صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #2601

صحيح ابن حبان ٢٦٠١: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَمْدَانِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ، عَنْ عَاصِمٍ الْعَنَزِيِّ، عَنِ ابْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ‏:‏ رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ دَخَلَ الصَّلاَةَ، قَالَ‏:‏ اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، الْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، الْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، الْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، سُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً، سُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً، سُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الشَّيْطَانِ، مِنْ هَمْزِهِ وَنَفْثِهِ وَنَفْخِهِ‏.‏قَالَ عَمْرٌو‏:‏ وَهَمْزُهُ‏:‏ الْمُوتَةُ، وَنَفْخُهُ‏:‏ الْكِبْرُ، وَنَفْثُهُ‏:‏ الشِّعْرُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2601: Umar bin Muhammad Al Hamdani mengabarkan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Ja'far menceritakan kepada kami, dia berkata: Syu'bah menceritakan kepada kami dari Amr bin Murrah, dari Ashim Al Anaziyyi, dari Ibnu Jubair bin Muth'im, dari ayahnya, dia berkata: Aku melihat Rasulullah sewaktu memulai shalat, mengucapkan, "Allahuakbar kabiiraan, allahu akbar allahu akbar kabiiraan. Alhamdulillah katsiiraan alhamdulillah katsiiraan, alhamdulillah katsiiraan. Subhanallahi bukratan wa ashilah, subhanallahi bukratan wa ashilah subahanallahi bukratan wa ashilah. Allahumma inni a'udzu bika minasy syaithani min hamzihi wa nafsihi wa nafkhihi (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji yang banyak bagi Allah, segala puji yang banyak bagi Allah, segala puji yang banyak bagi Allah. Maha Besar Allah pagi dan sore, Maha Besar Allah pagi dan sore, Maha Besar Allah pagi dan sore. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan-Mu terhadap syetan dari hembusan, semburan, dan tiupannya)." Amr berkata, "Hembusan ialah penyakit ayan, tiupan ialah kesombongan, dan semburan ialah syair."528 [1:5]

Shahih Ibnu Hibban #2602

صحيح ابن حبان ٢٦٠٢: أَخْبَرَنَا ابْنُ قُتَيْبَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مَوْهَبٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ، عَنْ أَزْهَرَ بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ حُمَيْدٍ، أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ‏:‏ قُلْتُ‏:‏ مَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَفْتِحُ بِهِ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ‏؟‏ قَالَتْ‏:‏ لَقَدْ سَأَلْتَنِي عَنْ شَيْءٍ مَا سَأَلَنِي عَنْهُ أَحَدٌ قَبْلَكَ، كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَفْتِحُ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ يُصَلِّي‏:‏ يَبْدَأُ فَيُكَبِّرُ عَشْرًا، ثُمَّ يُسَبِّحُ عَشْرًا، وَيَحْمَدُ عَشْرًا، وَيُهَلِّلُ عَشْرًا، وَيَسْتَغْفِرُ عَشْرًا، وَقَالَ‏:‏ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَاهْدِنِي، وَارْزُقْنِي عَشْرًا، وَيَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ ضِيقِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ عَشْرًا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2602: Ibnu Qutaibah mengabarkan kepada kami, dia berkata: Yazid bin Mauhab menceritakan kepada kami, dia berkata: Ibnu Wahab menceritakan kepada kami dari Mu'awiyah bin Shalih, dari Azhar bin Sa'id, dari Ashim bin Humaid, bahwa dia bertanya kepada Aisyah , "Bagaimana Rasulullah memulai shalatnya tatkala shalat malam?" Aisyah berujar, "Sesunggahnya kau bertanya kepadaku tentang sesuatu hal yang tidak pernah ditanyakan orang lain sebelummu. Rasulullah memulai shalat malam dengan takbir sebanyak sepuluh kali, kemudian bertasbih sebanyak sepuluh kali, kemudian bertahlil sebanyak sepuluh kali, dan beristighfar sebanyak sepuluh kali. Beliau kemudian mengucapkan, 'Allahummaghfirli wah dinii war zuqni' (ya Allah, ampunilah aku, tunjukilah aku, dan berikan rezeki kepadaku) sebanyak sepuluh kali, dan beliau memohon perlindungan kepada Allah dari kesempitan Hari Kiamat sebanyak sepuluh kali."529 [1:5]

