلٌ عَمِلَ بِهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْمُسْلِمُونَ مِنْ بَعْدِهِ، وَلَيْسَ بِوَاجِبٍ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: قَدْ خَرَّجْتُ فِي كِتَابِ «الْكَبِيرُ» أَخْبَارَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي إِعْلَامِهِ أَنَّ اللَّهَ فَرَضَ عَلَيْهِ وَعَلَى أُمَّتِهِ خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ، فَدَلَّتْ تِلْكَ الْأَخْبَارُ عَلَى أَنَّ الْمُوجِبَ لِلْوِتْرِ فَرْضًا عَلَى الْعِبَادِ مُوجِبٌ عَلَيْهِمْ سِتَّ صَلَوَاتٍ فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ، وَهَذِهِ الْمَقَالَةُ خِلَافُ أَخْبَارِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَخِلَافُ مَا يَفْهَمُهُ الْمُسْلِمُونَ، عَالِمُهُمْ وَجَاهِلُهُمْ وَخِلَافُ مَا تَفْهَمُهُ النِّسَاءُ فِي الْخُدُورِ وَالصِّبْيَانُ فِي الْكَتَاتِيبِ، وَالْعَبِيدُ وَالْإِمَاءُ، إِذْ جَمِيعُهُمْ يَعْلَمُونَ أَنَّ الْفَرْضَ مِنَ الصَّلَاةِ خَمْسٌ لَا سِتٌّ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1067: Bundar menceritakan kepada kami, Abdullah bin Humran menceritakan kepada kami, Abdul Hamid bin Ja’far bin Abdullah menceritakan kepada kami, Ayahku —Ja’far bin Abdullah— menceritakan kepadaku dari Abdurrahman bin Abu Amrah An-Najjari bahwa ia telah bertanya kepada Ubadah bin Ash- Shamit tentang witir, maka ia menjawab, “Ia adalah perkara yang bagus dan baik. Rasulullah telah mengerjakannya dan juga kaum muslimin setelahnya dan bukan termasuk kewajiban.” Abu Bakar berkata, “Aku telah meriwayatkan di dalam kitab “Al Kabir” hadits-hadits Nabi tentang pernyataan beliau bahwa Allah telah mewajibkan atas dirinya dan umatnya shalat lima waktu dalam sehari semalam. Maka hadits-hadits tersebut menjadi dalil bahwa orang yang mewajibkan shalat witir atas kaum muslimin berarti telah mewajibkan atas mereka shalat enam waktu dalam sehari semalam. Pendapat ini juga menyalahi tunutanan hadits-hadits Nabi dan bersebrangan dengan apa yang dipahami oleh kaum muslimin, baik yang pandai ataupun yang bodoh. Selain itu, berlawanan dengan yang dipahami oleh kaum perempuan di dalam pingitannya, anak-anak di dalam kebebasannya dan para budak laki- laki dan perempuan, sebab mereka semua tahu bahwa kewajiban shalat adalah lima waktu bukan enam waktu.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1068

صحيح ابن خزيمة ١٠٦٨: نا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ بْنِ كُرَيْبٍ، نا مَالِكٌ يَعْنِي ابْنَ إِسْمَاعِيلَ، نا يَعْقُوبُ، ح وَثنا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ الْعِجْلِيُّ، نا عُبَيْدُ اللَّهِ يَعْنِي ابْنَ مُوسَى، نا يَعْقُوبُ وهو ابْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْقُمِّيُّ، عَنْ عِيسَى بْنِ جَارِيَةَ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي رَمَضَانَ ثَمَانِ رَكَعَاتٍ وَالْوِتْرَ، فَلَمَّا كَانَ مِنَ الْقَابِلَةِ اجْتَمَعْنَا فِي الْمَسْجِدِ وَرَجَوْنَا أَنْ يَخْرُجَ إِلَيْنَا، فَلَمْ نَزَلْ فِي الْمَسْجِدِ حَتَّى أَصْبَحْنَا، فَدَخَلْنَا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقُلْنَا لَهُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، رَجَوْنَا أَنْ تَخْرُجَ إِلَيْنَا فَتُصَلِّيَ بِنَا، فَقَالَ: «كَرِهْتُ أَنْ يُكْتَبَ عَلَيْكُمُ الْوِتْرُ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1068: Muhammad bin Al Ala' bin Kuraib menceritakan kepada kami, Malik —yaitu Ibnu Ismail— menceritakan kepada kami, Ya’qub menceritakan kepada kami (Ha') Muhammad bin Ustman Al Ijli menceritakan kepada kami, Ubaidullah —yaitu Ibnu Musa— menceritakan kepada kami, Ya’qub —yaitu Muhammad bin Ubaidullah Al Qami— menceritakan kepada kami dari Isa bin Jariyah, dari Jabir bin Abdullah, ia berkata, “Rasulullah pernah shalat mengimami kami pada bulan Ramadhan delapan rakaat dan witir, maka pada tahun berikutnya kami berkumpul di masjid sambil berharap bahwa beliau keluar menjumpai kami. Kami terus berdiam diri menunggu di masjid sampai Subuh tiba. Kami lantas mendatangi Rasulullah lalu berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami sangat mengharapkan engkau keluar menjumpai kami dan shalat mengimami kami.” Maka beliau menjawab, “Aku takut shalat witir menjadi wajib atas kamu.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1069

