صحيح ابن خزيمة

Shahih Ibnu Khuzaimah

Shahih Ibnu Khuzaimah #1051

صحيح ابن خزيمة ١٠٥١: أنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْحَكَمِ، أَخْبَرَنَا أَبِي وَشُعَيْبٌ قَالَا: أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ، أَنَّ سُوَيْدَ بْنَ قَيْسٍ، أَخْبَرَهُ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ حُدَيْجٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى يَوْمًا فَسَلَّمَ وَانْصَرَفَ وَقَدْ بَقِيَ مِنَ الصَّلَاةِ رَكْعَةٌ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1051: Muhammad bin Abdullah bin Al Hakam menceritakan kepada kami, Ayahku dan Syu’aib mengabarkan kepada kami, keduanya berkata: Al-Laits menceritakan kepada kami dari Yazid bin Abu Habib bahwa Suwaid bin Qais mengabarkan kepadanya dari Mu’awiyah bin Khudaij bahwa pada suatu hari aku shalat bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Tiba-tiba beliau mengucapkan salam lalu beranjak sementara masih ada satu rakaat yang belum dikerjakan.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1052

صحيح ابن خزيمة ١٠٥٢: نا بُنْدَارٌ، نا وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ، ثنا أَبِي قَالَ: سَمِعْتُ يَحْيَى بْنَ أَيُّوبَ يُحَدِّثُ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنْ سُوَيْدِ بْنِ قَيْسٍ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ حُدَيْجٍ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَهَا فَسَلَّمَ فِي رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ انْصَرَفَ، فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّكَ سَهَوْتَ فَسَلَّمْتَ فِي رَكْعَتَيْنِ، فَأَمَرَ بِلَالًا فَأَقَامَ الصَّلَاةَ، ثُمَّ أَتَمَّ تِلْكَ الرَّكْعَةَ وَسَأَلَتِ النَّاسُ عَنِ الرَّجُلِ الَّذِي قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّكَ سَهَوْتَ، فَقِيلَ لِي: تَعْرِفُهُ؟ قُلْتُ: لَا، إِلَّا أَنْ أَرَاهُ، فَمَرَّ بِي رَجُلٌ فَقُلْتُ: هُوَ هَذَا قَالُوا: هَذَا طَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ. هَذَا حَدِيثُ بُنْدَارٍ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: هَذِهِ الْقِصَّةُ غَيْرُ قِصَّةِ ذِي الْيَدَيْنِ؛ لِأَنَّ الْمُعْلِمَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ سَهَا فِي هَذِهِ الْقِصَّةِ طَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ، وَمُخْبِرُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي تِلْكَ الْقِصَّةِ ذُو الْيَدَيْنِ، وَالسَّهْوُ مِنَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي قِصَّةِ ذِي الْيَدَيْنِ إِنَّمَا كَانَ فِي الظُّهْرِ أَوِ الْعَصْرِ، وَفِي هَذِهِ الْقِصَّةِ إِنَّمَا كَانَ السَّهْوُ فِي الْمَغْرِبِ لَا فِي الظُّهْرِ، وَلَا فِي الْعَصْرِ. وَقِصَّةُ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قِصَّةُ الْخِرْبَاقِ، قِصَّةٌ ثَالِثَةٌ؛ لِأَنَّ التَّسْلِيمَ فِي خَبَرِ عِمْرَانَ مِنَ الرَّكْعَةِ الثَّالِثَةِ، وَفِي قِصَّةِ ذِي الْيَدَيْنِ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ، وَفِي خَبَرِ عِمْرَانَ دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حُجْرَتَهُ، ثُمَّ خَرَجَ مِنَ الْحُجْرَةِ، وَفِي خَبَرِ أَبِي هُرَيْرَةَ قَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى خَشَبَةٍ مَعْرُوضَةٍ فِي الْمَسْجِدِ، فَكُلُّ هَذِهِ أَدِلَّهٌ أَنَّ هَذِهِ الْقِصَصَ هِيَ ثَلَاثُ قَصَصٍ: سَهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّةً فَسَلَّمَ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ، وَسَهَا مَرَّةً أُخْرَى فَسَلَّمَ فِي ثَلَاثِ رَكَعَاتٍ، وَسَهَا مَرَّةً ثَالِثَةً فَسَلَّمَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ مِنَ الْمَغْرِبِ، فَتَكَلَّمَ فِي الْمَرَّاتِ الثَّلَاثِ، ثُمَّ أَتَمَّ صَلَاتَهُ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1052: Bundar menceritakan kepada kami, Wahab bin Jarir menceritakan kepada kami, Ayahku menceritakan kepada kami, ia berkata: Aku mendengar Yahya bin Ayub menceritakan dari Yazid bin Abu Habib, dari Suwaid bin Qais, dari Suwaid bin Qais, dari Mu’awiyah bin Khudaij, ia berkata, "Aku pernah shalat bersama Rasulullah kemudian beliau lupa dan mengucap salam pada rakaat kedua, lalu menyudahi shalat. Maka seorang Laki-laki berkata kepadanya, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau lupa dan telah mengucap salam pada rakaat kedua.' Beliau kemudian memerintahkan Bilal dan iqamah pun dikumandangkan, lalu beliau menyempurnakan satu rakaat tersebut. Aku lalu menanyakan orang-orang tentang Laki- laki yang berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau lupa'. Maka dikatakan kepadaku, ‘Kamu mengenalnya?' Aku menjawab, ‘Tidak, kecuali jika aku melihatnya.' Tiba-tiba seorang Laki-laki melintas di dekatku dan aku berkata, 'Ini orangnya.' Mereka berkata, ‘Ini adalah Thalhah bin Ubaidullah'." Ini adalah hadits riwayat Bundar. Abu Bakar berkata, "Kisah ini bukan kisah Dzul Yadain, sebab yang memberitahukan kepada Nabi bahwa beliau lupa adalah Thalhah bin Ubaidullah sedangkan yang memberitahukan kisah tersebut kepada Nabi adalah Dzul Yadain. Selain itu, kejadian lupa yang dialami Nabi pada kisah Dzul Yadain terjadi pada shalat Zhuhur atau Ashar, sedangkan pada kisah ini kejadian lupa tersebut terjadi pada saat shalat Maghrib dan bukan pada saat shalat Zhuhur atau Ashar. Adapun kisah Imran bin Hushain adalah kisah Al Khirbaq kisah yang ketiga, sebab ucapan salam pada hadits Imran adalah pada rakaat ketiga dan pada kisah Dzul Yadain pada rakaat kedua. Pada kisah Imran disebutkan bahwa Nabi masuk ke kamarnya lalu keluar, sementara di dalam kisah Abu Hurairah disebutkan bahwa Nabi berdiri menuju tiang kayu yang terpasang di masjid. Oleh Karena itu, ini semua berfungsi sebagai dalil yang menjelaskan bahwa kisah-kisah tersebut terbagi menjadi tiga kisah, yaitu pertama kali Rasulullah lupa dan mengucap salam pada rakaat yang kedua, kedua kalinya beliau lupa dan mengucap salam pada rakaat ketiga, dan yang ketiga kalinya beliau lupa dan mengucap salam pada rakaat kedua dari shalat Maghrib. Pada ketiga kejadian tersebut beliau telah berbicara kemudian menyempurnakan shalatnya."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1053

