صحيح ابن حبان

Shahih Ibnu Hibban

Shahih Ibnu Hibban #1311

صحيح ابن حبان ١٣١١: أَخْبَرَنَا شَبَابُ بْنُ صَالِحٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ بَقِيَّةَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا خَالِدٌ، عَنْ خَالِدٍ، عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ بُجْدَانَ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ‏:‏ اجْتَمَعَتْ غَنِيمَةٌ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ‏:‏ يَا أَبَا ذَرٍّ، ابْدُ فِيهَا، قَالَ‏:‏ فَبَدَوْتُ فِيهَا إِلَى الرَّبَذَةِ، فَكَانَتْ تُصِيبُنِي الْجَنَابَةُ، فَأَمْكُثُ الْخَمْسَ وَالسِّتَّ، فَدَخَلْتُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ‏:‏ أَبُو ذَرٍّ‏:‏ فَسَكَتُّ، ثُمَّ قَالَ‏:‏ أَبُو ذَرٍّ، ثَكِلَتْكَ أُمُّكَ فَأَخْبَرْتُهُ، فَدَعَا بِجَارِيَةٍ سَوْدَاءَ، فَجَاءَتْ بِعُسٍّ مِنْ مَاءٍ، فَسَتَرَتْنِي، وَاسْتَتَرْتُ بِالرَّاحِلَةِ، فَاغْتَسَلْتُ، فَكَأَنَّهَا أَلْقَتْ عَنِّي جَبَلاً، فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ الصَّعِيدُ الطَّيِّبُ وَضُوءُ الْمُسْلِمِ، وَلَوْ إِلَى عَشْرِ سِنِينَ، فَإِذَا وَجَدْتَ الْمَاءَ فَأَمْسِسْهُ جِلْدَكَ، فَإِنَّ ذَلِكَ خَيْرٌ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1311: Syabab bin Shalih telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Wahab bin Baqiyah telah menceritakan kepada kami ia berkata, Khalid telah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Khalid dari Abu Qilabah dari Amr bin Bujdan dari Abu Dzarr, ia berkata, Kambing-kambing kecil telah terkumpul di sisi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam Maka beliau bersabda, “Wahai Abu Dzarr! Gembalakan kambing-kambing ini di sisi lembah!" Abu Dzar melanjutkan, “Lalu aku menggembalakannya di Rabadzhah, kemudian aku terkena junub dan diam disana selama 5 atau 6 hari. Lalu aku masuk ke rumah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Wahai Dzarr!”. Aku pun terdiam kemudian beliau bersabda, “Wahai Abu Dzarr, apakah ibumu telah menyebabkan kematianmu?” Lalu aku pun mengabarkan hal yang terjadi padaku kepadanya. Beliau kemudian memanggil seorang hamba sahaya wanita berkulit hitam, kemudian ia datang dengan membawa bejana berisi air. Ia membuat penutup dariku dan aku membuat penutup dengah hewan kendaraan. Lalu aku mandi. Seolah hamba sahaya tadi telah membuang gunung dari tubuhku.”Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Debu yang baik adalah alat wudhu orang muslim, meskipun sampai sepuluh tahun. Maka jika kamu menemukan air, usapkan ia ke kulitmu. Karena itu sangat baik.”165