صحيح ابن خزيمة ١٠٦٩: ثنا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ، وَزِيَادُ بْنُ يَحْيَى الْحَسَّانِيُّ قَالَ زِيَادٌ: ثنا، وَقَالَ نَصْرٌ: أنا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ الصَّمَدِ، ثنا هِشَامٌ، عَنْ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ اللَّهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1069: Nashr bin Ali Al Jahdhami dan Ziyad bin Yahya Al Hassani menceritakan kepada kami, Ziyad berkata: Diriwayatkan kepada kami dan Nashr berkata: Abdul Aziz bin Abdushshamad mengabarkan kepada kami, Hisyam menceritakan kepada kami dari Muhammad, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah itu ganjil, cinta akan yang ganjil."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1070

صحيح ابن خزيمة ١٠٧٠: نا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، وَسَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ، ثنا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَالِمٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ، ح وَثنا عَبْدُ الْجَبَّارِ، نا سُفْيَانُ عَنْ عَمْرٍو، عَنْ طَاوُسٍ، سَمِعَهُ مِنِ ابْنِ عُمَرَ، وَابْنِ أَبِي لَبِيدٍ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، ح وَثنا الْمَخْزُومِيُّ، نا سُفْيَانُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، عَنْ طَاوُسٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، ح وَثنا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ بِشْرٍ، نا سُفْيَانُ عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَالِمٍ، عَنْ أَبِيهِ، وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، وَعَنْ عَمْرٍو، عَنْ طَاوُسٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، ح وَثنا عَبْدُ الْجَبَّارِ، وَسَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَا: ثنا سُفْيَانُ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، قَالَ عَبْدُ الْجَبَّارِ: سَمِعَ ابْنَ عُمَرَ يَقُولُ: وَقَالَ الْمَخْزُومِيُّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، وَحَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ، وَمُؤَمَّلُ بْنُ هِشَامٍ وَزِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ قَالُوا: ثنا إِسْمَاعِيلُ ابْنُ عُلَيَّةَ، قَالَ مُؤَمَّلٌ: عَنْ أَيُّوبَ، وَقَالَ الْآخَرُونَ: أَخْبَرَنَا أَيُّوبُ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، نا يَحْيَى، نا عُبَيْدُ اللَّهِ، أَخْبَرَنِي نَافِعٌ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، أَيْضًا ثنا حَمَّادُ بْنُ عُلَيَّةَ، قَالَ مُؤَمَّلٌ: عَنْ أَيُّوبَ، وَقَالَ الْآخَرُونَ: أَخْبَرَنَا أَيُّوبُ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، نا يَحْيَى، نا عُبَيْدُ اللَّهِ، أَخْبَرَنِي نَافِعٌ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، أَيْضًا ثنا حَمَّادُ بْنُ مَسْعَدَةَ، نا عَبْدُ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، ح وَثنا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، نا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ، نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دِينَارٍ، سَمِعَ ابْنَ عُمَرَ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، ثنا عَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ، ثنا خَالِدٌ، وَثنا بُنْدَارٌ، أَيْضًا نا عَبْدُ الْأَعْلَى، ثنا