كِتَابُ الصَّلَاةِ

Kitab Shalat

Shahih Ibnu Khuzaimah #501

صحيح ابن خزيمة ٥٠١: نا حَوْثَرَةُ بْنُ مُحَمَّدٍ أَبُو الْأَزْهَرِ، نا أَبُو أُسَامَةَ، نا عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنِي الْعَلَاءُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَعْقُوبَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَا أَنْزَلَ اللَّهُ فِي التَّوْرَاةِ، وَلَا فِي الْإِنْجِيلِ، وَلَا فِي الْقُرْآنِ مِثْلَ أُمِّ الْكِتَابِ، وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي»

Shahih Ibnu Khuzaimah 501: Hautsarah bin Muhammad Abui Azhar mengabarkan kepada kami, Abu Usamah mengabarkan kepada kami, Abdul Hamid bin Ja’far mengabarkan kepada kami, Al Ala' bin Abdurrahman bin Ya’kub menceritakan kepadaku dari ayahnya dari Abu Hurairah dari Ubai bin Ka’ab, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak menurunkan surat di dalam Taurat, Injil dan Al Qur'an seperti surat Al Fatihah. Al Fatihah adalah Assab’ul Matsani.” 636

Shahih Ibnu Khuzaimah #502

صحيح ابن خزيمة ٥٠٢: نا عُتْبَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْيَحْمَدِيُّ قَالَ: قَرَأْتُ عَلَى مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا السَّائِبِ مَوْلَى هِشَامِ بْنِ زُهْرَةَ يَقُولُ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ صَلَّى صَلَاةً لَمْ يَقْرَأْ بِأُمِّ الْقُرْآنِ فَهِيَ خِدَاجٌ، فَهِيَ خِدَاجٌ، فَهِيَ خِدَاجٌ غَيْرُ تَمَامٍّ» ، فَقُلْتُ: يَا أَبَا هُرَيْرَةَ، إِنِّي أَكُونُ أَحْيَانًا وَرَاءَ الْإِمَامِ، فَغَمَزَ ذِرَاعِي، وَقَالَ: اقْرَأْ بِهَا يَا فَارِسِيُّ فِي نَفْسِكَ، فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: قَسَمْتُ الصَّلَاةَ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي نِصْفَيْنِ، فَنِصْفُهَا لِي وَنِصْفُهَا لِعَبْدِي، يَقُولُ الْعَبْدُ: {الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ} [الفاتحة: 2] يَقُولُ اللَّهُ: حَمِدَنِي عَبْدِي، يَقُولُ الْعَبْدُ: {الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ} [الفاتحة: 1] ، يَقُولُ اللَّهُ: أَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِي، يَقُولُ الْعَبْدُ: {مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ} ، يَقُولُ اللَّهُ: مَجَّدَنِي عَبْدِي، وَهَذِهِ الْآيَةُ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي، يَقُولُ الْعَبْدُ: {إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ} [الفاتحة: 5] ، فَهَذِهِ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي، وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ، يَقُولُ الْعَبْدُ {اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ} [الفاتحة: 7] ، فَهُوَ لِعَبْدِي، وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ "

Shahih Ibnu Khuzaimah 502: Atabah bin Abdullah Al Yahmadi mengabarkan kepada kami, ia berkata, aku membaca pada Malik bin Anas dari Al Ala' bin Abdurrahman, sesungguhnya ia mendengar Abu As-Saib —hamba sahaya Hisyam bin Jahrah— berkata, aku mendengar Abu Hurairah berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang melaksanakan shalat dan di dalamnya tidak dibacakan Ummul Qur'an, maka shalatnya kurang, maka shalatnya kurang. Shalatnya kurang tidak sempurna.” Aku katakan, ‘"Wahai Abu Hurairah sesungguhnya aku terkadang berada di belakang imam.” Lalu ia menarik lenganku dan berkata, 'Bacalah surah Al Fatihah wahai orang Persia pada dirimu. Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah SWT berfirman, ’Aku membagi shalat antara diri-Ku dan hamba-Ku dua bagian. Sebagian shalat untuk-Ku dan sebagian shalat lainnya untuk hamba-Ku. Seorang hamba berkata, 'Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam’ Allahu SWT berfirman, ‘Hamba-ku memujiku.’ Seorang hamba berkata, ‘Maha pemurah lagi Maha Penyayang’, Allah SWT berfirman, 'Hamba-ku memuji kepadaku.’ Seorang hamba berkata, ‘ Yang menguasai hari pembalasan.’ Allah SWT berfirman, 'Hamba-Ku mengagungkanku.' Ayat ini di antara diri-Ku dan hamba-Ku. Seorang hamba berkata, ‘Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.' Ayat ini di antara diri-Ku dan hamba-Ku serta hamba-Ku berhak atas apa yang ia minta Seorang hamba berkata, Tunjukilah kami jalan yang lurus; (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai (Yahudi) dan bukan (jalan pula) mereka yang sesat (Nasrani).’ Maka ia untuk hamba-Ku dan hamba-Ku berhak atas apa yang ia minta."637

