صحيح ابن خزيمة ٥١١: نا مُحَمَّدُ بْنُ حَرْبٍ الْوَاسِطِيُّ، حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ، عَنْ حُسَيْنِ بْنِ وَاقِدٍ قَاضِي مَرْوَ قَالَ: أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ بُرَيْدَةَ الْأَسْلَمِيُّ، عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ «يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ بِـ إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ وَنَحْوِهَا»
Shahih Ibnu Khuzaimah 511: Muhammad bin Harb Al wasithi mengabarkan kepada kami, Zaid bin Al Hubab menceritakan kepada kami dari Hushain bin Waqid —seorang hakim di kawasan Marwa— ia berkata: Abdullah bin Buraidah Al Aslami mengabarkan kepadaku dari ayahnya, “Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam di dalam shalat Zhuhur membaca Idzas-samaaun syaqqat dan surat sejenisnya.“ 646
صحيح ابن خزيمة ٥١٢: نا مُحَمَّدُ بْنُ مَعْمَرِ بْنِ رِبْعِيٍّ الْقَيْسِيُّ، نا رَوْحُ بْنُ عِبَادَةَ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، ثنا قَتَادَةُ، وَثَابِتٌ، وَحُمَيْدٌ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهُمْ كَانُوا «يَسْمَعُونَ مِنْهُ النَّغَمَةَ فِي الظُّهْرِ بِـ سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى، وَهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 512: Muhammad bin Ma’mar bin Rib’i Al Qaisi mengabarkan kepada kami, Rauh bin Ibadah mengabarkan kepada kami, Hammad bin Salamah menceritakan kepada kami, Qatadah. Tsabit dan Humaid menceritakan kepada kami dari Anas bin Malik, dari Nabi SAW; Sesungguhnya mereka mendengarkan dari beliau bunyi bacaan surat di dalam shalat Zhuhur berupa sabbihisma rabbikal a 'laa dan hal ataaka hadiitsul ghaasyiyah.647
صحيح ابن خزيمة ٥١٣: نا مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ، وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا أَبُو مَعْمَرٍ، نا عَبْدُ الْوَارِثِ، نا حَنْظَلَةُ السَّدُوسِيُّ قَالَ: قُلْتُ لِعِكْرِمَةَ: رُبَّمَا " قَرَأْتُ فِي صَلَاةِ الْمَغْرِبِ بِـ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ، وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ، وَإِنَّ نَاسًا يَعِيبُونَ ذَاكَ عَلَيَّ قَالَ: «سُبْحَانَ اللَّهِ، وَمَا بَأْسُ ذَاكَ؟ اقْرَأْ بِهِمَا فَإِنَّهُمَا مِنَ الْقُرْآنِ» ، ثُمَّ قَالَ: حَدَّثَنِي ابْنُ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ جَاءَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ لَمْ يَقْرَأْ فِيهِمَا إِلَّا بِأُمِّ الْكِتَابِ " هَذَا حَدِيثُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى وَقَالَ مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ: وَأَنَّ أَقْوَامًا يَعِيبُونَ، وَلَمْ يَقُلْ: وَمَا بَأْسُ ذَاكَ؟ وَقَالَ: حَدَّثَنِي ابْنُ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ لَمْ يُقْرَأْ فِيهِمَا إِلَّا بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ لَمْ يَزِدْ عَلَى ذَلِكَ شَيْئًا
Shahih Ibnu Khuzaimah 513: Muhammad bin Ziad bin mengabarkan kepada kami. Muhammad bin Yahya menceritakan kepada kami. Abu Ma'mar mengabarkan kepada kami. Abdul Warits mengabarkan kepada kami. Handzalah As-Sadusi mengabarkan kepada kami. aku panah mengatakan kepada Ikrimah. 'Terkadang dalam shalat maghrib aku membaca Qul Audzu Birrabbil Falaq dan Qul Audzu birrabbinnaas dan sesungguhnya banyak orang menganggap buruk hal tersebut atasku? ” Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda. 'Maha suci Allah! dan hal tersebut, tidaklah mengapa. Bacalah kedua surat tersebut karena sesungguhnya keduanya merupakan bagian dari Al Qur an'.” Kemudian ia berkala. "Ibnu Abbas menceritakan kepadaku sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah datang, kemudian beliau melaksanakan shalat dua rakaat dan tidaklah pada dua rakaat tersebut beliau membaca kecuali Ummul Kitab” 648 Ini adalah hadits Muhammad bin Yahya. Muhammad bin Ziad berkata. “Dan. sesungguhnya banyak kaum menganggap buruk dan Rasulullah tidak mengatakan bahwa hal tersebut tidak apa-apa.” Lalu ia berkata, "Ibnu Abbas menceritakan kepadaku, sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berdiri, lalu beliau melaksanakan shalat dua rakaat dan tidaklah dalam dua rakaat tersebut beliau membaca surat kecuali Al Faatihah. dan beliau tidak menambahkan bacaan surat lain sama sekali.
