المستدرك ١١١: فَحدثنا أَبُو سَعِيدٍ عَمْرُو بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مَنْصُورٍ الْعَدْلُ، ثنا الْحُسَيْنُ بْنُ الْفَضْلِ الْبَجَلِيُّ، ثنا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو الْأَزْدِيُّ، ثنا زَائِدَةُ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنِ الْمِنْهَالِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ زَاذَانَ، عَنِ الْبَرَاءِ، قَالَ: «صَلَّيْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى جَنَازَةِ رَجُلٍ مِنَ الْأَنْصَارِ» - فَذَكَرَ حَدِيثَ الْقَبْرِ بِطُولِهِ -. «هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ، فَقَدِ احْتَجَّا جَمِيعًا بِالْمِنْهَالِ بْنِ عَمْرٍو وَزَاذَانَ أَبِي عُمَرَ الْكِنْدِيِّ، وَفِي هَذَا الْحَدِيثِ فَوَائِدُ كَثِيرَةٌ لِأَهْلِ السُّنَّةِ وَقَمْعٌ لِلْمُبْتَدِعَةِ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ بِطُولِهِ، وَلَهُ شَوَاهِدُ عَلَى شَرْطِهِمَا يُسْتَدَلُّ بِهَا عَلَى صِحَّتِهِ»
Al Mustadrak 111: Abu Sa'id Amr bin Muhammad bin Manshur Al Adi menceritakan kepada kami, Husain bin Fadhl Al Bajali menceritakan kepada kami, Muawiyah bin Amr Al Azdi menceritakan kepada kami, Zaidah menceritakan kepada kami dari Al A'masy, dari Minhal bin Amr, dari Zadzan, dari Al Bara, dia berkata, "Kami menshalati jenazah laki-laki Anshar bersama Rasulullah -dia lalu menuturkan hadits tentang (siksa) kubur yang panjang-." Hadits ini shahih sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim. Keduanya sama-sama berhujjah dengan Minhal bin Amr dan Zadzan Abu Umar. Dalam hadits ini terdapat banyak manfaat bagi Ahlus-sunnah, sekaligus pukulan telak bagi Ahli Bid'ah. Tapi keduanya tidak meriwayatkannya dengan redaksinya yang panjang. Hadits ini juga memiliki beberapa syahid sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim, yang bisa dijadikan sebagai hujjah atas ke-shahihannya.
المستدرك ١١٢: حَدَّثَنَا أَبُو سَهْلٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ النَّحْوِيُّ، بِبَغْدَادَ، وَأَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ مِنْ أَصْلِ كِتَابِهِ، قَالَا: ثنا يَحْيَى بْنُ أَبِي طَالِبٍ، ثنا وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ، ثنا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ، قَالَ: «ذَكَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُؤْمِنَ وَالْكَافِرَ، ثُمَّ ذَكَرَ طَرَفًا مِنْ حَدِيثِ الْقَبْرِ» . فَقَدْ بَانَ بِالْأَصْلِ وَالشَّاهِدِ صِحَّةُ هَذَا الْحَدِيثِ وَلَعَلَّ مُتَوَهِّمًا يَتَوَهَّمُ أَنَّ الْحَدِيثَ الَّذِي.