Shahih Ibnu Khuzaimah #503

صحيح ابن خزيمة ٥٠٣: حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، وَمُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ قَالَا: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، أَخْبَرَنَا هَمَّامٌ، وَأَبَانُ بْنُ يَزِيدَ جَمِيعًا عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ «يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ مِنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَةٍ، وَيُسْمِعُنَا الْآيَةَ أَحْيَانًا، وَيَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُخْرَيَيْنِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: كُنْتُ أَحْسَبُ زَمَانًا أَنَّ هَذَا الْخَبَرَ فِي ذِكْرِ قِرَاءَةِ فَاتِحَةِ الْكِتَابِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُخْرَيَيْنِ مِنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ لَمْ يَرْوِهِ غَيْرُ أَبَانَ بْنِ يَزِيدَ، وَهَمَّامُ بْنُ يَحْيَى عَلَى مَا كُنْتُ أَسْمَعُ أَصْحَابَنَا مِنْ أَهْلِ الْآثَارِ يَقُولُونَ، فَإِذَا الْأَوْزَاعِيُّ مَعَ جَلَالَتِهِ قَدْ ذَكَرَ فِي خَبَرِهِ هَذِهِ الزِّيَادَةَ

Shahih Ibnu Khuzaimah 503: Yakub bin Ibrahim Ad- Dauraqi dan Muhammad bin Rafi' menceritakan kepada kami, keduanya berkata, Yazid bin Harun menceritakan kepada kami, Hamman dan Aban bin Yazid mengabarkan kepada kami. Semuanya berasal dari Yahya bin Abu Katsir dari Abdullah bin Abu Qatadah dari ayahnya: Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah membaca di dalam dua rakaat shalat Zhuhur dan Ashar, surah Al Fatihah dan satu surat di mana Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam terkadang memperdengarkannya kepada kita, dan [dalam] dua rakaat terakhir membaca Al Fatihah. Abu Bakar berkata, “Aku mengira dari dahulu bahwa hadits ini yang menyebutkan bacaan Al Fatihah dalam dua rakaat terakhir shalat Zhuhur dan Ashar, dimana hadits tersebut tidak diriwayatkan kecuali oleh Aban bin Yazid dan Hamman bin Yahya dari apa yang aku dengar dari para pengikut kami yang merupakan pakar hadits. (67-ba’) Mereka berkata, “Al Auza'i dengan kebesaran jiwanya telah menyebutkan redaksi tambahan dalam hadits ini. 638

Shahih Ibnu Khuzaimah #504

صحيح ابن خزيمة ٥٠٤: قَالَ: كَذَلِكَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَيْمُونٍ الْمَكِّيُّ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «يُصَلِّي بِنَا الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ، فَيَقْرَأُ فِي الْأُولَيَيْنِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَةٍ مَعَهَا، وَفِي الْأُخْرَيَيْنِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ، وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الْأُولَى وَيُسْمِعُنَا الْآيَةَ أَحْيَانًا»

Shahih Ibnu Khuzaimah 504: Berkata, demikian pula Muhammad bin Maimun Al Makki menceritakan kepada kami, Yahya bin Katsir menceritakan kepada kami dari Abdullah bin Abu Qatadah dari ayahnya, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah melaksanakan shalat Zhuhur dan Ashar bersama kami, kemudian beliau membaca Fatihah dan surat lain bersamanya, dan dalam dua rakaat terakhir beliau membaca Al Fatihah saja. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memanjangkan bacaan pada rakaat pertama dan terkadang memperdengarkan satu ayat kepada kami.” 639