صحيح ابن خزيمة ٥١٤: نا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ: سَمِعْتُ الزُّهْرِيَّ يَقُولُ أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْمَغْرِبِ بِـ الطُّورِ " نا عَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ، وَسَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ، عَنْ أَبِيهِ، ح وَثنا بُنْدَارٌ، حَدَّثَنَا يَحْيَى، حَدَّثَنَا مَالِكٌ، حَدَّثَنِي الزُّهْرِيُّ، عَنِ ابْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ، عَنْ أَبِيهِ مِثْلَهُ
Shahih Ibnu Khuzaimah 514: Abdul Jabar Al Ala mengabarkan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, ia berkata, Aku mendengar Az-Zuhri berkata, Muhammad bin Zubair bin Muth’im mengabarkan kepadaku dari ayahnya. Sesungguhnya ia mendengar Nabi di dalam shalat maghrib membaca surah Ath-Thur649 Ali bin Khasyram dan Said bin Abdurrahman Al Makhzumi mengabarkan kepada kami, keduanya berkata, Ibnu Uyainah menceritakan kepada kami, dari Az-Zuhri dari Muhammad bin Jubair (68-ba’) bin Muth’im dari ayahnya, Ha’, Bundar menceritakan kepada kami, Yahya menceritakan kepada kami, Malik menceritakan kepada kami, Az-Zuhri menceritakan kepadaku dari Ibnu Jubair bin Math’am dari ayahnya hadits sejenis.
صحيح ابن خزيمة ٥١٥: نا بُنْدَارٌ، نا أَبُو عَاصِمٍ، نا ابْنُ جُرَيْجٍ، عَنِ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ مَرْوَانَ بْنِ الْحَكَمِ، عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الْمَغْرِبِ بِطُولَى الطُّولَيَيْنِ»
Shahih Ibnu Khuzaimah 515: Bundar mengabarkan kepada kami, Abu Ashim mengabarkan kepada kami, Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami, dari Ibnu Mulaikah, dari Urwah bin Az-Zubair, dari Marwan bin Al Hakam, dari Zaid bin Tsabit, ia berkata, "Nabi di dalam shalat Maghrib membaca satu dari dua surat terpanjang." 650
صحيح ابن خزيمة ٥١٦: نا مُحَمَّدُ بْنُ مَعْمَرٍ الْقَيْسِيُّ، نا رَوْحُ بْنُ عِبَادَةَ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، وَحَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مَهْدِيٍّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ: سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ أَبِي مُلَيْكَةَ يَقُولُ: أَخْبَرَنِي عُرْوَةُ بْنُ الزُّبَيْرِ، أَخْبَرَنِي مَرْوَانُ بْنُ الْحَكَمِ قَالَ: قَالَ زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ: مَا لَكَ " تَقْرَأُ فِي الْمَغْرِبِ بِقِصَارِ الْمُفَصَّلِ، لَقَدْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ يَقْرَأُ فِي الْمَغْرِبِ بِطُولَى الطُّولَيَيْنِ قَالَ: قُلْتُ: وَمَا طُولَى الطُّولَيَيْنِ؟ قَالَ: الْأَعْرَافُ فَسَأَلْتُ ابْنَ أَبِي مُلَيْكَةَ، وَمَا الطُّولَيَانِ؟ فَقَالَ - مِنْ قِبَلِ رَأْيِهِ: الْأَنْعَامُ وَالْأَعْرَافُ " هَذَا لَفْظُ حَدِيثِ عَبْدِ الرَّزَّاقِ. وَفِي خَبَرِ رَوْحٍ قَالَ: أَخْبَرَنِي ابْنُ أَبِي مُلَيْكَةَ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ قَالَ مَرْوَانُ بْنُ الْحَكَمِ: قَالَ لِي زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ: قَالَ: سَمِعْتُ أَحْمَدَ بْنَ نَصْرٍ الْمُقْرِئَ يَقُولُ: أَشْتَهِي أَنْ أَقْرَأَ فِي الْمَغْرِبِ مَرَّةً بِالْأَعْرَافِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 516: Muhammad bin Ma’mar Al Qaisi mengabarkan kepada kami, Rauh bin Ibadah mengabarkan kepada kami dari Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami, Al Husein bin Mahdi menceritakan kepada kami, Abdur-Razaq menceritakan kepada kami, Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami, ia berkata, aku mendengar Abdullah bin Abu Mulaikah berkata, Urwah bin Zubair mengabarkan kepadaku, Marwan bin Al Hakam mengabarkan kepadaku, ia berkata: Zaid bin Tsabit berkata, "Mengapa engkau membaca surat-surat pendek di dalam shalat maghrib? Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di dalam shalat maghrib membaca salah satu dari dua surat terpanjang.” Ia berkata, “Apakah salah satu dari dua surat terpanjang itu?” Ia berkata, “Surah Al ‘Araaf." Aku bertanya kepada Ibnu Abu Malikah, “Apa yang dimaksud dengan dua surat terpanjang?” Ia berkata berdasarkan pandangannya, “Surat Al An 'aam dan Al ‘Araaf. Ini adalah redaksi hadits Abdur-Razaq. Dalam hadits Rauh, ia berkata, Ibnu Abu Mulaikah mengabarkan kepadaku, dari Urwah bin Az-Zubair. Marwan bin Al Hakam berkata, Zaid bin Tsabit berkata kepadaku. ia berkata, “Aku mendengar Ahmad bin Nasr Al Muqri berkata, “Dalam shalat maghrib terkadang aku ingin membaca surat Al Araaf.” 651
صحيح ابن خزيمة ٥١٧: نا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، نا مُحَاضِرٌ، نا هِشَامٌ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي الْمَغْرِبِ بِسُورَةِ الْأَعْرَافِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ كِلْتَيْهِمَا " قَالَ أَبُو بَكْرٍ: لَا أَعْلَمُ أَحَدًا تَابَعَ مُحَاضِرَ بْنَ الْمُوَرِّعِ في هَذَا الْإِسْنَادِ قَالَ أَصْحَابُ هِشَامٍ فِي هَذَا الْإِسْنَادِ، عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ أَوْ عَنْ أَبِي أَيُّوبَ، شَكَّ هِشَامٌ
Shahih Ibnu Khuzaimah 517: Muhammad bin Yahya mengabarkan kepada kami, Muhadhir mengabarkan kepada kami, Hisyam mengabarkan kepada kami dari ayahnya dari Zaid bin Tsabit; Sesungguhnya nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam di dalam shalat Maghrib membaca surat Al Araaf pada dua rakaat pertama berturut-turut. 652 Abu Bakar berkata, “Aku tidak mengetahui satu orang pun yang mengikuti Muhadhir bin Al Muwarri dengan sanad ini,“ Pengikut Hisyam di dalam sanad ini berkata, “Dari Zaid bin Tsabit atau dari Abu Ayub terdapat keraguan dari Hisyam.“
صحيح ابن خزيمة ٥١٨: نا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ بْنِ كُرَيْبٍ، نا أَبُو أُسَامَةَ، عَنْ هِشَامٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ أَبَا أَيُّوبَ، أَوْ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ - شَكَّ هِشَامٌ - قَالَ لِمَرْوَانَ - وَهُوَ أَمِيرُ الْمَدِينَةِ - " إِنَّكَ تُخِفُّ الْقِرَاءَةَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ مِنَ الْمَغْرِبِ، فَوَاللَّهِ، لَقَدْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِيهِمَا بِسُورَةِ الْأَعْرَافِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ جَمِيعًا، فَقُلْتُ لِأَبِي: مَا كَانَ مَرْوَانُ يَقْرَأُ فِيهِمَا؟ قَالَ: مِنْ طُوَلِ الْمُفَصَّلِ " وَهَكَذَا رَوَاهُ وَكِيعٌ، وَشُعَيْبُ بْنُ إِسْحَاقَ، عَنْ هِشَامٍ قَالَا: عِنْ زَيْدٍ أَوْ عَنْ أَبِي أَيُّوبَ
Shahih Ibnu Khuzaimah 518: Muhammad bin Al Ala' bin Kuraih mengabarkan kepada kami, Abu Usamah mengabarkan kepada kami dari Hisyam dari ayahnya, sesungguhnya Abu Ayub atau Zaid bin Tsabit —Hisyam ragu— ia berkata kepada Marwan —yang menjadi penguasa kota Madinah—, “Sesungguhnya engkau meringankan (memendekkan) bacaan surat dalam dua rakaat shalat Maghrib. Demi Allah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam dua rakaat tersebut membaca surah Al A'raaf hingga selesai." Lalu aku pertanyakan hal tersebut kepada ayahku. Marwan tidak pernah membacanya di dalam dua rakaat tersebut? Ia berkata, "Yang dibaca adalah surat yang panjang.” 653 Demikianlah Waqi’ dan Syuaib bin Ishaq meriwayatkan hadits dari Hisyam, keduanya berkata, “Menurut Zaid atau dari Abu Ayub.”
صحيح ابن خزيمة ٥١٩: نا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، نا وَكِيعٌ، ح نا أَبُو كُرَيْبٍ، نا شُعَيْبُ بْنُ إِسْحَاقَ، ح نا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ، نا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، أَخْبَرَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، ح وَحَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، ح وَحَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الزُّهْرِيُّ، نا سُفْيَانُ، نا الزُّهْرِيُّ، ح وَحَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ، أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، ح وَحَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، نا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ أُمِّهِ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّهَا سَمِعَتْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْمَغْرِبِ بِالْمُرْسَلَاتِ " هَذَا لَفْظُ حَدِيثِ الدَّوْرَقِيِّ غَيْرَ أَنَّ عَبْدَ الْجَبَّارِ لَمْ يَقُلْ: فِي الْمَغْرِبِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 519: Salm bin Junadah mengabarkan kepada kami, Waqi’ mengabarkan kepada kami, Abu Kuraib mengabarkan kepada kami, Syuaib bin Ishaq mengabarkan kepada kami. Abdul Jabar bin Al Ala' mengabarkan kepada kami, Ubaidullah bin Abdullah mengabarkan kepada kami, Ha', Said bin Abdurrahman Al Makhzumi menceritakan kepada kami, Sufyan mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri, Ha', Abdullah bin Muhammad Az-Zuhri menceritakan kepada kami, Sufyan mengabarkan kepada kami, Ha', Ali bin Khasyram menceritakan kepada kami, Ibnu Uyainah mengabarkan kepada kami dari Az zuhri dari Ubaidillah bin Abdullah, Ha', Ya’kub bin Ibrahim Ad-Dauraqi menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, dari Az-Zuhri, dari Ubaidullah bin Abdullah, dari Ibnu Abbas, dari ibunya; Ummul Fadl binti Al Harits; Sesungguhnya ia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca surah Al Mursalat dalam shalat Maghrib. 654 Ini adalah redaksi hadits Ad-Dauraqi. Hanya saja Abdul Jabar tidak mengatakan, “Dalam shalat maghrib.”
