صحيح ابن خزيمة

Shahih Ibnu Khuzaimah

Shahih Ibnu Khuzaimah #1441

صحيح ابن خزيمة ١٤٤١: نا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، ثنا حَمَّادُ بْنُ مَسْعَدَةَ، ثنا عُبَيْدُ اللَّهِ، وَثنا أَبُو مُوسَى، ثنا عَبْدُ الْوَهَّابِ يَعْنِي الثَّقَفِيَّ، نا عُبَيْدُ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَخْطُبُ بَعْدَ الصَّلَاةِ» ، وَفِي حَدِيثِ حَمَّادِ بْنِ مَسْعَدَةَ: يَعْنِي فِي الْعِيدِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1441: Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, Hammad bin Mas’adah menceritakan kepada kami, UbaiduIIah menceritakan kepada kami, Abu Musa menceritakan kepada kami, Abdul Wahhab -yaitu Ats-Tsaqafi- menceritakan kepada kami, UbaiduIIah menceritakan kepada kami dari Ibnu Umar bahwa Nabi berkhutbah setelah shalat. Di dalam hadits Hammad bin Mas’adah disebutkan bahwa maksudnya adalah shalat Hari Raya.

Shahih Ibnu Khuzaimah #1442

صحيح ابن خزيمة ١٤٤٢: نا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ، نا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: سَمِعْتُهُ يَقُولُ: «إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ يَوْمَ الْفِطْرِ فَصَلَّى، فَبَدَأَ بِالصَّلَاةِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ، ثُمَّ خَطَبَ النَّاسَ، فَلَمَّا فَرَغَ نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَزَلَ فَأَتَى النِّسَاءَ، فَذَكَّرَهُنَّ وَهُوَ يَتَوَكَّأُ عَلَى يَدِ بِلَالٍ، وَبِلَالٌ بَاسِطٌ ثَوْبَهُ يُلْقِينَ النِّسَاءُ صَدَقَةً» ، قُلْتُ لِعَطَاءٍ: زَكَاةُ الْفِطْرِ؟ قَالَ: لَا، وَلَكِنَّهُ صَدَقَةٌ يَتَصَدَّقْنَ بِهَا حِينَئِذٍ، تُلْقِي الْمَرْأَةُ فَتْخَهَا، وَيُلْقِينَ وَيُلْقِينَ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1442: Muhammad bin Rafi’ menceritakan kepada kami, Abdurrazzaq menceritakan kepada kami, Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami, Atha' mengabarkan kepadaku dari Jabir bin Abdullah, ia berkata: Aku mendengarnya berkata, "Sesungguhnya Nabi berdiri pada Hari Raya lalu shalat. Beliau kemudian melakukan shalat terlebih dahulu kemudian berkhutbah, lalu berkhutbah kepada orang-orang. Ketika Nabi selesai berkhutbah, beliau lalu mendatangi kaum wanita, mengingatkan mereka sambil bersandar pada tangan Bilal, [dan Bilal] merentangkan bajunya saat kaum wanita melemparkan sedekahnya." Aku bertanya kepada Atha', "Apakah itu zakat Fitrah?" Ia menjawab, "Bukan, akan tetapi sedekah yang dikeluarkan oleh mereka pada saat itu, kaum wanita melemparkan perhiasan mereka dan terus melemparkan."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1443

صحيح ابن خزيمة ١٤٤٣: نا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، ثنا وَكِيعٌ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ قَيْسٍ الْفَرَّاءِ، عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي سَرْحٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ: «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَطَبَ يَوْمَ عِيدٍ عَلَى رَاحِلَتِهِ» قَالَ أَبُو بَكْرٍ: " هَذِهِ اللَّفْظَةُ تَحْتَمِلُ مَعْنَيَيْنِ، أَحَدُهُمَا أَنَّهُ خَطَبَ قَائِمًا لَا جَالِسًا، وَالثَّانِي أَنَّهُ خَطَبَ عَلَى الْأَرْضِ، كَإِنْكَارِ أَبِي سَعِيدٍ عَلَى مَرْوَانَ لَمَّا أَخْرَجَ الْمِنْبَرَ، فَقَالَ: لَمْ يَكُنْ يُخْرِجُ الْمِنْبَرَ "