Al Mustadrak 112: Abu Sahl Ahmad bin Muhammad bin Ziyad An-Nahwi menceritakan kepada kami di Baghdad, Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub (menceritakan) dari kitab aslinya, keduanya berkata: Yahya bin Abu Thalib menceritakan kepada kami, Wahab bin Jarir menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami dari Abu Ishaq, dari Al Bara bin Azib, dia berkata, ''Nabi menjelaskan tentang orang mukmin dan orang kafir, kemudian beliau menjelaskan sebagian isi hadits tentang (siksa) kubur." Berdasarkan hadits aslinya dan syahidnya, jelaslah bahwa hadits ini shahih. Mungkin orang yang keliru akan menyangkanya hadits:
المستدرك ١١٣: حَدَّثَنَاهُ أَبُو الْحُسَيْنِ عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ عَلِيِّ بْنِ مُكْرَمٍ الْبَزَّارُ، بِبَغْدَادَ، ثنا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ كَزَالٍ، ثنا أَبُو إِبْرَاهِيمَ التَّرْجُمَانِيُّ، ثنا شُعَيْبُ بْنُ صَفْوَانَ، ثنا يُونُسُ بْنُ خَبَّابٍ، عَنِ الْمِنْهَالِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ زَاذَانَ، عَنْ أَبِي الْبَخْتَرِيِّ الطَّائِيِّ، سَمِعْتُ الْبَرَاءَ بْنَ عَازِبٍ، أَنَّهُ قَالَ: «خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي جَنَازَةِ رَجُلٍ مِنَ الْأَنْصَارِ فَأَتَيْنَا الْقَبْرَ، وَلَمَّا يُلْحَدْ فَجَلَسَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ وَجَلَسْنَا حَوْلَهُ» - ثُمَّ ذَكَرَ الْحَدِيثَ -. «يُعَلَّلُ بِهِ هَذَا الْحَدِيثُ، وَلَيْسَ كَذَلِكَ، فَإِنَّ ذِكْرَ أَبِي الْبَخْتَرِيِّ فِي هَذَا الْحَدِيثِ وَهْمٌ مِنْ شُعَيْبِ بْنِ صَفْوَانَ لِإِجْمَاعِ الْأَئِمَّةِ الثِّقَاتِ» عَلَى رِوَايَتِهِ، عَنْ يُونُسَ بْنِ خَبَّابٍ، عَنِ الْمِنْهَالِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ زَاذَانَ، أَنَّهُ سَمِعَ الْبَرَاءَ. حَدَّثَنَا بِصِحَّةِ مَا ذَكَرْتُهُ جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ نَصْرٍ الْخُلْدِيُّ، إِمْلَاءً بِبَغْدَادَ، ثنا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ زِيَادٍ سَبَلَانَ، ثنا عَبَّادُ بْنُ عَبَّادٍ، قَالَ: أَتَيْتُ يُونُسَ بْنَ خَبَّابٍ، بِمِنًى عِنْدَ الْمَنَارَةِ وَهُوَيَقُصُّ، فَسَأَلْتُهُ عَنْ حَدِيثِ عَذَابِ الْقَبْرِ فَحَدَّثَنِي بِهِ.
Al Mustadrak 113: Abu Al Husain Abdushshamad bin Ali bin Makram Al Bazzar menceritakannya kepada kami di Baghdad, Ja'far bin Muhammad bin Kazal menceritakan kepada kami, Abu Ibrahim At-Taijumani menceritakan kepada kami, Syu'aib bin Shafwan menceritakan kepada kami, Yunus bin Khabbab menceritakan kepada kami dari Minhal bin Amr, dari Zadzan, dari Abu Al Bukhturi Ath- Tha'i, bahwa dia pernah mendengar Al Bara' bin Azib berkata, "Kami keluar bersama Rasulullah (untuk mengiringi) jenazah seorang laki-laki Anshar, hingga kami tiba di kuburan, tapi liang lahadnya belum selesai digali. Rasulullah pun duduk dengan menghadap kiblat. Sedangkan kami duduk di sekeliling beliau." Selanjutnya dia menyebutkan haditsnya. (Orang yang keliru tersebut) barangkali akan menganggap hadits ini ber-illat, padahal tidak demikian, karena penyebutan Abu Al Bukhturi dalam hadits ini merupakan kekeliruan dari Syu'aib bin Shafwan, sebab para periwayat tsiqah telah sepakat bahwa dia (Syu'aib) meriwayatkan dari Yunus bin Khabab, dari Minhal bin Amr, dari Zadzan, bahwa dia mendengar Al Bara'. Ja'far bin Muhammad bin Nashr Al Khaladi menceritakan kepada kami dengan mendikte di Baghdad sesuai ke-shahih-an hadits yang telah aku sebutkan, Ali bin Abdul Aziz menceritakan kepada kami, Ibrahim bin Ziyad Sablan menceritakan kepada kami, Abbad bin Abbad menceritakan kepada kami, dia berkata: Aku pernah mendatangi Yunus bin Khabbab di Mina, di dekat menara, ketika itu dia sedang menuturkan (hadits), lalu aku menanyakan kepadanya tentang hadits siksa kubur, dan dia pun menceritakannya kepadaku.