Shahih Ibnu Khuzaimah #505

صحيح ابن خزيمة ٥٠٥: نا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ بْنِ كُرَيْبٍ، نا أَبُو أُسَامَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، حَدَّثَنَا عُمَارَةُ بْنُ عُمَيْرٍ، ح وَحَدَّثَنَا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، نا الْأَعْمَشُ، وَحَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ، وَسَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، ح وَحَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، نا أَبُو مُعَاوِيَةَ، نا الْأَعْمَشُ، عَنْ عُمَارَةَ بْنِ عُمَيْرٍ، عَنْ أَبِي مَعْمَرٍ قَالَ: سَأَلْنَا خَبَّابًا، أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ؟ قَالَ: «نَعَمْ» ، قُلْنَا: بِأَيِّ شَيْءٍ عَلِمْتُمْ؟ قَالَ: «بِاضْطِرَابِ لِحْيَتِهِ» وَقَالَ الدَّوْرَقِيُّ وَالْمَخْزُومِيُّ وَأَبُو كُرَيْبٍ: بِاضْطِرَابِ لِحْيَتِهِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 505: Muhammad bin Al Ala' bin Kuraib mengabarkan kepada kami, Abu Usamah mengabarkan kepada kami dari Al A'masy, Umarah bin Umair menceritakan kepada kami, Ha', Abdul Jabar bin Al A'la' menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, Al Amasy menceritakan kepada kami, Ahmad bin Abdah dan Said bin Abdurrahman Al Makhzumi menceritakan kepada kami, keduanya berkata, Sufyan bin Uyainah dari Al A'masy, Ha', Ya'kub bin Ibrahim, Ad-Dauraqi menceritakan kepada kami, Abu Muawiyah menceritakan kepada kami, Al A'masy menceritakan kepada kami dari Umarah bin Umair dari Abu Ma’mar, ia berkata: Kami pernah bertanya kepada Khabbab, “Apakah Rasulullah membaca bacaan Al Qur'an dalam shalat Zhuhur dan Ashar?” Ia berkata, “Yah!” Kami tanyakan, “Dengan apa kalian mengetahuinya?” Ia menjawab, “Dengan gerakan jenggot beliau.” 640 Ad-Daruqi, Al Makhzumi dan Abu Karib juga berkata, “Dengan gerakan jenggot beliau.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #506

صحيح ابن خزيمة ٥٠٦: نا يَعْقُوبُ الدَّوْرَقِيُّ، وَسَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ قَالَا: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ قَالَ الدَّوْرَقِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ، وَقَالَ سَلْمٌ: عَنِ الْأَعْمَشِ بِهَذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ، وَقَالَ: بِاضْطِرَابِ لِحْيَتِهِ نا بِشْرُ بْنُ خَالِدٍ الْعَسْكَرِيُّ، نا مُحَمَّدٌ يَعْنِي ابْنَ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ سُلَيْمَانَ قَالَ: سَمِعْتُ عُمَارَةَ بْنَ عُمَيْرٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ، وَقَالَ: لِحْيَتِهِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 506: Ya'kub Ad-Dauraqi dan Salam bin Junadah mengabarkan kepada kami, keduanya berkata, Waqi' menceritakan kepada kami, Ad-Dauraqi berkata, Ia berkata, Al A'masy menceritakan kepada kami, Salam berkata, dari Al A'masy, dengan sanad sejenisnya, dan ia berkata, “Dengan gerakan jenggot beliau.“ 641 Basyir bin Khalid Al Askari mengabarkan kepada kami, Muhammad —maksudnya adalah Ibnu Ja’far— menceritakan kepada kami, Syu’bah menceritakan kepada kami dari Sulaiman, ia berkata, Aku mendengar Umarah bin Umair dengan sanad ini. Hadits sejenis, dan ia berkata, “Jenggot beliau.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #507

صحيح ابن خزيمة ٥٠٧: نا عَلِيُّ بْنُ سَهْلٍ الرَّمْلِيُّ، نا الْوَلِيدُ يَعْنِي ابْنَ مُسْلِمٍ، حَدَّثَنِي أَبُو عَمْرٍو وَهُوَ الْأَوْزَاعِيُّ حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ، ح وَحَدَّثَنَا بَحْرُ بْنُ نَصْرٍ الْخَوْلَانِيُّ، نا بِشْرُ بْنُ بَكْرٍ، نا الْأَوْزَاعِيُّ، حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ، حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي قَتَادَةَ، حَدَّثَنِي أَبِي، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ «يَقْرَأُ بِأُمِّ الْقُرْآنِ، وَسُورَتَيْنِ مَعَهَا فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنْ صَلَاةِ الظُّهْرِ وَصَلَاةِ الْعَصْرِ، وَيُسْمِعُنَا الْآيَةَ أَحْيَانًا، وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنْ صَلَاةِ الظُّهْرِ» قَالَ عَلِيُّ بْنُ سَهْلٍ، عَنْ أَبِيهِ وَقَالَ أَيْضًا: يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنْ صَلَاةِ الظُّهْرِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 507: Abu Thahir mengabarkan kepada kami, Abu Bakar mengabarkan kepada kami, Ali bin Sahi Ar-Ramli mengabarkan kepada kami, Al Walid yaitu Ibnu Muslim mengabarkan kepada kami, Abu Amr menceritakan kepadaku ia adalah Al Auzai Yahya bin Abu Katair menceritakan kepadaku, Ha’, Bahr bin Naahir Al Khaulani menceritakan kepadaku, Baayar bin Bakar menceritakan kepada kami, Al Auza i menceritakan kepada kami, Yahya bin Abu Katsir menceritakan kepadaku, Abdullah bin Abu Qatadah menceritakan kepadaku, Ayahku menceritakan kepadaku, “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca Al Fatihah dan dua surat secara bersamaan dalam dua Rakaat pertama dari shalat Zhuhur dan Ashar, dan Raaulullah terkadang memperdengarkan bacaan satu ayat kepada kami. Raaulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memperpanjang waktu pada rakaat pertama ahalat Zhuhur” 642 Ali bin Sahi berkata: Dari ayahnya dan ia juga berkala, “Raaulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memperpanjang waktu pada rakaat pertama shalat Zhuhur”

Shahih Ibnu Khuzaimah #508

صحيح ابن خزيمة ٥٠٨: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْمَلَكِ بْنُ عُمَيْرٍ، ح وَحَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ، أَنَّ أَهْلَ الْكُوفَةِ شَكَوْا سَعْدًا إِلَى عُمَرَ، فَذَكَرُوا مِنْ صَلَاتِهِ، فَأَرْسَلَ إِلَيْهِ عُمَرُ، فَقَدِمَ عَلَيْهِ، فَذَكَرَ لَهُ مَا عَابُوهُ مِنْ أَمْرِ الصَّلَاةِ، فَقَالَ: " إِنِّي لَأُصَلِّي بِهِمْ صَلَاةَ رَسُولِ اللَّهِ، فَمَا أَخْرِمُ عَنْهَا، إِنِّي لَأَرْكُدُ بِهِمْ فِي الْأُولَيَيْنِ، وَأَحْذِفُ بِهِمْ فِي الْأُخْرَيَيْنِ، فَقَالَ لَهُ عُمَرُ: ذَاكَ الظَّنُّ بِكَ يَا أَبَا إِسْحَاقَ " هَذَا حَدِيثُ الدَّوْرَقِيِّ، وَقَالَ الْمَخْزُومِيُّ: وَأُخَفِّفُ الْأُخْرَيَيْنِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 508: Ya’kub bin Ibrahim Ad-Dauraqi mengabarkan kepada kami, Husyaim menceritakan kepada kami, Ha’, Abdul Malik bin Umair mengabarkan kepada kami, Ha’, Said bin Abdurrahman Al Makhzumi menceritakan kepada kami, Sufyan bin Uyainah menceritakan kepada kami, dari Abdul Malik bin Umair, dari Jabir bin Samrah: Sesungguhnya penduduk Kufah mengadukan Sa'ad kepada Umar. Mereka menyebutkan masalah shalat yang dilaksanakan Saad, kemudian Umar mengirim seorang utusan untuk mendatanginya dan menyebutkan apa yang mereka anggap sebagai cacat pada Saad berkenaan dengan masalah shalat tersebut. Sa'ad berkata, "'Sesungguhnya aku akan melaksanakan shalat seperti yang dilaksanakan oleh Rasulullah bersama mereka dan aku tidak akan merusak shalat tersebut, Sesungguhnya aku ingin berdiam lama bersama mereka dalam dua rakaat pertama dan menghilangkannya (memendekkannya) bersama mereka pada dua rakaat terakhir." Umar berkata kepada Sa'ad, "Itu hanya asumsimu saja wahai Abu Ishaq.” 643 Ini adalah hadits Ad-Dauraqi. Al Makhzumi berkata, "Dan, aku meringankan (memendekkan) bacaan pada dua rakaat terakhir."

Shahih Ibnu Khuzaimah #509

صحيح ابن خزيمة ٥٠٩: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، وَأَبُو هَاشِمٍ زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ، وَأَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ قَالُوا: حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، أَخْبَرَنَا مَنْصُورٌ وَهُوَ ابْنُ زَاذَانَ، عَنِ الْوَلِيدِ بْنِ مُسْلِمٍ وَهُوَ أَبُو بِشْرٍ، عَنْ أَبِي الصِّدِّيقِ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ: " كُنَّا نَحْزِرُ قِيَامَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الظُّهْرِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ قَدْرَ قِرَاءَةِ ثَلَاثِينَ آيَةً قَدْرَ قِرَاءَةِ الم تَنْزِيلُ السَّجْدَةِ قَالَ: وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الْأُخْرَيَيْنِ عَلَى النِّصْفِ مِنْ ذَلِكِ قَالَ: وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الْأُولَيَيْنِ مِنَ الْعَصْرِ عَلَى النِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ " هَذَا لَفْظُ حَدِيثِ زِيَادِ بْنِ أَيُّوبَ

Shahih Ibnu Khuzaimah 509: Ya’kub bin Ibrahim Ad Dauruqi dan Abu Hasyim Ziad bin Ayub serta Ahmad bin Mani’ mengabarkan kepada kami. Mereka berkata, Husyaim menceritakan kepada kami, Manshur mengabarkan kepada kami —ia adalah Ibnu Zadzan— dari Al Walid bin Muslim —ia adalah Abu Basyar— dari Abu Ash-Shadiq dari Abu Said Al Khudri, ia berkata, “Kami mengukur lamanya waktu berdiri Rasulullah saat melaksanakan shalat Zhuhur; yaitu di dalam dua rakaat pertama adalah sepanjang lamanya bacaan tiga puluh ayat Al Qur'an, yaitu seukuran panjangnya bacaan alim lam mim sajadah." Ia berkata, “Kami mengukur lamanya waktu berdiri Rasulullah di dalam dua rakaat terakhir adalah sepanjang separuh dari bacaan tersebut (lam mim sajadah).” Ia berkata, 'Kami mengukur lama waktu berdiri Rasulullah dalam dua rakaat pertama shalat Ashar adalah sepanjang separuh dari bacaan tersebut.” 644 Ini adalah redaksi hadits Ziad bin Ayub.

Shahih Ibnu Khuzaimah #510

صحيح ابن خزيمة ٥١٠: نا يَحْيَى بْنُ حَكِيمٍ، وَيَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، نا شُعْبَةُ، عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ قَالَ: سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ سَمُرَةَ يَقُولُ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ بِـ اللَّيْلِ إِذَا يَغْشَى، وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا وَنَحْوِهَا، وَيَقْرَأُ فِي الصُّبْحِ بِأَطْوَلَ مِنْ ذَلِكَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 510: Yahya bin Hakim dan Ya’kub bin Ibrahim Ad-Dauraqi mengabarkan kepada kami, keduanya berkata, Abu Daud menceritakan kepada kami, Syu’bah mengabarkan kepada kami, dari Simak bin Harb, ia berkata: Aku mendengar Jabir bin Samurah berkata, “Rasulullah di dalam shalat dzuhur dan ashar membaca surat Wallaili idzaa yaghsyaa dan Wasyamsi wa dhuhaaha serta surat-surat sejenisnya dan membaca surat yang lebih panjang dari itu di dalam shalat Subuh.”" 645