Shahih Ibnu Hibban #1312

صحيح ابن حبان ١٣١٢: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ الصَّيْرَفِيُّ، غُلاَمُ طَالُوتَ بْنِ عَبَّادٍ، بِالْبَصْرَةِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا الْفُضَيْلُ بْنُ الْحُسَيْنِ الْجَحْدَرِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا خَالِدٌ الْحَذَّاءُ، عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ بُجْدَانَ، قَالَ‏:‏ سَمِعْتُ أَبَا ذَرٍّ، قَالَ‏:‏ اجْتَمَعَتْ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَنَمٌ مِنْ غَنَمِ الصَّدَقَةِ، فَقَالَ‏:‏ ابْدُ يَا أَبَا ذَرٍّ، قَالَ‏:‏ فَبَدَوْتُ فِيهَا إِلَى الرَّبَذَةِ، قَالَ‏:‏ فَكَانَ يَأْتِي عَلَيَّ الْخَمْسُ وَالسِّتُّ وَأَنَا جُنُبٌ، فَوَجَدْتُ فِي نَفْسِي، فَأَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ مُسْنِدٌ ظَهْرَهُ إِلَى الْحُجْرَةِ، فَلَمَّا رَآنِي، قَالَ‏:‏ مَا لَكَ يَا أَبَا ذَرٍّ‏؟‏ قَالَ‏:‏ فَجَلَسْتُ، قَالَ‏:‏ مَا لَكَ يَا أَبَا ذَرٍّ، ثَكِلَتْكَ أُمُّكَ‏؟‏ قُلْتُ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ جُنُبٌ، قَالَ‏:‏ فَأَمَرَ جَارِيَةً سَوْدَاءَ، فَجَاءَتْ بِعُسٍّ فِيهِ مَاءٌ، فَاسْتَتَرْتُ بِالْبَعِيرِ وَبِالثَّوْبِ، فَاغْتَسَلْتُ، فَكَأَنَّمَا وَضَعَ عَنِّي جَبَلاً، فَقَالَ‏:‏ ادْنُ فَإِنَّ الصَّعِيدَ الطَّيِّبَ وَضُوءُ الْمُسْلِمِ وَلَوْ عَشْرَ حِجَجٍ، فَإِذَا وَجَدَ الْمَاءَ فَلْيُمِسَّ بَشَرَتَهُ الْمَاءَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1312: Muhammad bin Ali Ash-Shairafi telah mengabarkan kepada kami, hamba sahaya dari Thalut bin Abbad di Bashrah, ia berkata, Al Fudhail bin Al Husain Al Jahdari telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Yazid bin Zurai’ telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Khalid Al Hadzdza telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Abu Qilabah dari Amr bin Bujdan, ia berkata, Aku mendengar Abu Dzar berkata, Kambing-kambing zakat telah terkumpul di sisi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Gembalakan kambing-kambing ini ke sisi lembah wahai Abu Dzarrl”. Abu Dzarr melanjutkan perkataannya, “Kemudian aku gembalakan ke Rabadzah166. Lalu datanglah kepadaku waktu 5 atau 6 hari, dan selama itu aku beijunub. Aku pun merasakan gelisah hati. Lalu aku datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang sedang menyandarkan punggungnya di sebuah ruangan. Ketika melihatku, beliau bertanya, “Apa yang terjadi padamu wahai Abu Dzarr?”. Lantas aku duduk. Beliau kembali bertanya, “Apa yang terjadi padamu wahai Abu Dzarr? Apakah ibumu telah menyebabkan kematianmu?” Aku menjawab, “Wahai Rasulullah! Aku dalam keadaan junub.” Kemudian beliau menyuruh hamba sahaya perempuan berkulit hitam (untuk menyediakan air). Ia pun datang dengan membawa bejana besar berisi air. Lalu aku membuat penutup dengan unta dan baju. Kemudian aku mandi. Seolah-olah telah hilang dariku sebongkah gunung. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Mendekatlah! Karena sesungguhnya debu yang baik adalah alat berwudhu seorang muslim, meskipun (dilakukan) selama sepuluh tahun. Maka bila ia menemukan air, hendaklah ia usapkan air ke kulitnya. ” 167 [30:1]