Shahih Ibnu Khuzaimah 1443: Salam bin Junadah menceritakan kepada kami, Waki’ menceritakan kepada kami dari Daud bin Qais Al Farra', dari Iyadh bin Abdullah bin Abu Sarah, dari Abu Sa’id Al Kbudri bahwa Nabi pernah menyampaikan khutbah Hari Raya dari atas kendaraannya. Abu Bakar berkata, "Lafazh ini mengandung dua pengertian: Pertama, beliau berkhutbah sambil berdiri bukan sambil duduk. Kedua, beliau berkhutbah di atas tanah. Sebagaimana Abu Sa’id mengingkari perbuatan Marwan tatkala ia mengeluarkan mimbar, ia berkata, ’Beliau tidak pernah mengeluarkan mimbar'."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1444

صحيح ابن خزيمة ١٤٤٤: نا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى الصَّنْعَانِيُّ، نا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ، ثنا عُبَيْدُ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ «أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَخْطُبُ الْخُطْبَتَيْنِ وَهُوَ قَائِمٌ، وَكَانَ يَفْصِلُ بَيْنَهُمَا بِجُلُوسٍ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1444: Muhammad bin Abdul A’la Ash-Shan’ani menceritakan kepada kami, Bisyir bin Al Mufadhdhal menceritakan kepada kami, Ubaidullah menceritakan kepada kami dari Nafi’, dari Abdullah bahwa Rasulullah pernah menyampaikan khutbah dua kali sambil berdiri dan beliau memisahkan antara keduanya dengan duduk."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1445

صحيح ابن خزيمة ١٤٤٥: نا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ، ثنا حَفْصٌ يَعْنِي ابْنَ جَمِيعٍ الْعِجْلِيَّ، ثنا سِمَاكُ بْنُ حَرْبٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ السُّوَائِيِّ قَالَ: سَمِعْتُهُ يَقُولُ: «رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ قَائِمًا، ثُمَّ يَقْعُدُ قَعْدَةً لَا يَتَكَلَّمُ، ثُمَّ يَقُومُ فَيَخْطُبُ خُطْبَةً أُخْرَى، فَمَنْ حَدَّثَكُمْ أَنَّهُ رَأَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ قَاعِدًا فَقَدْ كَذَبَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1445: Ahmad bin Abdah menceritakan kepada kami, Hafash -yaitu Ibnu Jami’ Al Ijli- menceritakan kepada kami, Simak bin Harb menceritakan kepada kami dari Jabir bin Samurah As-Suwa'i, ia berkata: Aku mendengarnya berkata, "Aku pernah melihat Rasulullah berkhutbah pada hari Jum’at sambil berdiri, lalu beliau duduk tanpa berbicara sedikit pun, kemudian berdiri lalu menyampaikan, khutbah yang kedua. Maka barangsiapa yang menceritakan kepadamu bahwa ia melihat Rasulullah berkhutbah sambil duduk berarti ia telah berdusta."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1446

صحيح ابن خزيمة ١٤٤٦: نا الْحَسَنُ بْنُ مُحَمَّدٍ، وَسَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ قَالَا: ثنا وَكِيعٌ قَالَ الْحَسَنُ قَالَ: ثنا سُفْيَانُ، عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَخْطُبُ قَائِمًا، وَيَجْلِسُ بَيْنَ الْخُطْبَتَيْنِ وَيَتْلُو آيَةً مِنَ الْقُرْآنِ، وَكَانَتْ خُطْبَتُهُ قَصْدًا، وَصَلَاتُهُ قَصْدًا» ، غَيْرَ أَنَّ الْحَسَنَ قَالَ: وَكَانَ يَتْلُو عَلَى الْمِنْبَرِ فِي خُطْبَتِهِ آيَةً مِنَ الْقُرْآنِ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1446: Al Hasan bin Muhammad dan Salam bin Junadah menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Waki’ menceritakan kepada kami, Al Hasan berkata: Ia berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari Simak bin Harb, dari Jabir bin Samurah bahwa Nabi pernah berkhutbah sambil berdiri dan beliau duduk di antara dua khutbah serta membaca beberapa ayat Al Qur'an. Khutbah beliau sangat singkat dan shalatnya juga singkat." Akan tetapi Al Hasan berkata. "Beliau membaca ayat Al Qur'an di dalam khutbahnya di atas mimbar."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1447

صحيح ابن خزيمة ١٤٤٧: نا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ السَّعْدِيُّ، نا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ، نا دَاوُدُ بْنُ قَيْسٍ، عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي سَرْحٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَخْرُجُ يَوْمَ الْأَضْحَى وَالْفِطْرِ فَيَبْدَأُ بِالصَّلَاةِ، فَإِذَا قَضَى صَلَاتَهُ وَسَلَّمَ قَامَ، فَأَقْبَلَ عَلَى النَّاسِ بِوَجْهِهِ، وَهُمْ جُلُوسٌ فِي مُصَلَّاهُمْ، فَإِنْ كَانَتْ لَهُ حَاجَةٌ بِبَعْثٍ أَوْ غَيْرِ ذَلِكَ ذَكَرَهُ لِلنَّاسِ، وَإِنْ كَانَتْ لَهُ حَاجَةٌ أَمَرَهُمْ بِهَا، وَكَانَ يَقُولُ: «تَصَدَّقُوا. تَصَدَّقُوا. تَصَدَّقُوا» ، وَكَانَ أَكْثَرَ مَنْ يَتَصَدَّقُ النِّسَاءُ، ثُمَّ يَنْصَرِفُ، فَلَمْ تَزَلْ كَذَلِكَ حَتَّى كَانَ مَرْوَانُ بْنُ الْحَكَمِ، فَخَرَجْتُ مُخَاصِرًا مَرْوَانَ حَتَّى أَتَيْنَا الْمُصَلَّى، فَإِذَا كَثِيرُ بْنُ الصَّلْتِ قَدْ بَنَى مِنْبَرًا مِنْ طِينٍ وَلَبِنٍ، وَإِذَا مَرْوَانُ يُنَازِعُنِي يَدَهُ كَأَنَّهُ يَجُرُّنِي نَحْوَ الْمِنْبَرِ، وَأَنَا أَجُرُّهُ نَحْوَ الْمُصَلَّى، فَلَمَّا رَأَيْتُ ذَلِكَ مِنْهُ، قُلْتُ: أَيْنَ الِابْتِدَاءُ بِالصَّلَاةِ؟ فَقَالَ مَرْوَانُ: يَا أَبَا سَعِيدٍ، تُرِكَ مَا تَعْلَمُ، فَرَفَعْتُ صَوْتِي: كَلَّا، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا تَأْتُونَ بِخَيْرٍ مِمَّا أَعْلَمُ، ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ انْصَرَفْتُ

Shahih Ibnu Khuzaimah 1447: Ali bin Hujr As-Sa’di menceritakan kepada kami, Ismail bin Ja'far menceritakan kepada kami, Daud bin Qais menceritakan kepada kami dari lyadh bin Abdullah bin Sa’ad bin Abu Sarh, dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa ketika Rasulullah keluar pada Hari Raya Adha dan Fitri, beliau melakukan shalat terlebih dahulu, dan apabila beliau telah menyelesaikan shalatnya dan mengucap salam, beliau lalu berdiri sambil menghadapkan mukanya kepada orang-orang sedangkan mereka duduk di tempat shalatnya. Apabila beliau mempunyai kepentingan untuk menyampaikan suatu misi atau lainnya di dalam khutbah maka beliau menyebutkannya kepada orang-orang, dan apabila beliau mempunyai kepentingan saat itu maka beliau langsung memerintahkan mereka, beliau berkata, "Bersedekahlah, bersedekahlah, bersedekahlah!" Yang paling banyak bersedekah adalah kaum wanita. Setelah itu beliau pergi. Hal itu terus berlangsung sampai tiba masa Marwan bin Al Hakam. Aku pernah keluar di masa kekuasaan Marwan sehingga kami tiba di tempat shalat. Ternyata Katsir bin Shalt telah membangun mimbar dari tanah dan batu bata. Tiba-tiba Marwan mengacungkan tangannya memerintahkanku, seakan-akan ia menarikku ke atas mimbar dan aku menarik dirinya ke tempat shalat, ketika aku melihat hal itu pada dirinya, maka aku berkata, "Mana shalat yang harus dilakukan terlebih dahulu?" Marwan menjawab, "Wahai Abu Sa’id, yang kamu ketahui itu telah ditinggalkan." Mendengar itu, aku lalu mengangkat suaraku, "Tidak, demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, kamu tidak dapat mendatangkan yang lebih baik dari yang aku ketahui." -Sebanyak tiga kali-, lalu aku pergi."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1448