Shahih Ibnu Hibban #2603

صحيح ابن حبان ٢٦٠٣: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ سَعِيدٍ السَّعْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ زَائِدَةَ بْنِ نَشِيطٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي خَالِدٍ الْوَالِبِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّهُ كَانَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ رَفَعَ صَوْتَهُ طَوْرًا، وَيَذْكُرُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَفْعَلُهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2603: Muhammad bin Ishak bin Sa'id As-Sa'di mengabarkan kepada kami, dia berkata: Ali bin Khasyram menceritakan kepada kami, dia berkata: Isa bin Yunus menceritakan kepada kami dari Imran bin Za'idah bin Nasyith530, dari ayahnya, dari Abi Khalid Al Walibi, dari Abi Hurairah, bahwa apabila dia melaksanakan shalat malam, maka dia mengangkat suara lebih tinggi dan menyebutkan bahwa Nabi melakukan hal tersebut. 531 [1:4]

Shahih Ibnu Hibban #2604

صحيح ابن حبان ٢٦٠٤: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ يُوسُفَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا بِشْرُ بْنُ خَالِدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ، عَنِ الْمُسْتَوْرِدِ بْنِ الأَحْنَفِ، عَنْ صِلَةَ بْنِ زُفَرَ، عَنْ حُذَيْفَةَ، قَالَ‏:‏ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ، فَمَا مَرَّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ إِلاَّ وَقَفَ عِنْدَهَا وَسَأَلَ، وَلاَ مَرَّ بِآيَةِ عَذَابٍ إِلاَّ وَقَفَ عِنْدَهَا وَتَعَوَّذَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2604: Muhammad bin Umar bin Yusuf mengabarkan kepada kami, dia berkata: Bisyr bin Khalid mengabarkan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Ja'far menceritakan kepada kami dari Syu'bfh, dari Al A'masy, dari Sa'd bin Ubaidah, dari Al Mustaurid bin Al Ahnaf532, dari Silah bin Zufar, dari Hudzaifah, dia berkata, "Suatu malam aku shalat bersama Nabi , sehingga tidaklah beliau melewati ayat rahmat kecuali beliau berhenti dan meminta, dan tidaklah beliau melewati ayat siksa kecuali berhenti dan memohon perlindungan." 533 [1:4]

Shahih Ibnu Hibban #2605

صحيح ابن حبان ٢٦٠٥: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ يُوسُفَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ خَالِدٍ الْعَسْكَرِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ، عَنِ الْمُسْتَوْرِدِ بْنِ الأَحْنَفِ، عَنْ صِلَةَ بْنِ زُفَرَ، عَنْ حُذَيْفَةَ، قَالَ‏:‏ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ، فَمَا مَرَّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ إِلاَّ وَقَفَ عِنْدَهَا فَسَأَلَ، وَلاَ مَرَّ بِآيَةِ عَذَابٍ إِلاَّ وَقَفَ عِنْدَهَا وَتَعَوَّذَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2605: Muhammad bin Umar bin Yusuf mengabarkan kepada kami, dia berkata: Bisyr bin Khalid Al Askari menceritakan kepada kami, dia berkata: Muhammad bin Ja'far menceritakan kepada kami dari Syu'bah, dari Al A'masy, dari Sa'd bin Ubaidah, dari Al Mustaurid bin Al Ahnaf, dari Silah bin Zufar, dari Hudzaifah, dia berkata, "Suatu malam aku shalat bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tidaklah beliau melewati ayat rahmat kecuali beliau berhenti dan memintanya, dan tidaklah beliau melewati ayat siksa melainkan beliau berhenti lalu memohon perlindungan." 534 [1:5]

Shahih Ibnu Hibban #2606

صحيح ابن حبان ٢٦٠٦: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ قُتَيْبَةَ بِعَسْقَلاَنَ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مَوْهَبٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ الْحَرَّانِيُّ، عَنْ هِشَامِ بْنِ حَسَّانَ، عَنِ ابْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ مِنَ اللَّيْلِ فَلْيَبْدَأْ بِرَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ‏.

Shahih Ibnu Hibban 2606: Muhammad bin Al Hasan bin Qutaibah Asqalani mengabarkan kepada kami, Yazid bin Mauhab menceritakan kepada kami, Muhammad bin Salamah Al Harrani menceritakan kepada kami dari Hisyam bin Hassan, dari Ibnu Sirin, dari Abi Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda, "Apabila salah seorang dari kalian akan melaksanakan shalat malam, hendaknya memulai shalatnya dengan dua rakaat yang ringan."535 [67:1]

Shahih Ibnu Hibban #2607

صحيح ابن حبان ٢٦٠٧: أَخْبَرَنَا أَبُو يَعْلَى، حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخٍ، حَدَّثَنَا مَهْدِيُّ بْنُ مَيْمُونٍ، حَدَّثَنَا وَاصِلٌ الأَحْدَبُ، عَنْ أَبِي وَائِلٍ، قَالَ‏:‏ غَدَوْنَا عَلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ يَوْمًا بَعْدَمَا صَلَّيْنَا الْغَدَاةَ، فَسَلَّمْنَا بِالْبَابِ، فَأَذِنَ لَنَا، فَمَكَثْنَا هُنَيْهَةً، فَخَرَجَتِ الْخَادِمُ، فَقَالَتْ‏:‏ أَلاَ تَدْخُلُونَ‏؟‏ قَالَ‏:‏ فَدَخَلْنَا، فَإِذَا هُوَ جَالِسٌ يُسَبِّحُ، فَقَالَ‏:‏ مَا مَنَعَكُمْ أَنْ تَدْخُلُوا وَقَدْ أُذِنَ لَكُمْ‏؟‏ فَقَالُوا‏:‏ لاَ، إِلاَّ أَنَّا ظَنَنَّا أَنَّ بَعْضَ أَهْلِ الْبَيْتِ نَائِمٌ، قَالَ‏:‏ ظَنَنْتُمْ بِآلِ أُمِّ عَبْدٍ غَفْلَةً، ثُمَّ أَقْبَلَ يُسَبِّحُ حَتَّى ظَنَّ أَنَّ الشَّمْسَ قَدْ طَلَعَتْ، قَالَ‏:‏ يَا جَارِيَةُ، انْظُرِي هَلْ طَلَعَتْ‏؟‏ قَالَ‏:‏ فَنَظَرَتْ فَإِذَا هِيَ قَدْ طَلَعَتْ، فَقَالَ‏:‏ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَقَالَنَا يَوْمَنَا هَذَا، قَالَ مَهْدِيٌّ‏:‏ وَأَحْسَبُهُ قَالَ‏:‏ وَلَمْ يُهْلِكْنَا بِذُنُوبِنَا، قَالَ‏:‏ فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ‏:‏ قَرَأْتُ الْمُفَصَّلَ الْبَارِحَةَ كُلَّهُ، قَالَ عَبْدُ اللهِ‏:‏ هَذًّا كَهَذِّ الشِّعْرِ، إِنِّي لَأَحْفَظُ الْقَرَائِنَ الَّتِي كَانَ يَقْرَؤُهُنَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَمَانِيَةَ عَشَرَ مِنَ الْمُفَصَّلِ، وَسُورَتَيْنِ مِنْ آلِ حم‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2607: Abu Ya'la mengabarkan kepada kami, Syaiban bin Farukh menceritakan kepada kami, Mahdi bin Maimun menceritakan kepada kami, Washil bin Al Ahdab menceritakan kepada kami dari Abu Wail, dia berkata, "Pada suatu pagi kami pergi menemui Abdullah bin Mas'ud setelah melaksanakan shalat Subuh. Kemudian kami mengucapkan salam di depan pintu dan diizinkan masuk. Kami berdiam diri sejenak, dan tidak lama kemudian muncullah seorang pembantu, dia berkata, 'Kenapa kalian tidak masuk?' Kami pun masuk. Ternyata dia sedang duduk bertasbih. Dia bertanya, 'Apa yang menghalangi kalian untuk masuk, padahal telah diizinkan?' Mereka menjawab, 'Tidak ada yang menghalangi, hanya saja kami menyangka sebagian keluargamu masih tidur'. Dia berkata, 'Kalian menyangka keluarga Ummu Abdin ini adalah orang-orang yang lalai'. Dia lalu melanjutkan tasbihnya sampai matahari telah terbit. Dia lalu bertanya, 'Wahai Jariyyah (budak perempuan), apakah matahari telah terbit?' Perempuan itu melihat matahari, dan ternyata telah terbit. Dia (Abdullah bin Mas'ud) lalu berkata, 'Segala puji bagi Allah yang telah membebaskan kita dari hari ini —Mahdi berkata: Aku mengira dia berkata, 'Dan tidak menghancurkan kita dengan dosa-dosa kita.'—. Seseorang berkata, 'Tadi malam aku membaca seluruh surah Al Mufashshal (surah-surah pendek)'. Abdullah berkata, 'Membaca cepat seperti syair ini?!! Saya mengetahui surah-surah yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, yaitu delapan belas surah dari surah-surah Mufashshal dan dua surah dari Aali Haamiim'." 536 [5:47]