Shahih Ibnu Hibban #1313

صحيح ابن حبان ١٣١٣: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عِيسَى بْنِ السِّكِّينِ، بِوَاسِطَ،- وَكَانَ يَحْفَظُ الْحَدِيثَ، وَيُذَاكِرُ بِهِ- قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُسْتَامِ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مَخْلَدُ بْنُ يَزِيدَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ، عَنْ أَيُّوبَ السَّخْتِيَانِيِّ، وَخَالِدٍ الْحَذَّاءِ، عَنْ أَبِي قِلاَبَةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ بُجْدَانَ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ‏:‏ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ‏:‏ الصَّعِيدُ الطَّيِّبُ وَضُوءُ الْمُسْلِمِ، وَإِنْ لَمْ يَجِدِ الْمَاءَ عَشْرَ سِنِينَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1313: Ahmad bin Isa bin As-Sukain di Wasith telah mengabarkan kepada kami —ia adalah penghafal hadits dan pengkaji (hukum-hukum) nya—, ia berkata, Abdul Hamid bin Muhammad bin Al Mistam telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Makhlad168 bin Yazid telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Suiyan Ats- Tsauri telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ayyub Sakhtiyani dan Khalid Al Hadzdza dari Abu Qilabah dari Amr bin Bujdan dari Abu Dzarr, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,'Debu yang baik adalah alat berwudhunya orang muslim, meskipun ia tidak menemukan air selama sepuluh tahun'. ” 169 [30:1]

Shahih Ibnu Hibban #1314

صحيح ابن حبان ١٣١٤: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى الذُّهْلِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصِ بْنِ غِيَاثٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبِي، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي الْوَلِيدُ بْنُ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ، أَنَّ عَطَاءً عَمَّهُ، حَدَّثَهُ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ رَجُلاً أَجْنَبَ فِي شِتَاءٍ، فَسَأَلَ، فَأُمِرَ بِالْغُسْلِ فَمَاتَ، فَذُكِرَ ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ‏:‏ مَا لَهُمْ قَتَلُوهُ‏؟‏ قَتَلَهُمُ اللَّهُ- ثَلاَثًا- قَدْ جَعَلَ اللَّهُ الصَّعِيدَ- أَوِ التَّيَمُّمَ- طَهُورًا‏.‏قَالَ‏:‏ شَكَّ ابْنُ عَبَّاسٍ ثُمَّ أَثْبَتَهُ بَعْدُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1314: Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Yahya Adz-Dzuhli telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Umar bin Hafsh bin Ghiyats telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ayahku telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Al Walid bin Ubaidillah bin Abu Rabah telah mengabarkan kepadaku bahwa Atha, pamannya, telah menceritakan kepadanya dari Ibnu Abbas, Seseorang laki-laki berjunub pada musim dingin, ia bertanya tentang hal ini, lalu ia diperintahkan mandi, kemudian ia meninggal. Peristiwa ini diceritakan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau pun bersabda, “Mengapa mereka membunuhnya? Allah akan membunuh mereka —Beliau ucapkan 3 kali—. Sungguh, Allah telah menjadikan debu —atau tayammum— sebagai alat bersuci”. 10

