سنن الدارقطني

Sunan Daruquthni

Sunan Daruquthni #111

سنن الدارقطني ١١١: حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْخَيَّاطُ , نا ابْنُ أَبِي مَذْعُورٍ , نا عَبْدُ الْعَزِيزِ الدَّرَاوَرْدِيُّ , حَدَّثَنِي زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ , عَنِ ابْنِ وَعْلَةَ , عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا دُبِغَ الْإِهَابُ فَقَدْ طَهُرَ»

Sunan Daruquthni 111: Sa'id bin Muhammad Al Khannath menceritakan kepada kami, Ibnu Abi Madz'ur mengabarkan kepada kami, Abdul Aziz bin Muhammad Ad-Darawardi mengabarkan kepada kami, Zaid bin Aslam menceritakan kepadaku, dari Ibnu Wa'lah, dari Ibnu Abbas, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Jika kulit telah disamak, maka telah suci."

Grade

Sunan Daruquthni #112

سنن الدارقطني ١١٢: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ , نا الْعَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَاتِمٍ , حَدَّثَنَا شَبَابَةُ بْنُ سَوَّارٍ , نا أَبُو بَكْرٍ الْهُذَلِيُّ , ح وَنا أَبُو بَكْرٍ الْأَزْرَقُ يُوسُفُ بْنُ يَعْقُوبَ بْنِ إِسْحَاقَ بْنِ بُهْلُولٍ , ثنا جَدِّي , نا عَمَّارُ بْنُ سَلَّامٍ أَبُو مُحَمَّدٍ , نا زَافِرٌ , عَنْ أَبِي بَكْرٍ الْهُذَلِيِّ , عَنِ الزُّهْرِيِّ , عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ , عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ {قُلْ لَا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ} [الأنعام: 145] , قَالَ: «الطَّاعِمُ الْآكِلُ , فَأَمَّا السِّنُّ وَالْقَرْنُ وَالْعَظْمُ وَالصُّوفُ وَالشَّعْرُ وَالْوَبَرُ وَالْعَصَبُ فَلَا بَأْسَ بِهِ لِأَنَّهُ يُغْسَلُ» . وَقَالَ شَبَابَةُ: إِنَّمَا حُرِّمَ مِنَ الْمَيْتَةِ مَا يُؤْكَلُ مِنْهَا وَهُوَ اللَّحْمُ فَأَمَّا الْجِلْدُ وَالسِّنُّ وَالْعَظْمُ وَالشَّعْرُ وَالصُّوفُ فَهُوَ حَلَالٌ , أَبُو بَكْرٍ الْهُذَلِيُّ ضَعِيفٌ

Sunan Daruquthni 112: Muhammad bin Makhlad menceritakan kepada kami, Al Abbas bin Muhammad bin Hatim mengabarkan kepada kami, Syababah bin Sawwar mengabarkan kepada kami, Abu Bakar Al Hudzali mengabarkan kepada kami {h} Abu Bakar Al Azraq Yusuf bin Ya'qub bin Ishaq bin Al Buhbul mengabarkan kepada kami, kakekku mengabarkan kepada kami, Ammar bin Sallam Abu Muhammad menceritakan kepada kami, Zafir mengabarkan kepada kami, dari abu Bakar Al Hudzali, dari Az-Zuhri, dari Ubaidullah bin Abdullah, dari Ibnu Abbas, tentang firman Allah 'Azza wa Jalla, "Katakanlah, 'Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya'" (Qs. Al An'aam [6]: 145) ia mengatakan, "Yang dimaksud adalah pengharaman untuk dimakan. Adapun gigi, tanduk, tulang, rambut dan bulu, maka tidak apa-apa, karena dapat dicuci." Syababah mengatakan, "Yang diharamkan dari bangkai adalah yang untuk dimakan, yaitu dagingnya. Adapun kulit, gigi, tulang, rambut dan bulunya adalah halal." Abu bakar Al Hudzali lemah (dalam periwayatan hadits).