صحيح ابن خزيمة ١٠٥٣: ثنا يَحْيَى بْنُ حَبِيبٍ الْحَارِثِيُّ، نا حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ، عَنْ خَالِدٍ، ح وَثنا أَبُو هَاشِمٍ زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ، نا إِسْمَاعِيلُ وَهُوَ ابْنُ إِبْرَاهِيمَ، ثنا خَالِدٌ، ح وَثنا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، نا ابْنُ عُلَيَّةَ، أَخْبَرَنَا خَالِدٌ الْحَذَّاءُ، ح وَثنا الصَّنْعَانِيُّ، وَيَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَا: ثنا الْمُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، ثنا عَبْدُ الْوَهَّابِ يَعْنِي الثَّقَفِيَّ، ثنا بِهِ خَالِدٌ الْحَذَّاءُ، عَنْ أَبِي قِلَابَةَ، عَنْ أَبِي الْمُهَلَّبِ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قَالَ: سَلَّمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي ثَلَاثِ رَكَعَاتٍ مِنَ الْعَصْرِ، ثُمَّ قَامَ فَدَخَلَ الْحُجْرَةَ، فَقَامَ الْخِرْبَاقُ رَجُلٌ بَسِيطُ الْيَدَيْنِ، فَنَادَاهُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَقَصُرَتِ الصَّلَاةُ؟ فَخَرَجَ مُغْضَبًا يَجُرُّ إِزَارَهُ، فَسَأَلَ فَأُخْبِرَ، فَصَلَّى تِلْكَ الصَّلَاةَ الَّتِي كَانَ تَرَكَ، ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ سَلَّمَ. هَذَا لَفْظُ حَدِيثِ بُنْدَارٍ وَقَالَ الْآخَرُونَ: ثُمَّ سَلَّمَ، ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ سَلَّمَ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1053: Yahya bin Habib Al Haritsi menceritakan kepada kami, Hammad -yaitu Ibnu Zaid- menceritakan kepada kami dari Khalid (Ha') Abu Hasyim Ziyad bin Ayub menceritakan kepada kami, Ismail -yaitu Ibnu Ibrahim- menceritakan kepada kami, Khalid menceritakan kepada kami (Ha') Ya’qub bin Ibrahim Ad-Dauraqi menceritakan kepada kami, Ibnu Ulayyah menceritakan kepada kami, Khalid Al Hadzdza' mengabarkan kepada kami (Ha') Ash-Shan’ani dan Ya’qub bin Ibrahim menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Al Mu’tamar bin Sulaiman menceritakan kepada kami dari Khalid Al Hadzdza' (Ha') Bundar menceritakan kepada kami, Abdul Wahhab —yaitu Ats-Tsaqafi— menceritakan kepada kami, Khalid Al Khadzdza' meriwayatkannya kepada kami dari Abu Kilabah, dari Abu Al Muhalab, dari Imran bin Hushain, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengucap salam pada rakaat ketiga saat shalat Ashar, kemudian beliau bangkit dan masuk ke dalam kamar, maka Al Kharbaq —yaitu seorang laki-laki yang kedua tangannya pendek— berdiri dan berkata kepada beliau, ‘Wahai Rasulullah, apakah shalat di-qashar? Beliau lantas keluar dalam keadaan marah sambil mengangkat kainnya, kemudian bertanya dan setelah diberitahukan, maka beliau pun mengeijakan shalat yang ditinggalkan dan sujud dua kali lantas mengucapkan salam.” Ini adalah lafazh hadist riwayat Bundar. Yang lain berkata, “Kemudian beliau mengucap salam lalu sujud dua kali dan kemudian mengucapkan salam.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1054

صحيح ابن خزيمة ١٠٥٤: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأَشَجُّ، ثنا ابْنُ نُمَيْرٍ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَمْسًا، فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ ‍ أَحَدَثَ فِي الصَّلَاةِ شَيْءٌ؟ قَالَ: «لَا» قُلْنَا صَلَّيْتَ بِنَا كَذَا وَكَذَا قَالَ: «إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ، أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ، فَإِذَا سَهَا أَحَدُكُمْ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ» ، ثُمَّ تَحَوَّلَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1054: Abdullah bin Sa’id Al Asyaj menceritakan kepada kami, Ibnu Numair menceritakan kepada kami dari Al A’masy, dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Abdullah, ia berkata, “Nabi pernah shalat mengimami kami lima rakaat, maka kami bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah terjadi perubahan pada shalat?’ Beliau menjawab, ‘Tidak.' Kami lanjut berkata, ‘Engkau shalat mengimami kami begini dan begitu.’ Beliau menjawab, ‘Sesungguhnya aku adalah manusia yang juga lupa sebagaimana kamu lupa, maka apabila salah seorang di antara kamu lupa maka ia hendaknya sujud (sahwi) dua kali' Kemudian beliau membalikkan badannya dan sujud dua kali.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #1055