Shahih Ibnu Hibban #1315

صحيح ابن حبان ١٣١٥: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلْمٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ أَبِي أَنَسٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنْ أَبِي قَيْسٍ، مَوْلَى عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، أَنَّ عَمْرَو بْنَ الْعَاصِ كَانَ عَلَى سَرِيَّةٍ، وَأَنَّهُ أَصَابَهُمْ بَرْدٌ شَدِيدٌ لَمْ يَرَوْا مِثْلَهُ، فَخَرَجَ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ، قَالَ‏:‏ وَاللَّهِ لَقَدِ احْتَلَمْتُ الْبَارِحَةَ، فَغَسَلَ مَغَابَتَهُ، وَتَوَضَّأَ وُضُوءَهُ لِلصَّلاَةِ، ثُمَّ صَلَّى بِهِمْ، فَلَمَّا قَدِمَ عَلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، سَأَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَصْحَابَهُ، فَقَالَ‏:‏ كَيْفَ وَجَدْتُمْ عَمْرًا وَأَصْحَابَهُ‏؟‏ فَأَثْنَوْا عَلَيْهِ خَيْرًا، وَقَالُوا‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، صَلَّى بِنَا وَهُوَ جُنُبٌ، فَأَرْسَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى عَمْرٍو فَسَأَلَهُ، فَأَخْبَرَهُ بِذَلِكَ وَبِالَّذِي لَقِيَ مِنَ الْبَرْدِ، وَقَالَ‏:‏ يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ اللَّهَ قَالَ‏:‏ ‏{‏وَلاَ تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ‏}‏ وَلَوِ اغْتَسَلْتُ مُتُّ، فَضَحِكَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى عَمْرٍو‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1315: Abdullah bin Muhammad bin Salm telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Ibnu Wahab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Amr bin Al Harits telah mengabarkan kepadaku dari Yazid bin Abu Habib dari Imran bin Abu Anas dari Abdurrahman bin Jubair dari Qais, hamba sahaya Amr bin Al Ash, Amr bin Al Ash berada dalam sebuah barisan tentara Saat itu mereka terserang cuaca sangat dingin yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Amr keluar untuk melaksanakan shalat Shubuh. Ia berkata, “Demi Allah! Kemarin aku sungguh-sungguh mimpi basah.” Lalu ia mencuci tempat tidurnya dan berwudhu seperti wudhu hendak shalat, kemudian ia melaksanakan shalat bersama mereka. Ketika orang-orang datang kepada Rasulullah, maka Rasulullah bertanya kepada para sahabatnya Beliau bersabda, “Bagaimana, kalian mendapatkan Amr dan para sahabatnya?". Mereka memuji (kepada Allah) tentang kabar baiknya Mereka berkata, “Wahai Rasulullah! Ia shalat bersama kami dalam keadaan junub.” Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengirim seseorang kepada Amr. (Setelah Amr datang), beliau bertanya kepadanya. Ia pun memberitahukan peristiwa ini dan rasa dingin yang ia rasakan, ia berkata, “Wahai Rasulullah! Sungguh, Allah telah berfirman وَلاَ تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ‏ “Dan janganlah kamu membunuh dirimu;”(Qs. An- Nisaa' [4]: 29). Jika aku mandi, aku akan mati.” Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun tertawa kepada Amr.” 172 [50:4]

Shahih Ibnu Hibban #1316

صحيح ابن حبان ١٣١٦: أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يَحْيَى، عَنْ حَيْوَةَ بْنِ شُرَيْحٍ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ الْهَادِ، أَنَّ نَافِعًا، حَدَّثَهُ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ‏:‏ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقْبَلَ مِنَ الْغَائِطِ، فَلَقِيَهُ رَجُلٌ عِنْدَ بِئْرِ جَمَلٍ، فَسَلَّمَ عَلَيْهِ، فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى أَقْبَلَ عَلَى الْحَائِطِ، فَوَضَعَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدَهُ عَلَى الْحَائِطِ، ثُمَّ مَسَحَ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ، ثُمَّ رَدَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الرَّجُلِ السَّلاَمَ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1316: Al Hasan bin Sufyan telah mengabarkan kami, ia berkata, Abdurrahman bin Ibrahim telah menceritakan kepada ia berkata, Abdullah bin Yahya telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Haywah bin Syuraih dari Yazid bin Al Had bahwa Nafi’ menceritakan kepadanya dari Ibnu Umar, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menghadap ke tempat buang hajat. Beliau bertemu dengan seorang laki-laki di Bi’r Jamal. Lalu laki-laki itu mengucapkan salam kepadanya. Namun Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak menjawab salamnya sampai beliau menghadap ke sebuah tembok. Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam meletakkan tangannya di tembok. Kemudian beliau mengusap wajah dan kedua tangannya. Setelah itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab salam laki-laki tersebut.” 174 [10: 5]