خَالِدٌ، ح وَثنا الصَّنْعَانِيُّ، ثنا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، ثنا خَالِدٌ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَقِيقٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ كُلُّهُمْ ذَكَرُوا: عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى، فَإِذَا خِفْتَ الصُّبْحَ فَأَوْتِرْ بِرَكْعَةٍ» هَذَا لَفْظُ حَدِيثِ عَبْدِ الْجَبَّارِ بِخَبَرِ الزُّهْرِيِّ. قَالَ أَبُو بَكْرٍ: قَدْ خَرَّجْتُ طُرُقَ هَذِهِ الْأَخْبَارِ فِي الْمَسْأَلَةِ الَّتِي أَمْلَيْتُهَا فِي الرَّدِّ عَلَى مَنْ زَعَمَ أَنَّ الْوِتْرَ بِرَكْعَةٍ غَيْرُ جَائِزٍ إِلَّا لِخَائِفٍ الصُّبْحَ، وَأَعْلَمْتُ فِي ذَلِكَ الْمَوْضِعِ مَا بَانَ لِذَوِي الْفَهْمِ وَالتَّمْيِيزِ جَهْلَ قَائِلِ هَذِهِ الْمَقَالَةِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1070: Abdul Jabbar bin Al Ala' dan Sa’id bin Abdurrahman Al Makhzumi menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Salim, dari ayahnya, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, (Ha') Abdul Jabbar menceritakan kepada kami, Sufyan memberitahukan kepada kami, dari Amr, dari Thawus yang mendengarnya dari Ibnu Umar dan Ibnu Abu Lubaid, dari Abu Salamah dari Ibnu Umar (Ha') Al Makhzumi menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami dan Amr bin Dinar, dan Thawus, dari Ibnu Umar (Ha') Abdurrahman bin Bisyir menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Salim, dari ayahnya dan Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar, juga dari Amr, dari Thawus, dari Ibnu Umar (Ha') Abdul Jabbar dan Sa’id bin Abdurrahman, keduanya berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari Abdullah bin Dinar, Abdul Jabbar mengatakan bahwa ia mendengar Ibnu Umar berkata: Al Makhzumi berkata: Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, Ahmad bin Mani’ dan Mu'ammal bin Hisyam dan Ziyad bin Ayub menceritakan kepada kami, mereka berkata: Ismail bin Ulayyah menceritakan kepada kami, Mu'ammal berkata: Diriwayatkan dari Ayub dan lainnya, mereka berkata: Ayub mengabarkan kepada kami dari Nafi’, dari bin Umar (Ha') Bundar menceritakan kepada kami, Yahya menceritakan kepada kami, Ubaidullah menceritakan kepada kami, Nafi’ mengabarkan kepada kami dari Ibnu Umar (Ha') juga diriwayatkan oleh Bundar kepada kami, Hammad bin Mas’adah menceritakan kepada kami, Abdullah menceritakan kepada kami dari Nafi’, dari Ibnu Umar (Ha') Ali bin Hujr menceritakan kepada kami, Ismail bin Ja’far menceritakan kepada kami, Abdullah bin Dinar yang mendengarnya dari Ibnu Umar ia menceritakan kepada kami; (Ha') Bundar menceritakan kepada kami, Abdul Wahhab Ats-Tsaqafi menceritakan kepada kami, Khalid menceritakan kepada kami; Bundar juga menceritakan kepada kami, Abdul A’la menceritakan kepada kami, Khalid menceritakan kepada kami (Ha') Ash-Shan’ani menceritakan kepada kami, Yazid bin Zurai’ menceritakan kepada kami, Khalid menceritakan kepada kami dari Abdullah bin Syaqiq, dari Ibnu Umar, mereka semua meriwayatkan dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Shalat malam dua rakaat dua rakaat, apabila kamu khawatir waktu Subuh tiba maka shalat witirlah satu rakaat.” Ini adalah hadits riwayat Abdul Jabbar dengan periwayatan hadits Az-Zuhri. Abu Bakar berkata, “Aku telah meriwayatkan jalur periwayatan hadits-hadits ini di dalam satu pembahasan yang dicantumkan ketika menjawab pendapat yang menyangka bahwa witir satu dengan satu rakaat tidak diperbolehkan bagi orang yang khawatir akan datangnya waktu Subuh dan aku telah menjelaskan di dalam pembahasan tersebut apa yang telah difahami oleh orang-orang yang berakal untuk membedakan kebodohan orang yang berpendapat dengan pendapat ini.”