المستدرك ١١٤: وَأَخْبَرَنِي أَبُو عَمْرٍو إِسْمَاعِيلُ بْنُ بُجَيْدِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ يُوسُفَ السُّلَمِيُّ، أَنْبَأَ أَبُو مُسْلِمٍ إِبْرَاهِيمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، ثنا أَبُو عَمْرٍو الضَّرِيرُ، ثنا مَهْدِيُّ بْنُ مَيْمُونٍ، عَنْ يُونُسَ بْنِ خَبَّابٍ، وَأَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرٍ الْقَطِيعِيُّ - وَاللَّفْظُ لَهُ -، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِي أَبِي، ثنا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَنْبَأَ مَعْمَرٌ، عَنْ يُونُسَ بْنِ خَبَّابٍ، عَنِ الْمِنْهَالِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ زَاذَانَ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ، وَفِي حَدِيثِ عَبَّادِ بْنِ عَبَّادٍ، أَنَّهُ سَمِعَ الْبَرَاءَ بْنَ عَازِبٍ، قَالَ: «خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي جَنَازَةٍ، فَجَلَسَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْقَبْرِ وَجَلَسْنَا حَوْلَهُ» - وَذَكَرَ الْحَدِيثَ بِطُولِهِ -. «هَذَا هُوَالصَّحِيحُ الْمَحْفُوظُ مِنْ حَدِيثِ يُونُسَ بْنِ خَبَّابٍ» . وَهَكَذَا رَوَاهُ أَبُو خَالِدٍ الدَّالَانِيُّ، وَعَمْرُو بْنُ قَيْسٍ الْمُلَائِيُّ، وَالْحَسَنُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ النَّخَعِيُّ، عَنِ الْمِنْهَالِ بْنِ عَمْرٍو. «أَمَّا حَدِيثُ أَبِي خَالِدٍ الدَّالَانِيُّ»
Al Mustadrak 114: Abu Amr dan Ismail bin bin Bujaid bin Ahmad bin Yusuf As-Sullami mengabarkan kepadaku, Abu Muslim Ibrahim bin Abdullah memberitakan (kepada kami), Abu Amr Adh-Dharir menceritakan kepada kami, Mahdi bin Maimun menceritakan kepada kami dari Yunus bin Khabbab. Ahmad bin Ja'far Al Qathi'i menceritakan kepada kami -ini merupakan redaksinya-, Abdullah bin Ahmad bin Hanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku, Abdurrazzaq menceritakan kepada kami, Ma'mar memberitakan (kepada kami) dari Yunus bin Khabbab, dari Minhal bin Amr, dan Zadzan, dari Al Barra bin Azib -dalam hadits Abbad bin Abbad (disebutkan) bahwa dia pernah mendengar Barra bin Azib , dia berkata: Kami keluar bersama Rasulullah (untuk mengiringi) jenazah, lalu Rasulullah duduk di atas kuburan, sedangkan kami duduk di sekeliling beliau -dia lalu menyebutkan haditsnya yang redaksinya panjang, Inilah hadits shahih yang dihapal dari Yunus bin Khabbab Abu Khalid Ad-Dalani, Amr bin Qais Al Mula'i dan Hasan bin Ubaidillah An-Nakha'i pun meriwayatkannya dari Minhal bin Amr. Adapun hadits Abu Khalid Ad-Dalani, adalah:
المستدرك ١١٥: فَحدثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا السَّرِيُّ بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ، ثنا أَبُو غَسَّانَ، ثنا عَبْدُ السَّلَامِ بْنُ حَرْبٍ، ثنا أَبُو خَالِدٍ الدَّالَانِيُّ، عَنِ الْمِنْهَالِ بْنِ عَمْرٍو. «وَأَمَّا حَدِيثُ عَمْرِو بْنِ قَيْسٍ الْمُلَائِيُّ»
Al Mustadrak 115: Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub menceritakan kepada kami, As-Sarri bin Yahya At-Tamimi menceritakan kepada kami, Abu Ghassan menceritakan kepada kami, Abdussalam bin Harb menceritakan kepada kami, Abu Khalid Ad-Dalani menceritakan kepada kami dari Minhal bin Amr. Adapun hadits Amr bin Qais Al Mula'i adalah:
المستدرك ١١٦: فَحَدَّثَنَاهُ أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ بَالَوَيْهِ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ بِشْرٍ الْمَرْثَدِيُّ، ثنا الْقَاسِمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي شَيْبَةَ، ثنا أَبُو خَالِدٍ الْأَحْمَرُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ قَيْسٍ الْمُلَائِيِّ، عَنِ الْمِنْهَالِ بْنِ عَمْرٍو. «وَأَمَّا حَدِيثُ الْحَسَنِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ»