صحيح ابن خزيمة ٥٢٠: ثنا بُنْدَارٌ، حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ يَعْنِي الْحَنَفِيَّ، أنا الضَّحَّاكُ وَهُوَ ابْنُ عُثْمَانَ، حَدَّثَنِي بُكَيْرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْأَشَجِّ، حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ يَسَارٍ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: مَا رَأَيْتُ أَحَدًا أَشْبَهَ صَلَاةً بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ فُلَانٍ، لِأَمِيرٍ كَانَ بِالْمَدِينَةِ قَالَ سُلَيْمَانُ: «فَصَلَّيْتُ أَنَا وَرَاءَهُ فَكَانَ يُطِيلُ فِي الْأُولَيَيْنِ، وَيُخَفِّفُ الْأُخْرَيَيْنِ، وَيُخَفِّفُ الْعَصْرَ، وَكَانَ يَقْرَأُ فِي الْأُولَيَيْنِ مِنَ الْمَغْرِبِ بِقِصَارِ الْمُفَصَّلِ، وَفِي الْأُولَيَيْنِ مِنَ الْعِشَاءِ بِوَسَطِ الْمُفَصَّلِ، وَفِي الصُّبْحِ بِطُوَلِ الْمُفَصَّلِ» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: هَذَا الِاخْتِلَافُ فِي الْقِرَاءَةِ مِنْ جِهَةِ الْمُبَاحِ، جَائِزٌ لِلْمُصَلِّي أَنْ يَقْرَأَ فِي الْمَغْرِبِ وَفِي الصَّلَوَاتِ كُلِّهَا الَّتِي يُزَادُ عَلَى فَاتِحَةِ الْكِتَابِ فِيهَا بِمَا أَحَبَّ، وَشَيْئًا مِنْ سُوَرِ الْقُرْآنِ، لَيْسَ بِمَحْظُورٍ عَلَيْهِ أَنْ يَقْرَأَ بِمَا شَاءَ مِنْ سُوَرِ الْقُرْآنِ، غَيْرُ أَنَّهُ إِذَا كَانَ إِمَامًا فَالِاخْتِيَارُ لَهُ أَنْ يُخَفِّفَ فِي الْقِرَاءَةِ، وَلَا يُطَوِّلَ بِالنَّاسِ فِي الْقِرَاءَةِ فَيَفْتِنَهُمْ كَمَا قَالَ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ أَتُرِيدُ أَنْ تَكُونَ فَتَّانًا، وَكَمَا أَمَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْأَئِمَّةَ أَنْ يُخَفِّفُوا الصَّلَاةَ، فَقَالَ: «مَنْ أَمَّ مِنْكُمُ النَّاسَ فَلْيُخَفِّفْ» وَسَأُخَرِّجُ هَذِهِ الْأَخْبَارَ أَوْ بَعْضَهَا فِي كِتَابِ الْإِمَامَةِ؛ فَإِنَّ ذَلِكَ الْكِتَابَ مَوْضِعُ هَذِهِ الْأَخْبَارِ
Shahih Ibnu Khuzaimah 520: Bundar menceritakan kepada kami, Abu Bakar menceritakan kepada kami —maksudnya adalah Al Hanafi- Ad Dhahak —ia adalah Ibnu Utsman— memberitahukan kepada kami, Bukair bin Abdullah bin Al Asyaj menceritakan kepadaku, Sulaiman bin Y asar menceritakan kepada kami, sesungguhnya ia mendengar Abu Hurairah berkata, “Aku tidak pernah melihat seorangpun melaksanakan shalat mirip dengan shalat yang dilaksanakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kecuali Fulan yang pernah menjabat sebagai penguasa kota Madinah.” Sulaiman berkata, “Aku pernah melaksanakan shalat dibelakangnya, ia memanjangkan (melamakan waktu) bacaan dalam dua rakaat pertama dan memendekkan bacaan pada dua rakaat terakhir, dan memendekkan juga pada shalat ashar. Ia di dalam dua rakaat pertama shalat maghrib membaca surat yang pendek (69-alif), pada dua rakaat pertama shalat isya membaca surat yang sedang dan di dalam shalat subuh membaca surat yang panjang. Abu Bakar berkata “Perselisihan bacaan 655 yang ada ini termasuk perselisihan yang diperbolehkan. Boleh saja bagi orang yang melaksanakan shalat maghrib dan shalat-shalat lainnya membaca bacaan surat yang melebihi panjang bacaan Al Fatihah sesuai yang ia inginkan dan membaca beberapa ayat Al-Qur’an. Tidak dilarang bagi seseorang untuk membaca surat-surat yang ada di dalam Al-Qur’an sesuai dengan apa yang ia kehendaki. Hanya saja apabila seseorang menjadi imam shalat, maka hal yang dipilih adalah harus memendekkan bacaan dan tidak memanjangkannya, sebab memanjangkan bacaan surat akan menimbulkan fitnah bagi mereka (makmum), sebagaimana yang dikatakan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam kepada Muadz bin Jabal “Apakah engkau ingin menjadi pembuat fitnah ?” 656 Nabi juga memerintahkan imam shalat agar memendekkan bacaan shalat mereka. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda مَنْ أَمَّ مِنْكُمْ النَّاسَ فَلْيُخَفَّفْ Barang siapa dari kalian menjadi imam shalat bagi (suatu kaum) masyarakat, maka ringankanlah (pendekkanlah) 657 bacaan suratnya Aku akan mentakhrij seluruh hadits-hadits ini atau sebagiannya saja di dalam pembahasan tentang imam shalat. Masalah tersebut merupakan tempat untuk hadits-hadits seperti ini.