كِتَابُ الصَّلَاةِ

Kitab Shalat

Shahih Ibnu Khuzaimah #651

صحيح ابن خزيمة ٦٥١: نا بُنْدَارٌ، نا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْقَطَّانُ إِمْلَاءً، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَطَاءٍ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ قَالَ: سَمِعْتُهُ فِي عَشَرَةٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَحَدُهُمْ أَبُو قَتَادَةَ بْنُ رِبْعِيٍّ قَالَ: «كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ اعْتَدَلَ قَائِمًا» ، وَذَكَرَ بَعْضَ الْحَدِيثِ، وَقَالَ: " ثُمَّ هَوَى إِلَى الْأَرْضِ سَاجِدًا، ثُمَّ قَالَ: اللَّهُ أَكْبَرُ، ثُمَّ جَافَى عَضُدَيْهِ عَنْ إِبْطَيْهِ، وَفَتَحَ أَصَابِعَ رِجْلَيْهِ "

Shahih Ibnu Khuzaimah 651: Bundar mengabarkan kepada kami, Yahya bin Said Al Qathan secara Imla' mengabarkan kepada kami, Abu Humaid bin Ja’far menceritakan kepada kami, Muhammad bin Atha' menceritakan kepada kami dari Abu Humaid As-Sa'idi, ia berkata, “Aku mendengar dari sepuluh orang shabat Nabi, di antaranya; Abu Qatadah bin Rabi’, ia berkata, “Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam apabila hendak melakukan shalat, beliau berdiri tegak.' Lalu ia menyebutkan sebagian hadits, lalu ia berkata, 'Kemudian beliau turun ke tanah untuk sujud lalu mengucapkan, 'Allahu Akbar’ kemudian merenggangkan lengan atas menjauhi kedua ketiak beliau dan membuka jari-jari kedua kaki beliau’.’802

Shahih Ibnu Khuzaimah #652

صحيح ابن خزيمة ٦٥٢: نا أَبُو زُهَيْرٍ عَبْدُ الْمَجِيدِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْمِصْرِيُّ، حَدَّثَنَا شُعَيْبٌ يَعْنِي ابْنَ يَحْيَى التُّجِيبِيَّ، ثنا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ، أَنَّ مُحَمَّدَ بْنَ عَمْرِو بْنِ حَلْحَلَةَ، حَدَّثَهُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَطَاءٍ، أَنَّهُ كَانَ جَالِسًا مَعَ نَفَرٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرُوا صَلَاةَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ أَبُو حُمَيْدٍ السَّاعِدِيُّ: «أَنَا كُنْتُ أَحْفَظَكُمْ لِصَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، رَأَيْتُهُ إِذَا كَبَّرَ جَعَلَ يَدَيْهِ حِذَاءَ مَنْكِبَيْهِ، فَإِذَا رَكَعَ أَمْكَنَ يَدَيْهِ مِنْ رُكْبَتَيْهِ، ثُمَّ هَصَرَ ظَهْرَهُ، فَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ اسْتَوَى حَتَّى يَعُودَ كُلُّ فَقَارٍ مِنْهُ مَكَانَهُ، وَإِذَا سَجَدَ وَضَعَ يَدَيْهِ غَيْرَ مُفْتَرِشٍ وَلَا قَابِضَهُمَا، وَاسْتَقْبَلَ بِأَصَابِعِ رِجْلَيْهِ الْقِبْلَةَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 652: Abu Zuhair Abdul Majid bin Ibrahim Al Mishri, Syuaib menceritakan kepada kami —Ibnu Yahya At-Tujibi- Yahya bin Ayub menceritakan kepada kami, dari Yazid bin Abu Hubaib, sesungguhnya Ibnu Amr bin Halhalah menceritakan dari Muhammad bin Amr bin Atha': Sesungguhnya Muhammad bin Amr bin Atha' sedang duduk bersama beberapa shabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu mereka menyebutkan tata cara shalat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Abu Hamid As-Sa'idi berkata, “Diantara kalian, aku adalah orang yang paling hafal mengenai tata cara shalat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila mengucapkan takbir, beliau menjadikan kedua tangannya berada sejajar dengan kedua pundak beliau. Apabila ruku, maka beliau menempelkan kedua tangannya pada kedua lutut beliau kemudian membongkokkan tulang punggungnya. Apabila mengangkat kepala, beliau berdiri tegak hingga masing-masing persendian (tulang punggung) kembali pada posisinya. Apabila Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sujud, maka beliau meletakkan kedua tangannya dengan tidak menghamparkan dan tidak menggenggam keduanya dan beliau menghadapkan jari-jari kedua kakinya ke arah kiblat.” 803