Al Mustadrak 116: Abu Bakar Muhammad bin Ahmad bin Balawaih menceritakannya kepada kami, Ahmad bin Bisyr Al Martsadi menceritakan kepada kami, Qasim bin Muhammad bin Abu Syaibah menceritakan kepada kami, Abu Khalid Al Ahmar menceritakan kepada kami dari Amr bin Qais Al Mula'i, dari Minhal bin Amr. Adapun hadits Ibnu Ubaidillah adalah:
المستدرك ١١٧: فَحَدَّثَنَاهُ أَبُو مُحَمَّدٍ أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْمُزَنِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي شَيْبَةَ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ، ثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ، عَنِ الْمِنْهَالِ، كُلُّهُمْ قَالُوا: عَنْ زَاذَانَ، عَنِ الْبَرَاءِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ. " هَذِهِ الْأَسَانِيدُ الَّتِي ذَكَرْتُهَا كُلُّهَا صَحِيحَةٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ
Al Mustadrak 117: Abu Muhammad Ahmad bin Abdullah Al Muzani menceritakannya kepada kami, Muhammad bin Utsman bin Abu Syaibah menceritakan kepada kami, Ahmad bin Yunus menceritakan kepada kami, Abu Bakar bin Ayyasy menceritakan kepada kami, Hasan bin Ubaidillah menceritakan kepada kami dan Minhal, semuanya berkata: Dari Zadzan, dari Al Bara', dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, dengan redaksi yang serupa. Sanad-sanad yang telah aku sebutkan ini shahih sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim.
المستدرك ١١٨: أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ، أَنْبَأَ عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ الْجُنَيْدِ، ثنا الْمُعَافَى بْنُ سُلَيْمَانَ الْحَرَّانِيُّ، ثنا فُلَيْحُ بْنُ سُلَيْمَانَ، حَدَّثَنِي هِلَالُ بْنُ عَلِيٍّ - وَهُوَ ابْنُ أَبِي مَيْمُونَةَ - عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: بَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِلَالٌ يَمْشِيَانِ بِالْبَقِيعِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «يَا بِلَالُ هَلْ تَسْمَعُ مَا أَسْمَعُ؟» قَالَ: لَا وَاللَّهِ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا أَسْمَعُهُ، قَالَ: «أَلَا تَسْمَعُ أَهْلَ الْقُبُورِ يُعَذَّبُونَ» . «هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ بِهَذَا اللَّفْظِ، إِنَّمَا اتَّفَقَا عَلَى حَدِيثِ شُعْبَةَ» عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «لَوْلَا أَنْ تَدَافَنُوا لَسَأَلْتُ اللَّهَ عَنْهُ أَنْ يُسْمِعَكُمْ عَذَابَ الْقَبْرِ»
Al Mustadrak 118: Abu Bakar bin Ishaq Al Faqih mengabarkan kepada' kami, Ali bin Husain bin Junaid memberitakan (kepada kami), Al Mu'afa bin Sulaiman Al Harrani menceritakan kepada kami, Fulaih bin Sulaiman menceritakan kepada kami, Hilal bin Ali -yaitu Ibnu Abi Maimunah- menceritakan kepadaku, dari Anas bin Malik, dia1 berkata, "Ketika Rasulullah dan Bilal sedang berjalan di Baqi', Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Wahai Bilal, apakah kamu mendengar apa yang aku dengar?' Dia menjawab, Tidak, demi Allah, wahai Rasulullah, aku tidak mendengarnya'. Rasulullah lalu bersabda, 'Tidakkah kamu mendengar para penghuni Baqi' sedang disiksa'?” Hadits ini shahih sesuai syarat Al Bukhari dan Muslim. Keduanya tidak meriwayatkannya dengan redaksi ini, melainkan hanya sepakat atas hadits Syu'bah dari Qatadah, dari Anas, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Seandainya kalian tidak akan dikubur maka aku akan memohon kepada Allah agar kalian bisa mendengar siksa kubur.”