صحيح ابن خزيمة ١٠٥٥: نا بُنْدَارٌ، نا يَحْيَى، عَنْ شُعْبَةَ، حَدَّثَنِي الْحَكَمُ، ح وَثنا أَبُو مُوسَى، وَيَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَا: نا عَبْدُ الرَّحْمَنِ، نا شُعْبَةُ، عَنِ الْحَكَمِ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، نا مُحَمَّدٌ، نا شُعْبَةُ، عَنِ الْحَكَمِ، وَثنا زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ، نا سَعِيدُ بْنُ عَامِرٍ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنِ الْحَكَمِ، ح وَثنا أَحْمَدُ بْنُ الْمِقْدَامِ الْعِجْلِيُّ، وَمُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى الْقُطَعِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ، نا شُعْبَةُ، عَنْ مُغِيرَةَ، كِلَاهُمَا عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ: عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ صَلَّى الظُّهْرَ خَمْسًا، فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ: أَزِيدَ فِي الصَّلَاةِ؟ فَقَالَ: «وَمَا ذَاكَ؟» قَالُوا: صَلَّيْتَ خَمْسًا قَالَ: فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ بَعْدَمَا سَلَّمَ هَذَا حَدِيثُ مُحَمَّدِ بْنِ بَكْرٍ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1055: Bundar menceritakan kepada kami, Yahya menceritakan kepada kami dari Syu’bah, Al Hakam menceritakan kepada kami (Ha') Abu Musa dan Ya’qub bin Ibrahim menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Abdurrahman menceritakan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami dari Al Hakam (Ha') Bundar menceritakan kepada kami, Muhammad menceritakan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami dari Al Hakam, dan Ziyad bin Ayub menceritakan kepada kami, Sa’id bin Amir menceritakan kepada kami dari Syu’bah, dari Al Hakam (Ha') Ahmad bin Al Miqdam Al Ijli dan Muhammad bin Yahya Al Qath’i menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Muhammad bin bakar menceritakan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami dari Al Mughirah, keduanya dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Abdullah, dari Nabi bahwa beliau pernah shalat Zhuhur lima rakaat, maka seorang Laki-laki dari kaum bertanya kepadanya, “Apakah shalat ditambahkan?” Beliau pun bertanya, “Apa maksudnya itu?” Mereka menjawab, “Engkau telah shalat lima rakaat” Perawi berkata, “Beliau kemudian sujud (sahwi) dua kali setelah mengucapkan salam.” Ini adalah hadits riwayat Muhammad bin Bakar.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1056

صحيح ابن خزيمة ١٠٥٦: ثنا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيدٍ الدَّارِمِيُّ، نا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ، أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، عَنِ الْحَكَمِ، وَمُغِيرَةَ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى خَمْسًا، فَقِيلَ لَهُ: أَزِيدَ فِي الصَّلَاةِ؟ فَقَالَ: «لَا» ، ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1056: Ahmad bin Sa’id Ad-Darimi menceritakan kepada kami, An-Nadhr bin Syumail menceritakan kepada kami, Syu’bah mengabarkan kepada kami dari Al Hakam dan Al Mughirah, dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Abdullah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah shalat lima rakaat, maka dikatakan kepadanya, "Apakah shalat ditambahkan?” Beliau kemudian menjawab, "Tidak.” Kemudian beliau sujud (sahwi) dua kali.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1057

صحيح ابن خزيمة ١٠٥٧: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأَشَجُّ، نا حَفْصٌ يَعْنِي ابْنَ غِيَاثٍ، نا الْأَعْمَشُ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ السَّلَامِ وَالْكَلَامِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1057: Abdullah bin Sa’id Al Asyaj menceritakan kepada kami, Hafsh —yaitu Ibnu Ghiyats— menceritakan kepada kami, Al A’masy menceritakan kepada kami dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Abdullah bahwa Rasulullah melakukan sujud sahwi setelah mengucap salam dan berbicara.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1058

صحيح ابن خزيمة ١٠٥٨: نا أَبُو هَاشِمٍ زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ، وَيُوسُفُ بْنُ مُوسَى قَالَا: ثنا أَبُو مُعَاوِيَةَ، نا الْأَعْمَشُ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ الْكَلَامِ قَالَ أَبُو بَكْرٍ: إِنْ كَانَ أَرَادَ ابْنُ مَسْعُودٍ بِقَوْلِهِ بَعْدَ الْكَلَامِ قَوْلَهُ لَمَّا صَلَّى الظُّهْرَ خَمْسًا، فَقَالَ: أَزِيدَ فِي الصَّلَاةِ؟ فَقَالَ: «وَمَا ذَاكَ؟» ، فَهَذَا الْكَلَامُ مِنَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى مَعْنَى كَلَامِهِ فِي قِصَّةِ ذِي الْيَدَيْنِ، وَإِنْ كَانَ أَرَادَ الْكَلَامَ الَّذِي فِي الْخَبَرِ الْآخَرِ لَمَّا صَلَّى فَزَادَ أَوْ نَقَصَ، فَقِيلَ لَهُ، فَقَالَ «إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ» ؛ فَإِنَّ هَذِهِ لَفْظَةٌ قَدِ اخْتَلَفَ الرُّوَاةُ فِي الْوَقْتِ الَّذِي تَكَلَّمَ بِهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَمَّا الْأَعْمَشُ فِي خَبَرِهِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، وَأَبُو بَكْرٍ النَّهْشَلِيُّ فِي خَبَرِهِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْأَسْوَدِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ، ذَكَرَ أَنَّ هَذَا الْكَلَامَ كَانَ مِنْهُ قَبْلَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ، وَأَمَّا مَنْصُورُ بْنُ الْمُعْتَمِرِ، وَالْحَسَنُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ فَإِنَّهُمَا ذَكَرَا فِي خَبَرِهِمَا عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ هَذَا الْكَلَامَ كَانَ مِنْهُ بَعْدَ فَرَاغِهِ مِنْ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ فَلَمْ يَثْبُتْ بِخَبَرٍ لَا مُخَالِفَ لَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَكَلَّمَ وَهُوَ عَالِمٌ ذَاكِرٌ بِأَنَّ عَلَيْهِ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ، وَقَدْ ثَبَتَ أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَكَلَّمَ سَاهِيًا بَعْدَ السَّلَامِ وَهُوَ لَا يَعْلَمُ أَنَّهُ قَدْ سَهَا سَهْوًا يَجِبُ عَلَيْهِ سَجْدَتَا السَّهْوِ، ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ بَعْدَ كَلَامِهِ سَاهِيًا

Shahih Ibnu Khuzaimah 1058: Abu Hasyim Ziyad bin Ayub dan Yusuf bin Musa menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami, Al A’masy menceritakan kepada kami dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Abdullah bahwa Rasulullah melakukan sujud sahwi setelah berbicara. Abu Bakar berkata, “Apabila yang dimaksud Ibnu Mas’ud dengan perkataannya, “Setelah berbicara,” yaitu perkataan beliau tatkala shalat Zhuhur lima rakaat, dikatakan, “Apakah shalat ditambahkan?” Beliau menjawab, “Apa maksudnya itu?" Perkataan ini berasal dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, yang mana pengertiannya sama seperti perkataan beliau pada kisah Dzul Yadain. Apabila yang dikehendakinya adalah perkataan beliau dalam hadits yang lain tatkala beliau shalat ditambahkan atau dikurangkan, tatkala ditanyakan hal itu kepadanya dan beliau menjawab, “Sesungguhnya aku adalah manusia yang juga lupa sebagaimana kamu lupa.” Lafazh ini diperdebatkan oleh para perawi tentang waktu Nabi mengatakannya. Adapun Al A’masy di dalam haditsnya berasal dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Abdullah dan Abu Bakar An-Nahsyali di dalam haditsnya dari Abdurrahman bin Al Aswad, dari ayahnya, dari Abdullah menyebutkan bahwa perkataan ini dilakukan beliau sebelum melakukan sujud sahwi. Sedangkan Manshur bin Al Mu’tamar dan Al Hasan bin Ubaidullah, keduanya menyebutkan di dalam haditsnya berasal dari Ibrahim, dari Alqamah, dari Abdullah bahwa perkataan ini dilakukan beliau setelah melakukan sujud sahwi. Maka tidak ditetapkan oleh sebuah hadits atau pun yang menyelisihnya yang menyatakan bahwa Nabi berbicara sementara dirinya mengetahui dan menyadari sesungguhnya wajib atas dirinya untuk sujud sahwi dan justru sebaliknya telah ditetapkan bahwa beliau berbicara setelah mengucapkan salam karena lupa sementara beliau sendiri tidak mengetahui bahwa wajib atas dirinya untuk sujud sahwi karena lupa, kemudian beliau sujud sahwi setelah berbicara karena lupa akan hal itu.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1059