Grade

Sunan Daruquthni #113

سنن الدارقطني ١١٣: نا أَبُو طَلْحَةَ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْكَرِيمِ , نا سَعِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ بِبَيْرُوتَ , نا أَبُو أَيُّوبَ سُلَيْمَانُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ , نا يُوسُفُ بْنُ السَّفَرِ , نا الْأَوْزَاعِيُّ , عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ , عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ , قَالَ: سَمِعْتُ أُمَّ سَلَمَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , تَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «لَا بَأْسَ بِمِسْكِ الْمَيْتَةِ إِذَا دُبِغَ , وَلَا بَأْسَ بِصُوفِهَا وَشَعْرِهَا وَقُرُونِهَا إِذَا غُسِلَ بِالْمَاءِ» . يُوسُفُ بْنُ السَّفَرِ مَتْرُوكٌ , وَلَمْ يَأْتِ بِهِ غَيْرُهُ

Sunan Daruquthni 113: Abu Thalhah Ahmad bin Muhammad bin Abdul Karim mengabarkan kepada kami, Sa'd bin Muhammad mengabarkan kepada kami di Beirut, Abu Ayyub Sulaiman bin Abdurrahman mengabarkan kepada kami, Yusuf bin As-Safar mengabarkan kepada kami, Al Auza'i mengabarkan kepada kami, dari Yahya bin Abu Katsir, dari Abu Salamah bin Abdurrahman, ia mengatakan, "Aku mendengar Ummu Salamah, istri Nabi SAW, mengatakan, 'Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Tidak apa-apa (memanfaatkan) kulit binatang yang telah mati bila telah disamak. Dan tidak apa-apa juga (memanfaatkan) bulu, rambut dan tanduknya bila telah dicuci dengan air'."* Yusuf bin As-Safar adalah seorang yang matruk (haditsnya ditinggalkan), dan tidak ada yang mengemukakan riwayat ini selain dia.

Grade

Sunan Daruquthni #114

سنن الدارقطني ١١٤: نا عَبْدُ الْبَاقِي بْنُ قَانِعٍ , نا إِسْمَاعِيلُ بْنُ الْفَضْلِ , نا سُلَيْمَانُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ , نا يُوسُفُ بْنُ السَّفَرِ , بِهَذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ سَوَاءً

Sunan Daruquthni 114: Abdul Baqi bin Qani' mengabarkan kepada kami, Isma'il bin Al Fadhl mengabarkan kepada kami, Sulaiman bin Abdurrahman mengabarkan kepada kami, Yusuf bin AsSafar mengabarkan kepada kami dengan isnad ini sama seperti itu.

Grade

Sunan Daruquthni #115

سنن الدارقطني ١١٥: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ إِسْمَاعِيلَ الْأَيْلِيُّ , نا أَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْبُسْرِيُّ , نا مُحَمَّدُ بْنُ آدَمَ , نا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ , عَنْ أَخِيهِ عَبْدِ الْجَبَّارِ بْنِ مُسْلِمٍ , عَنِ الزُّهْرِيِّ , عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ , عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , قَالَ: «إِنَّمَا حَرَّمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْمَيْتَةِ لَحْمَهَا وَأَمَّا الْجِلْدُ وَالشَّعْرُ وَالصُّوفُ فَلَا بَأْسَ بِهِ» عَبْدُ الْجَبَّارِ ضَعِيفٌ

Sunan Daruquthni 115: Muhammad bin Ali bin Isma'il Al Aili menceritakan kepada kami, Ahmad bin Ibrahim Al Busri mengabarkan kepada kami, Muhammad bin Adam mengabarkan kepada kami, Al Walid bin Muslim mengabarkan kepada kami, dari saudaranya, yakni Abdul Jabbar bin Muslim, dari Az-Zuhri, dari Ubaidullah bin Abdullah, dari Ibnu Abbas, ia mengatakan, "Sesungguhnya yang diharamkan Rasulullah SAW dari bangkai adalah dagingnya. Adapun kulit, rambut dan bulunya, tidak apa-apa." Abdul Jabbar lemah.