المستدرك ١١٩: حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، عَنِ الرَّبِيعِ بْنِ سُلَيْمَانَ الْمُرَادِيِّ، وَبَحْرِ بْنِ نَصْرِ بْنِ سَابِقٍ الْخَوْلَانِيِّ، قَالَ الرَّبِيعُ: حَدَّثَنَا، وَقَالَ بَحْرٌ: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي هِشَامُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، أَنَّ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ، دَخَلَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ مَوْعُوكٌ، عَلَيْهِ قَطِيفَةٌ، وَوَضَعَ يَدَهُ عَلَيْهَا فَوَجَدَ حَرَارَتَهَا فَوْقَ الْقَطِيفَةِ، فَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ: مَا أَشَدَّ حَرَّ حُمَّاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنَّا كَذَلِكَ يُشَدَّدُ عَلَيْنَا الْبَلَاءُ وَيُضَاعَفُ لَنَا الْأَجْرُ» ثُمَّ قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَنْ أَشَدُّ النَّاسِ بَلَاءً؟ قَالَ: «الْأَنْبِيَاءُ» قَالَ: ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ: «الْعُلَمَاءُ» قَالَ: ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ: «ثُمَّ الصَّالِحُونَ» كَانَ أَحَدُهُمْ يُبْتَلَى بِالْفَقْرِ حَتَّى مَا يَجِدُ إِلَّا الْعَبَاءَةَ يَلْبَسُهَا، وَيُبْتَلَى بِالْقُمَّلِ حَتَّى تَقْتُلَهُ، وَلَأَحَدُهُمْ كَانَ أَشَدَّ فَرَحًا بِالْبَلَاءِ مِنْ أَحَدِكُمْ بِالْعَطَاءِ «حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ، عَنْ بَحْرٍ فِي الْمُسْنَدِ، وَعَنِ الرَّبِيعِ فِي الْفَوَائِدِ، وَأَنَا جَمَعْتُ بَيْنَهُمَا، هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ، فَقَدِ احْتَجَّ بِهِشَامِ بْنِ سَعْدٍ، ثُمَّ لَهُ شَوَاهِدُ كَثِيرَةٌ وَلِحَدِيثِ عَاصِمِ بْنِ بَهْدَلَةَ، عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيهِ طُرُقٌ يُتَّبَعُ وَيُذَاكَرُ بِهَا، وَقَدْ تَابَعَ الْعَلَاءُ بْنُ الْمُسَيَّبِ عَاصِمَ بْنَ بَهْدَلَةَ عَلَى رِوَايَتِهِ عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ»
Al Mustadrak 119: Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub menceritakan kepada kami dari Ar-Rabi bin Sulaiman Al Muradi dan Bahr bin Nashr bin Sabiq Al Khaulani. Ar-Rabi' berkata, “Dia menceritakan kepada kami.” Sementara itu, Bahr berkata: Abdullah bin Wahab mengabarkan kepada kami, Hisyam bin Sa'ad mengabarkan kepadaku dari Zaid bin Aslam, dari Atha' bin Yasar, bahwa Abu Sa'id Al Khudri pemah menemui Nabi ketika beliau sedang sakit demam, dan ketika itu beliau memakai beludru (selimut). Abu Sa'id lalu meletakkan tangannya di atas tubuh beliau, dan dia mendapati panas suhu tubuh Nabi sampai terasa di atas beludru tersebut. Abu Sa'id pun berkata, “Alangkah panasnya demam yang engkau alami, wahai Rasulullah.” Beliau lalu bersabda, "Begitulah, kita diberi cobaan yang berat tapi pahala kita