Shahih Ibnu Khuzaimah #653

صحيح ابن خزيمة ٦٥٣: نا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْحَكَمِ، نا أَبِي، أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ دَرَّاجٍ أَبِي السَّمْحِ، عَنِ ابْنِ حُجَيْرَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا سَجَدَ أَحَدُكُمْ فَلَا يَفْتَرِشْ يَدَيْهِ افْتِرَاشَ الْكَلْبِ، وَلْيَضُمَّ فَخِذَيْهِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 653: Said bin Abdullah bin Abdul Hakam mengabarkan kepada kami, Ayahku mengabarkan kepada kami, Al-Laits bin Sa'ad mengabarkan kepada kami dari Darraj Abu As-Samh, dari Ibnu Hujairah dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian melakukan sujud, hendaklah ia tidak mehamparkan kedua tangannya seperti anjing, dan rapatkanlah kedua pahanya.” 804

Shahih Ibnu Khuzaimah #654

صحيح ابن خزيمة ٦٥٤: نا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحِيمِ الْبَرْقِيُّ، وَإِسْمَاعِيلُ بْنُ إِسْحَاقَ الْكُوفِيُّ، سَكَنَ الْفُسْطَاطَ قَالَا: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ، أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ، حَدَّثَنِي عُمَارَةُ بْنُ غَزِيَّةَ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا النَّضْرِ يَقُولُ: سَمِعْتُ عُرْوَةَ بْنَ الزُّبَيْرِ يَقُولُ: قَالَتْ عَائِشَةُ زَوْجِ النَّبِيِّ: فَقَدْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَ مَعِي عَلَى فِرَاشِي، فَوَجَدْتُهُ سَاجِدًا رَاصًّا عَقِبَيْهِ مُسْتَقْبِلًا بِأَطْرَافِ أَصَابِعِهِ الْقِبْلَةَ، فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ: «أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِعَفْوِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ، وَبِكَ مِنْكَ، أُثْنِيَ عَلَيْكَ لَا أَبْلُغُ كُلَّ مَا فِيكَ» ، فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ: «يَا عَائِشَةُ، أَخَذَكِ شَيْطَانُكِ؟» ، فَقَالَتْ: أَمَا لَكَ شَيْطَانٌ؟ قَالَ: «مَا مِنْ آدَمَيٍّ إِلَّا لَهُ شَيْطَانٌ» ، فَقُلْتُ: وَأَنْتَ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: «وَأَنَا، وَلَكِنِّي دَعَوْتُ اللَّهَ عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 654: Ahmad bin Abdullah bin Abdul Rahim Al Barqi dan Ismail bin Ishaq Al Kufi mengabarkan kepada kami —ia bertempat tinggal di kawasan Al Fustat—, keduanya berkata, Ibnu Abu Maryam menceritakan kepada kami, Yahya bin Ayub mengabarkan kepada kami, Umarah bin Ghaziah menceritakan kepadaku, ia berkata, aku mendengar Abu An-Nadhr berkata, aku mendengar Urwah bin Zubair berkata, Aisyah isteri Rasulullah berkata, “Aku kehilangan jejak Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan aku masih berada di atas tempat tidurku. Aku mendapati beliau sedang melakukan sujud dengan merapatkan kedua tumit beliau dengan menghadapkan ujung jari-jari ke arah qiblat. Aku mendengar beliau mengucapkan kalimat, 'Aku berlindung dengan ridha-Mu dari kemarahan-Mu, dengan maaf-Mu dari dengan-siksa-Mu, dengan-Mu dari-Mu, aku memuji-Mu aku belum menyampaikan segala sesuatu yang ada pada lisan-Mu.' Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kembali, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Wahai Aisyah syetanmu telah membawamu', Aisyah berkata, 'Apakah syetan juga ada pada dirimu?' Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Tidaklah pada diri anak adam kecuali terdapat syetan.' Lalu ‘aku katakan, Termasuk pada engkau juga wahai Rasulullah!' Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, ' Termasuk aku, akan tetapi aku telah berdoa kepada Allah dan aku telah diselamatkan darinya'. “805