Shahih Ibnu Hibban #1317

صحيح ابن حبان ١٣١٧: أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ سِنَانٍ الطَّائِيُّ، بِمَنْبِجَ، أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّهَا قَالَتْ‏:‏ خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي بَعْضِ أَسْفَارِهِ، حَتَّى إِذَا كُنَّا بِالْبَيْدَاءِ أَوْ بِذَاتِ الْجَيْشِ، انْقَطَعَ عِقْدٌ لِي، فَقَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْتِمَاسِهِ، وَأَقَامَ النَّاسُ مَعَهُ، وَلَيْسَ هُمْ عَلَى مَاءٍ وَلَيْسَ مَعَهُمْ مَاءٌ، فَجَاءَ أُنَاسٌ إِلَى أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ، فَقَالُوا‏:‏ أَلاَ تَرَى مَا صَنَعَتْ عَائِشَةُ‏؟‏أَقَامَتْ بِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِالنَّاسِ، وَلَيْسُوا عَلَى مَاءٍ، وَلَيْسَ مَعَهُمْ مَاءٌ، فَعَاتَبَنِي أَبُو بَكْرٍ، وَقَالَ مَا شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَقُولَ، وَجَعَلَ يَطْعُنُ بِيَدِهِ فِي خَاصِرَتِي، فَلاَ يَمْنَعُنِي مِنَ التَّحَرُّكِ إِلاَّ مَكَانُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، حَتَّى أَصْبَحَ عَلَى غَيْرِ مَاءٍ، فَأَنْزَلَ اللَّهُ آيَةَ التَّيَمُّمِ فَتَيَمَّمُوا‏.‏ قَالَ أُسَيْدُ بْنُ حُضَيْرٍ- وَهُوَ أَحَدُ النُّقَبَاءِ-‏:‏ مَا هَذَا بِأَوَّلِ بَرَكَتِكُمْ يَا آلَ أَبِي بَكْرٍ، قَالَتْ عَائِشَةُ‏:‏ فَبَعَثْنَا الْبَعِيرَ الَّذِي كُنْتُ عَلَيْهِ فَوَجَدْنَا الْعِقْدَ تَحْتَهُ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1317: Umar bin Sa’id bin Sinan Ath-Tha’i di Manbaj telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ahmad bin Abu Bakar telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Malik dari Abdurrahman bin Al Qasim dari ayahnya dari Aisyah bahwa ia berkata, Kami pernah keluar bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam salah satu perjalanan beliau. Hingga ketika kami berada didaerah Al Baida atau Dzat Al Jaisy, kalung milikku putus. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berhenti untuk mencarinya. Para sahabat pun ikut berhenti dan mencarinya bersama beliau. Saat itu mereka tidak membawa air dan tidak memiliki air sama sekali. Lalu mereka mendatangi Abu Bakar Ash-Shiddiq. Mereka berkata, “Tidakkah engkau melihat apa yang diperbuat Aisyah? Ia telah membuat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabat berhenti, padahal mereka semua tidak memiliki air sedikit pun.”Kemudian Abu Bakar Ash-Shiddiq memarahiku dan mengatakan sesuatu yang telah Allah kehendaki untuk ia katakan, lalu memukul lambungku dengan tangannya. Aku tidak dapat bergerak karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di atas pahaku. Beliau tidur sampai pagi hari tanpa ada air sedikit pun. Kemudian Allah menurunkan ayat tayammum dan mereka pun bertayammum.” Sehubungan dengan kejadian itu, Usaid bin Hudhair —salah seorang pemimpin— berkata, “Itu bukanlah berkah yang pertama bagimu, wahai keluarga Abu Bakar.” Aisyah berkata, “Kemudian kami mencari unta yang aku kendarai sebelumnya dan kami menemukan kalung itu di bawahnya.” 175

Shahih Ibnu Hibban #1318

صحيح ابن حبان ١٣١٨: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ الْجُنَيْدِ بِبُسْتَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ، قَالَ‏:‏ سَأَلْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ، عَنِ الْمَسْحِ عَلَى الْخُفَّيْنِ، فَقَالَ‏:‏ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَمْسَحُ عَلَيْهِمَا‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1318: Muhammad bin Ubaidillah bin Al Junaid di Busta telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Awanah telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Abu Ya’fur, 177 ia berkata, Aku bertanya kepada Anas bin Malik tentang mengusap sepasang khujf. Ia menjawab, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengusap sepasang khuff ” 178 [3:4]