dilipatgandakan." Abu Sa'id lalu bertanya, "Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling berat cobaannya?" Beliau menjawab, "Para nabi." Dia bertanya lagi, "Kemudian siapa lagi?" Beliau menjawab, "Para ulama." Dia bertanya lagi, "Kemudian siapa lagi?" Beliau menjawab, "Orang-orang shalih." Setelah itu beliau bersabda, "Salah seorang dari mereka dicoba dengan kemiskinan, sampai dia tidak memiliki pakaian kecuali baju yang dia pakai. Dia juga dicoba dengan kutu, sampai merenggut nyawanya. Ketahuilah bahwa salah seorang dari mereka lebih gembira dicoba dengan kemiskinan daripada salah seorang dari kalian yang diberi sesuatu.” Abu Al Abbas menceritakan kepada kami dari Bahr dalam Al Musnad, dari Ar-Rabi dalam Al Fawa'id, dan aku telah menggabungkan keduanya. Hadits ini shahih sesuai syarat Muslim, dan dia berhujjah dengan Hisyam bin Sa'ad. Hadits ini juga memiliki banyak syahid untuk hadits Ashim bin Bahdalah dan Mush'ab bin Sa'ad, dari ayahnya terdapat beberapa jalur yang menguatkan. Al Ala' bin Al Musayyib menguatkan riwayat Ashim bin Bahdalah dengan meriwayatkannya dari Mush'ab bin Sa'ad.
المستدرك ١٢٠: أَخْبَرَنِيهِ أَبُو بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيهُ، فِيمَا قَرَأْتُ عَلَيْهِ مِنْ أَصْلِ كِتَابِهِ، أَنَا مُحَمَّدُ بْنُ غَالِبٍ، ثنا عَمْرُو بْنُ عَوْنٍ، ثنا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ الْمُسَيَّبِ، عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ النَّاسِ أَشَدُّ بَلَاءً؟ قَالَ: «الْأَنْبِيَاءُ، ثُمَّ الْأَمْثَلُ فَالْأَمْثَلُ، فَإِذَا كَانَ الرَّجُلُ صُلْبَ الدِّينِ يُبْتَلَى الرَّجُلُ عَلَى قَدْرِ دِينِهِ، فَمَنْ ثَخُنَ دِينُهُ ثَخُنَ بَلَاؤُهُ، وَمَنْ ضَعُفَ دِينُهُ ضَعُفَ بَلَاؤُهُ» . وَهَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ، وَشَاهِدَهُ مَا
Al Mustadrak 120: Abu Bakar bin Ishaq A1 Faqih mengabarkannya kepadaku berdasarkan apa yang telah aku baca dalang buku aslinya, Muhammad bin Ghalib mengabarkan kepada kami, Amr bin Aun menceritakan kepada kami, Khalid bin Abdullah menceritakan kepada kami dari Al Ala bin Al Musayyib, dari Mush'ab bin Sa'ad, dari ayahnya, dia berkata: Nabi pernah ditanya, "Siapakah manusia yang paling berat cobaannya?" Beliau menjawab, "Para nabi, kemudian orang-orang yang memiliki keutamaan, (kemudian) orang- orang yang memiliki keutamaan. Apabila seseorang kuat agamanya, maka dia akan dicoba sesuai dengan kualitas keagamaannya. Bagi yang agamanya kuat maka akan berat pula cobaannya, dan bagi yang lemah agamanya maka cobaannya juga lemah.” Hadits ini shahih atas (sesuai) syarat Al Bukhari dan Muslim, tapi keduanya tidak meriwayatkannya. Syahid-nya adalah hadits: