وَمِنْ كِتَابِ اخْتِلَافِ مَالِكٍ وَالشَّافِعِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا

Kitab Pembahasan Tentang Perbedaan Malik dan Asy-Syafi'i Radliyallahu 'anhuma

Musnad Syafi'i #1150

مسند الشافعي ١١٥٠: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: «جَاءَ عَمِّي أَفْلَحُ، وَذَكَرَ الْحَدِيثَ» قَالَ الرَّبِيعُ: زَعَمَ الشَّافِعِيُّ مَا أَحَدٌ أَشَدَّ خِلَافًا لِأَهْلِ الْمَدِينَةِ مِنْ مَالِكٍ

Musnad Syafi'i 1150: Sufyan bin Uyainah mengabarkan kepada kami dari Az- Zuhri, dari Urwah, dari Aisyah, ia menceritakan: Pamanku, Aflah, telah tiba hingga akhir hadits. 388 (Ar-Rabi' mengatakan:) Asy-Syafi'i menyangka bahwa tidak ada satu orang pun yang sangat keras pertentangannya kepada penduduk Madinah dari pada Malik.

Musnad Syafi'i #1151

مسند الشافعي ١١٥١: أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَلْقَمَةَ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قُسَيْطٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، وَأَبِي سَلَمَةَ، وَعَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ، وَعَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، أَنَّ الرَّضَاعَةَ، مِنْ قِبَلِ الرِّجَالِ لَا تُحَرِّمُ شَيْئًا

Musnad Syafi'i 1151: Abdul Aziz mengabarkan kepada kami dari Muhammad bin Amr bin Alqamah, dari Zaid bin Abdullah bin Qusaith, dari Sa'id bin Al Musayyab dan Abu Salamah, dari Sulaiman bin Yasar, dari Atha' bin Yasar: Radha'ah dari pihak lelaki (suami) tidak mengharamkan sesuatu pun. 389

Musnad Syafi'i #1152

مسند الشافعي ١١٥٢: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ أَبِي حَازِمِ بْنِ دِينَارٍ، سَمِعَ سَهْلَ بْنَ سَعْدٍ السَّاعِدِيَّ، أَنَّ رَجُلًا، خَطَبَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ امْرَأَةً قَائِمَةً، فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي صَدَاقِهَا فَقَالَ: «الْتَمِسْ وَلَوْ خَاتَمًا مِنْ حَدِيدٍ»

Musnad Syafi'i 1152: Malik mengabarkan kepada kami dari Abu Hazim bin Dinar, Sahi bin Said As-Sa'idi mendengar: Ada seorang lelaki melamar seorang wanita yang sedang berdiri kepada Nabi , maka beliau bersabda sehubungan dengan maskawinnya, "Carilah, sekalipun cincin dari besi.390

Musnad Syafi'i #1153

مسند الشافعي ١١٥٣: أَخْبَرَنَا الثِّقَةُ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ، إِنْ لَمْ أَكُنْ سَمِعْتُهُ مِنْ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ قُسَيْطٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، أَنَّ عُمَرَ، وَعُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَضَيَا فِي الْمُلْطَاةِ بِنِصْفِ دِيَةِ الْمُوضِحَةِ

Musnad Syafi'i 1153: Orang yang dipercaya mengabarkan kepada kami dari Abdullah bin Harits jika aku tidak mendengarnya dari Abdullah, dari Malik bin Anas, Yazid bin Qusaith, dari Said bin Musayyab: Umar dan Utsman telah memutuskan dalam kasus pelukaan milthah setengah diyat pelukaan mudhihah (luka yang terlihat tulangnya). 391

Musnad Syafi'i #1154

مسند الشافعي ١١٥٤: أَخْبَرَنَا مُسْلِمٌ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ قُسَيْطٍ، عَنِ ابْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ عُمَرَ، وَعُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا مِثْلَهُ أَوْ مِثْلَ مَعْنَاهُ. قَالَ الشَّافِعِيُّ: وَأَخْبَرَنِي مَنْ سَمِعَ ابْنَ نَافِعٍ يَذْكُرُ عَنْ مَالِكٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ. قَالَ الشَّافِعِيُّ: وَقَرَأْنَا عَلَى مَالِكٍ أَنَّا لَمْ نَعْلَمْ أَحَدًا مِنَ الْأَئِمَّةِ فِي الْقَدِيمِ وَلَا فِي الْحَدِيثِ قَضَى فِيمَا دُونَ الْمُوضِحَةِ بِشَيْءٍ

Musnad Syafi'i 1154: Muslim mengabarkan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari Ats-Tsauri, dari Malik, dari Yazid bin Abdullah bin Qusaith, dari Ibnu Al Musayyab, dari Umar dan Utsman tentang atsar yang semisal dengannya atau yang semisal semaknanya.392 Asy-Syafi'i mengatakan: Telah menceritakan kepadanya orang yang telah mendengar dari Ibnu Nafi' ketika menceritakan atsar ini dari Malik dengan sanad yang yang semisal dengannya. Asy-Syafi'i pernah berkata, "Kami telah belajar dari Imam Malik bahwa ia belum pernah mengetahui seorang imam pun, —baik yang terdahulu maupun yang kemudian— memutuskan sesuatu diyat dalam kasus pelukaan yang lebih ringan daripada luka mudhihah.”