Shahih Ibnu Hibban #1319

صحيح ابن حبان ١٣١٩: أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الأَزْدِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ‏:‏ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ أَبِي النَّجُودِ، عَنْ زِرِّ بْنِ حُبَيْشٍ، قَالَ‏:‏ أَتَيْتُ صَفْوَانَ بْنَ عَسَّالٍ، أَسْأَلُهُ عَنِ الْمَسْحِ عَلَى الْخُفَّيْنِ، فَقَالَ‏:‏ مَا غَدَا بِكَ‏؟‏ فَقُلْتُ‏:‏ ابْتِغَاءَ الْعِلْمِ، قَالَ‏:‏ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ‏:‏ إِنَّ الْمَلاَئِكَةَ تَضَعُ أَجْنِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ، فَسَأَلْتُهُ عَنِ الْمَسْحِ عَلَى الْخُفَّيْنِ، فَقَالَ‏:‏ أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَمْسَحَ ثَلاَثًا إِذَا سَافَرْنَا، وَيَوْمًا وَلَيْلَةً إِذَا أَقَمْنَا، وَلاَ نَنْزِعُهُمَا مِنْ غَائِطٍ وَلاَ بَوْلٍ وَلاَ نَوْمٍ، وَلَكِنْ مِنَ الْجَنَابَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1319: Abdullah bin Muhammad Al Azdi telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdurrazzaq telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Ma’mar telah mengabarkan kepada kami sebuah hadits dari Ashim bin Abu An-Najud dari Zirr bin Hubaisy, ia berkata, Aku datang kepada Shafwan bin Assal untuk menanyakan kepadanya tentang mengusap sepasang khuff. Ia bertanya, Apa maksud keberangkatanmu (ke sini)?”. Aku menjawab, “Mencari ilmu”. Ia berkata, Sungguh179 , aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya para Malaikat meletakkan sayap-sayapnya untuk pencari ilmu karena merasa rela atas apa yang ia lakukan.". Lalu aku bertanya kepadanya tentang mengusap sepasang khuff. Ia menjawab, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk mengusap (sepasang khuff) selama tiga hari, jika kami sedang bepergian dan satu hari jika kami sedang bermukim di rumah. Dan (memerintahkan) agar kami tidak melepaskan keduanya180 saat hendak buang air, kencing dan tidur. Namun bukan saat beijunub.” 181

Shahih Ibnu Hibban #1320

صحيح ابن حبان ١٣٢٠: أَخْبَرَنَا أَبُو عَرُوبَةَ بِحَرَّانَ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَمْرٍو الْبَجَلِيُّ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنْ زِرِّ بْنِ حُبَيْشٍ، قَالَ‏:‏ أَتَيْتُ صَفْوَانَ بْنَ عَسَّالٍ الْمُرَادِيَّ، فَقُلْتُ‏:‏ إِنَّهُ حَاكَ فِي نَفْسِي الْمَسْحُ عَلَى الْخُفَّيْنِ، فَهَلْ سَمِعْتَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَذْكُرُ فِي الْمَسْحِ عَلَى الْخُفَّيْنِ شَيْئًا‏؟‏ قَالَ‏:‏ نَعَمْ، أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كُنَّا سَفَرًا أَوْ مُسَافِرِينَ، أَنْ لاَ نَنْزِعَ، أَوْ نَخْلَعَ خِفَافَنَا ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيَهُنَّ مِنْ غَائِطٍ وَلاَ بَوْلٍ، إِلاَّ مِنَ الْجَنَابَةِ‏.‏

Shahih Ibnu Hibban 1320: Abu Arubah di Harran telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, Abdurrahman bin Amr Al Bajali telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Zuhair bin Mu’awiyah telah menceritakan kepada kami sebuah hadits dari Ashim dari Zirr bin Hubaisy, ia berkata, Aku datang kepada Shafwan bin Assal Al Muradi. Aku berkata, Sungguh, di dalam hatiku meresap keinginan untuk mengusap sepasang khuff. Apakah engkau mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan sesuatu tentang mengusap sepasang khuff?”. Ia menjawab, “Benar. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyuruh kami, ketika kami sedang dalam peijalanan, atau menjadi musafir, agar kami tidak mencabut atau melepas khuff-khuff kami selama 3 hari 3 malam saat hendak buang air dan kencing, kecuali saat beijunub.” 182 [40: 4]