صحيح ابن خزيمة ١٠٥٩: نا مُحَمَّدُ بْنُ هِشَامٍ، نا إِسْمَاعِيلُ يَعْنِي ابْنَ عُلَيَّةَ، عَنْ خَالِدٍ، عَنْ أَبِي قِلَابَةَ، عَنْ أَبِي الْمُهَلَّبِ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَجَدَ فِي سَجْدَتَيِ الْوَهْمِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1059: Muhammad bin Hisyam menceritakan kepada kami, Ismail -yaitu Ibnu Ulayyah- menceritakan kepada kami dari Khalid, dan Abu Qilabah, dari Abu Muhallab, dari Imran bin Hushain bahwa Nabi melakukan sujud (sahwi) dua kali lantaran ragu- ragu.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1060

صحيح ابن خزيمة ١٠٦٠: ثنا يُوسُفُ بْنُ مُوسَى، نا جَرِيرٌ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سُوَيْدٍ قَالَ: صَلَّى بِنَا عَلْقَمَةُ الظُّهْرَ فَصَلَّى خَمْسًا، فَلَمَّا سَلَّمَ قَالَ الْقَوْمُ يَا أَبَا شِبْلٍ، قَدْ صَلَّيْتَ خَمْسًا قَالَ كَلَّا مَا فَعَلْتُ، قَالُوا: بَلَى قَالَ: فَكُنْتُ فِي نَاحِيَةِ الْقَوْمِ وَأَنَا غُلَامٌ، فَقُلْتُ: بَلَى، قَدْ صَلَّيْتَ خَمْسًا قَالَ لِي: وَأَنْتَ أَيْضًا يَا أَعْوَرُ تَقُولُ ذَلِكَ، قُلْتُ: نَعَمْ، فَأَقْبَلَ، فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ سَلَّمَ، ثُمَّ قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللَّهِ: صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَمْسًا، فَلَمَّا انْفَتَلَ تَوَسْوَسَ الْقَوْمُ بَيْنَهُمْ، فَقَالَ: «مَا شَأْنُكُمْ؟» قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، هَلْ زِيدَ فِي الصَّلَاةِ قَالَ: «لَا» قَالُوا: فَإِنَّكَ قَدْ صَلَّيْتَ خَمْسًا، فَانْفَتَلَ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ سَلَّمَ، ثُمَّ قَالَ: «إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ، أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1060: Yusuf bin Musa menceritakan kepada kami, Jarir menceritakan kepada kami dari Al Hasan bin Abdullah, dari Ibrahim bin Suwaid, ia berkata, “Alqamah pernah Shalat Zhuhur mengimami kami dan ia shalat lima rakaat. Ketika selesai mengucap salam, para sahabat pun berkata, ‘Wahai Abu Syubul (lelaki yang tidak menikah lagi), engkau shalat lima rakaat.’ Ia menjawab, ‘Tidak, aku tidak melakukannya.’ Mereka menjawab, ‘Ya, kamu melakukannya’.” Perawi berkata, “Saat itu aku berada di sisi orang-orang dan ketika itu aku masih kanak-kanak, maka aku berkata, ‘Ya, kamu memang shalat lima rakaat.’ Ia kemudian berkata kepadaku, ‘Kamu juga mengatakan hal itu, wahai anak baru lahir?’ Aku menjawab, ‘Ya’ Kemudian beliau menghadap kiblat dan sujud dua kali lalu mengucap salam'." Setelah itu ia berkata, “Abdullah mengatakan bahwa Rasulullah shalat mengimami kami lima rakaat, maka tatkala beliau berpaling orang-orang saling berbisik-bisik di antara mereka, kemudian beliau bertanya, 'Apa yang terjadi padamu?'Mereka menjawab, ‘Wahai Rasulullah, apakah shalat telah ditambahkan?’ Beliau menjawab, 'Tidak’ Mereka berkata, “Sesungguhnya engkau telah melakukan shalat lima rakaat.’ Beliau lalu berpaling dan sujud (sahwi) dua kali lalu mengucap salam. Setelah itu beliau berkata, 'Aku adalah manusia yang juga lupa sebagaimana kamu lupa’.”