صحيح ابن خزيمة ١٤٤٨: نا بِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ الْعَقَدِيُّ، نا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ، نا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِسْحَاقَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مُعَاوِيَةَ، عَنِ ابْنِ أَبِي ذُبَابٍ، عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ: " مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَاهِرًا يَدَيْهِ قَطُّ يَدْعُو عَلَى مِنْبَرِهِ وَلَا عَلَى غَيْرِهِ، وَلَكِنْ رَأَيْتُهُ يَقُولُ هَكَذَا: وَأَشَارَ بِأُصْبُعِهِ السَّبَّابَةِ يُحَرِّكُهَا " قَالَ أَبُو بَكْرٍ: «عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مُعَاوِيَةَ هَذَا أَبُو الْحُوَيْرِثِ مَدَنِيٌّ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1448: Bisyir bin Mu’adz Al Aqadi menceritakan kepada kami, Bisyir bin Al Mufadhdhal menceritakan kepada kami, Abdurrahman bin Ishak menceritakan kepada kami dari Abdurrahman bin Mu’awiyah, dari Ibnu Abu Dzi'ib, dari Sahal bin Sa’ad, ia berkata, "Aku tidak pernah melihat Rasulullah membentangkan kedua tangannya untuk berdoa di atas mimbar dan tidak pula dalam kebutuhan lainnya, akan tetapi aku melihat beliau terdoa seperti ini. Ia kemudian memberi isyarat dengan jari telunjuknya sambil digerakkan." Abu bakar berkata, "Abdurrahman bin Muawiyah yang disebutkan di sini adalah Abu Al Huwairits Madani."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1449

صحيح ابن خزيمة ١٤٤٩: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ الْأَشَجُّ، ثنا ابْنُ إِدْرِيسَ، عَنْ حُصَيْنٍ، عَنْ عُمَارَةَ بْنِ رُوَيْبَةَ أَنَّهُ، رَأَى بِشْرَ بْنَ مَرْوَانَ عَلَى الْمِنْبَرِ رَافِعًا يَدَيْهِ، فَقَالَ: «قَبَّحَ اللَّهُ هَاتَيْنِ الْيَدَيْنِ، رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، لَا يَزِيدُ عَلَى أَنْ يُشِيرَ بِأُصْبُعِهِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1449: Abdullah bin Sa’id Al Asyaj menceritakan kepada kami, Ibnu Idris menceritakan kepada kami dari Hushain, dari Umarah bin Ruwaibah bahwa ia melihat Bisyir bin Marwan di atas mimbar mengangkat tangannya lalu berkata, "Allah telah menghinakan kedua tangan ini, aku melihat Rasulullah tidak lebih hanya memberi isyarat dengan jari tangannya ketika berdoa)."

Shahih Ibnu Khuzaimah #1450

صحيح ابن خزيمة ١٤٥٠: نا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدِ بْنِ كَثِيرِ بْنِ عُفَيْرٍ الْمِصْرِيُّ، ثنا عَمْرُو بْنُ خَالِدٍ، ثنا شِهَابُ بْنُ خِرَاشٍ الْحَوشِيُّ، حَدَّثَنِي شُعَيْبُ بْنُ رُزَيْقٍ الطَّائِفِيُّ قَالَ: جَلَسْتُ إِلَى - أَوْ مَعَ - رَجُلٍ لَهُ صُحْبَةٌ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَالُ لَهُ الْحَكَمُ بْنُ حَزَنٍ الْكُلَفِيُّ، فَأَنْشَأَ يُحَدِّثُنَا قَالَ: «وَفَدْتُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَابِعَ سَبْعَةٍ، أَوْ تَاسِعَ تِسْعَةٍ، فَشَهِدْنَا الْجُمُعَةَ، فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُتَوَكِّئًا عَلَى قَوْسٍ أَوْ عَصًا، فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ كَلِمَاتٍ طَيِّبَاتٍ خَفِيفَاتٍ مُبَارَكَاتٍ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 1450: Ubaidullah bin Sa’id bin Katsir bin Ufair Al Mishri menceritakan kepada kami, Amr bin Khalid menceritakan kepada kami, Syihab bin Khirrasy Al Hausyi menceritakan kepada kami, Syu’aib bin Ruzaiq Ath-tha'ifi menceritakan kepadaku, ia berkata, "Aku pernah duduk kepada -atau bersama- seorang laki-laki yang pernah bersama Rasulullah bernama Al Hakam bin Hazan Al Kulafi, kemudian ia memulai dengan menceritakan hadits kepada kami, ia berkata, "Aku pernah diutus menghadap Rasulullah sebagai orang ketujuh dari tujuh orang atau orang kesembilan dari sembilan orang. Kami kemudian mengikuti shalat Jum’at sedangkan Rasulullah berdiri dengan berpegangan pada panah atau tongkat kayu. Beliau kemudian memuji Allah dan mengagungkan-Nya, sedangkan kalimat-kalimat beliau sangat baik, ringan dan memberikan keberkahan."