Shahih Ibnu Hibban #2608

صحيح ابن حبان ٢٦٠٨: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ قَيْسِ بْنِ مَخْرَمَةَ أَنَّهُ أَخْبَرَهُ، عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الْجُهَنِيِّ، أَنَّهُ قَالَ‏:‏ لَأَرْمُقَنَّ صَلاَةَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّيْلَةَ، قَالَ‏:‏ فَتَوَسَّدْتُ عَتَبَتَهُ، أَوْ فُسْطَاطَهُ، فَقَامَ فَصَلَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ طَوِيلَتَيْنِ طَوِيلَتَيْنِ طَوِيلَتَيْنِ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا، ثُمَّ أَوْتَرَ، فَذَلِكَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2608: Umar bin Sa'id bin Sinan mengabarkan kepada kami, Ahmad bin Abu Bakar mengabarkan kepada kami dari Malik, dari Abdullah bin Abu Bakar, dari bapaknya, dari Abdullah bin Qais bin Makhramah, dari Zaid bin Khalid Al Juhani, dia berkata, "Aku akan menyaksikan shalat Rasulullah pada malam ini." Dia pun tidur di pintu rumahnya atau tendanya. Kemudian Rasulullah bangkit dan mengerjakan shalat dua rakaat yang ringan, lalu mengerjakan shalat dua rakaat yang panjang, panjang, dan panjang, kemudian mengerjakan shalat dua rakaat tidak seperti dua rakaat sebelumnya, kemudian shalat dua rakaat tidak seperti dua rakaat sebelumnya, kemudian shalat dua rakaat tidak seperti dua rakaat sebelumnya, kemudian shalat dua rakaat tidak seperti dua rakaat sebelumnya537, kemudian mengerjakan shalat witir. Semuanya berjumlah tiga belas rakaat538." [1:5]

Shahih Ibnu Hibban #2609

صحيح ابن حبان ٢٦٠٩: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا جَرِيرٌ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ، عَنِ الْمُسْتَوْرِدِ بْنِ الأَحْنَفِ، عَنْ صِلَةَ بْنِ زُفَرَ، عَنْ حُذَيْفَةَ، قَالَ‏:‏ صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ، فَافْتَتَحَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَقُلْتُ‏:‏ يَقْرَأُ مِائَةَ آيَةٍ ثُمَّ يَرْكَعُ، فَمَضَى، فَقُلْتُ‏:‏ يَخْتِمُهَا فِي الرَّكْعَتَيْنِ، فَمَضَى، فَقُلْتُ‏:‏ يَخْتِمُهَا ثُمَّ يَرْكَعُ، فَمَضَى حَتَّى قَرَأَ سُورَةَ النِّسَاءِ، ثُمَّ آلِ عِمْرَانَ، ثُمَّ رَكَعَ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ، يَقُولُ‏:‏ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ، ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ، فَقَالَ‏:‏ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ، فَأَطَالَ الْقِيَامَ، ثُمَّ سَجَدَ فَأَطَالَ السُّجُودَ، ثُمَّ يَقُولُ فِي سُجُودِهِ‏:‏ سُبْحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَى، لاَ يَمُرُّ بِآيَةِ تَخْوِيفٍ أَوْ تَعْظِيمٍ إِلاَّ ذَكَرَهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2609: Muhammad bin Al Azdi mengabarkan kepada kami, Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami, Jarir mengabarkan kepada kami dari Al A'masy, dari Sa'ad bin Ubaidah, dari Al Mustaurid bin Al Ahnaf, dari Shilah bin Zufar. Dari Hudzaifah, dia berkata, "Pada suatu malam aku shalat bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau membuka shaiat dengan surah Al Baqarah. Beliau membaca seratus ayat, kemudian ruku, lalu melanjutkan bacaannya, beliau akan menamatkannya dalam dua rakaat Beliau terus melanjutkan bacaannya, menamatkannya, kemudian ruku, lalu terus melanjutkan bacaannya sampai surah An-Nisaa', kemudian Aali 'Imraan, kemudian ruku yang lamanya kira-kira sama dengan lama berdirinya, dan membaca, 'Maha Suci Tuhanku Yang Maha Besar', kemudian mengangkat kepalanya dan membaca, 'Allah mendengar orang yang memuji-Nya. Ya Allah, Tuhanku, bagimu segala pujian'. Kemudian beliau memperperpanjang berdirinya. Kemudian sujud dan memperpanjang sujudnya, lalu mengucapkan dalam sujudnya, 'Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi'. Tidaklah beliau melewati ayat takhwif (menakut-nakuti) atau ta'zhim (mengagungkan) kecuali beliau berdzikir kepada-Nya." 539 [1:5]

Shahih Ibnu Hibban #2610

صحيح ابن حبان ٢٦١٠: أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ الْغُضَائِرِيُّ بِحَلَبَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ شُجَاعٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُبَشِّرُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، عَنِ الأَوْزَاعِيِّ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَمْكُثُ فِي سُجُودِهِ قَدْرَ مَا يَقْرَأُ الرَّجُلُ خَمْسِينَ آيَةً، تُرِيدُ فِي صَلاَةِ اللَّيْلِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 2610: Ali bin Abdul Hamid Al Ghadairi di Halb mengabarkan kepada kami, Al Walid bin Syuja menceritakan kepada kami, Mubassyir bin Ismail menceritakan kepada kami dari Al Auza'i, dari Az-Zuhri, dari Urwah, dari Aisyah, bahwa Rasulullah berdiam dalam sujudnya setara dengan seorang laki-laki yang membaca lima puluh ayat. Maksudnya adalah ketika shalat malam540. [1:5]