Grade

Sunan Daruquthni #116

سنن الدارقطني ١١٦: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ , نا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ الْعَابِدُ , نا عَبَّادُ بْنُ عَبَّادٍ , حَدَّثَنِي شُعْبَةُ , عَنْ أَبِي قَيْسٍ الْأَوْدِيِّ , عَنْ هُزَيْلِ بْنِ شُرَحْبِيلَ , عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ , أَوْ زَيْنَبَ , أَوْ غَيْرِهِمَا مِنْ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , أَنَّ مَيْمُونَةَ مَاتَتْ شَاةٌ لَهَا , فَقَالَ لَهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَلَا اسْتَمْتَعْتُمْ بِإِهَابِهَا؟» , فَقَالَتْ: يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ نَسْتَمْتِعُ بِهَا وَهِيَ مَيْتَةٌ , فَقَالَ: «طَهُورُ الْأُدْمِ دِبَاغُهُ» . وَقَالَ غَيْرُهُ , عَنْ شُعْبَةَ , عَنْ أَبِي قَيْسٍ , عَنْ هُزَيْلِ بْنِ شُرَحْبِيلَ , عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: كَانَتْ لَنَا شَاةٌ فَمَاتَتْ

Sunan Daruquthni 116: Abdullah bin Muhammad bin Abdul Aziz Al Aufi menceritakan kepada kami, Yahya bin Ayyub Al Abid mengabarkan kepada kami, Abbad bin Abbad mengabarkan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepadaku, dari Abu Qais Al Audi, dari Huzail bin Syurahbil, dari Ummu Salamah atau Zainad atau yang lainnya di antara para istri Nabi SAW: Bahwa kambing milik Maimunah mati, lalu Rasulullah SAW berkata kepadanya, "Mengapa kalian tidak memanfaatkan kulitnya." Ia menjawab, "Wahai Rasulullah! Bagaimana kami memanfaatkannya padahal ia telah mati?" Beliau bersabda, "Penyucian kulit adalah dengan menyamaknya." Yang lainnya mengatakan: Dari Syu'bah, dari Abu Qais, dari Huzail bin Syurahbil, dari salah seorang istri Nabi SAW: "Kami memiliki seekor kambing, lalu kambing itu mati."

Grade

Sunan Daruquthni #117

سنن الدارقطني ١١٧: نا مُحَمَّدُ بْنُ نُوحٍ الْجُنْدِيسَابُورِيُّ , نا عَلِيُّ بْنُ حَرْبٍ , نا سُلَيْمَانُ بْنُ أَبِي هَوْذَةَ , نا زَافِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ , عَنْ أَبِي بَكْرٍ الْهُذَلِيِّ , أَنَّ الزُّهْرِيَّ حَدَّثَهُمْ , عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ , عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: « {قُلْ لَا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلِي طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ} أَلَا كُلُّ شَيْءٍ مِنَ الْمَيْتَةِ حَلَالٌ إِلَّا مَا أُكِلَ مِنْهَا , فَأَمَّا الْجِلْدُ وَالْقَرْنُ وَالشَّعْرُ وَالصُّوفُ وَالسِّنُّ وَالْعَظْمُ فَكُلُّ هَذَا حَلَالٌ لِأَنَّهُ لَا يُذَكَّى» . أَبُو بَكْرٍ الْهُذَلِيُّ مَتْرُوكٌ

Sunan Daruquthni 117: Muhammad bin Nuh Al Jundaisaburi menceritakan kepada kami, Ali bin Harb mengabarkan kepada kami, Sulaiman bin Abu Haudzah mengabarkan kepada kami, Zafir bin Sulaiman mengabarkan kepada kami, dari Abu Bakar Al Hudzali, bahwa AzZuhri menyampaikan kepada mereka, dari Ubaidullah bin Abdullah, dari Ibnu Abbas, ia mengatakan, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Katakanlah, 'Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bpgi orang yang hendak memakannya.' (Qs. Al An'aam [6]: 145) Ketahuilah bahwa segala sesuatu dari bangkai adalah halal kecuali yang dimakan. Adapun kulit, tanduk, rambut, bulu, gigi dan tulang, semua itu halal karena tidak dapat disembelih." Abu Bakar Al Hudzali adalah seorang yang matruk (haditsnya ditinggalkan).

Grade

Sunan Daruquthni #118

سنن الدارقطني ١١٨: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ النَّيْسَابُورِيُّ , نا مُحَمَّدُ بْنُ عَقِيلِ بْنِ خُوَيْلِدٍ , نا حَفْصُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ , نا إِبْرَاهِيمُ بْنُ طَهْمَانَ , عَنْ أَيُّوبَ , عَنْ نَافِعٍ , عَنِ ابْنِ عُمَرَ , قَالَ: قَالَ رَسُولُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَيُّمَا إِهَابٍ دُبِغَ فَقَدْ طَهُرَ» . إِسْنَادٌ حَسَنٌ

Sunan Daruquthni 118: Abu Bakar An-Naisaburi menceritakan kepada kami, Muhammad bin Aqil bin Khuwailid mengabarkan kepada kami, Hafsh bin Abdullah mengabarkan kepada kami, Ibrahim bin Thahman mengabarkan kepada kami, dari Ayyub, dari Nafi', dari Ibnu Umar, ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Kulit manapun yang telah disamak, maka telah suci'." Isnadnya hasan.

Grade

Sunan Daruquthni #119

سنن الدارقطني ١١٩: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ هَارُونَ بْنِ مَرْدَانْشَاهَ , وَمُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ , قَالَا: نا إِسْحَاقُ بْنُ أَبِي إِسْحَاقَ الصَّفَّارُ , نا الْوَاقِدِيُّ , نا مُعَاذُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْأَنْصَارِيُّ , عَنْ عَطَاءٍ الْخُرَاسَانِيِّ , عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ , عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ , عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «دِبَاغُ جُلُودِ الْمَيْتَةِ طَهُورُهَا»

Sunan Daruquthni 119: Isma'il bin Harun bin Mardansyah dan Muhammad bin Makhlad menceritakan kepada kami, keduanya mengatakan: Ishaq bin Abu Ishaq Ash-Shaffar mengabarkan kepada kami, Al Waqidi mengabarkan kepada kami, Mu'adz bin Muhammad Al Anshari mengabarkan kepada kami, dari 'Atha' Al Khurasani, dari Sa'id bin Al Musayyab, dari Zaid bin Tsabit, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Penyamakan kulit binatang yang telah mati adalah penyuciannya."

Grade

Sunan Daruquthni #120

سنن الدارقطني ١٢٠: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ حُبَيْشٍ , نا أَحْمَدُ بْنُ الْقَاسِمِ بْنِ مُسَاوِرٍ , نا سُوَيْدٌ , نا الْقَاسِمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ , عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ , عَنِ ابْنِ عُمَرَ , أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ عَلَى شَاةٍ , فَقَالَ: «مَا هَذِهِ؟» , قَالُوا: مَيْتَةٌ , قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «ادْبُغُوا إِهَابَهَا , فَإِنَّ دِبَاغَهُ طَهُورُهُ» . الْقَاسِمُ ضَعِيفٌ

Sunan Daruquthni 120: Muhammad bin Ali bin Hubaisy menceritakan kepada kami, Ahmad bin Al Qasim bin Musawir mengabarkan kepada kami, Suwaid mengabarkan kepada kami, Al Qasim bin Abdullah mengabarkan kepada kami, dari Abdullah bin Dinar, dari Ibnu Umar: Bahwa Nabi SAW melewati kambing, beliau pun bertanya, "Apa ini?" Mereka menjawab, "Itu sudah mati." Nabi SAW bersabda, "Samaklah kulitnya, karena menyamaknya berarti menyucikannya." Al Qashim adalah seorang yang lemah.

Grade