Shahih Ibnu Khuzaimah #655

صحيح ابن خزيمة ٦٥٥: نا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ، وَعَلِيُّ بْنُ شُعَيْبٍ قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، حَدَّثَ عُبَيْدُ اللَّهِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: فَقَدْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فِي الْفِرَاشِ، فَجَعَلْتُ أَطْلُبُهُ بِيَدِي، فَوَقَعَتْ يَدِي عَلَى بَاطِنِ قَدَمَيْهِ وَهُمَا مُنْتَصِبَتَانِ فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَأَعُوذُ بِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أَحْصِي مَدْحَكَ، وَلَا ثَنَاءً عَلَيْكَ، أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 655: Ya’kub bin Ibrahim Ad-Dauraqi dan Ali bin Syuaib mengabarkan kepada kami, dan keduanya berkata: Abu Usamah menceritakan kepada kami, Ubaidullah mengabarkan kepada kami dari Muhammad bin Yahya bin Hiban dari Abdurrahman (82- alif). Pada suatu malam aku pernah kehilangan jejak Rasulullah SAW806, aku pun mencari beliau dengan kedua tanganku, kemudian kedua tanganku menyentuh telapak kedua kaki beliau; di mana keduanya dalam keadaan berdiri tegak, aku mendengar beliau mengucapkan, "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dengan ridha dari kemarahan-Mu, aku berlindung dengan maaf-Mu dari siksa-Mu, aku berlindung dengan-Mu dan dari-Mu. Aku tidak pernah menghitung-hitung untuk memuji kepada-Mu, sebagaimana engkau memuji pada diri-Mu sendiri.’ 807

Shahih Ibnu Khuzaimah #656

صحيح ابن خزيمة ٦٥٦: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي صَفْوَانَ الثَّقَفِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ يَعْنِي ابْنَ مَهْدِيٍّ، حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ إِيَادِ بْنِ لَقِيطٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا سَجَدْتَ فَضَعْ كَفَّيْكَ، وَارْفَعْ مِرْفَقَيْكَ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 656: Muhammad bin Abu Shafwan Ats-Tsaqafi menceritakan kepada kami, Abdur-Rahman —yaitu Ibnu Mahdi—, menceritakan kepada kami, Ubaidillah bin Iyad bin Laqith mengabarkan kepada kami dari ayahnya dari Al Bara' bin Azib, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau melakukan sujud, maka letakkanlah kedua telapak tanganmu dan angkatlah kedua sikumu.”808

Shahih Ibnu Khuzaimah #657

صحيح ابن خزيمة ٦٥٧: نا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ، وَعُمَرُ بْنُ حَفْصٍ الشَّيْبَانِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ ابْنِ أَخِي يَزِيدَ بْنِ الْأَصَمِّ، عَنْ عَمِّهِ، عَنْ خَالَتِهِ مَيْمُونَةَ قَالَتْ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ لَوْ أَنَّ بَهْمَةً أَرَادَتْ أَنْ تَمُرَّ مِنْ تَحْتِ يَدِهِ مَرَّتْ» وَقَالَ عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْأَصَمِّ، وَقَالَ: إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا سَجَدَ جَافَى يَدَيْهِ حَتَّى لَوْ أَنَّ بَهْمَةً أَرَادَتْ أَنْ تَمُرَّ تَحْتَهَا مَرَّتْ

Shahih Ibnu Khuzaimah 657: Said bin Abdurrahman Al Makhzumi dan Umar bin Hafash Asy-Syaibani mengabarkan kepada kami, keduanya berkata, Sufyan menceritakan kepada kami dari Ubaidullah bin Abdullah bin Saudara Yazid bin Al Asham dari bibi Maimunah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melakukan sujud, maka seandainya anak kambing biri-biri lewat di bawah tangannya, niscaya anak kambing tersebut dapat melewati beliau begitu saja.” 809 Amr bin Hafash berkata, “Ubaidillah bin Abdullah bin Al Asham menceritakan kepada kami dan ia berkata, “Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melakukan sujud, maka beliau merenggangkan kedua tangannya, hingga apabila anak kambing biri-biri lewat di bawah tangannya, maka ia dapat melewati beliau begitu saja.”

Shahih Ibnu Khuzaimah #658

صحيح ابن خزيمة ٦٥٨: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، نا عَبْدُ الرَّحْمَنِ يَعْنِي ابْنَ مَهْدِيٍّ، نا سُفْيَانُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ سَالِمٍ وَهُوَ ابْنُ أَبِي الْجَعْدِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَا مِنْكُمْ أَحَدٌ إِلَّا وَقَدْ وُكِّلَ بِهِ قَرِينُهُ مِنَ الْجِنِّ، وَقَرِينُهُ مِنَ الْمَلَائِكَةِ» قَالُوا: وَإِيَّاكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: «وَإِيَّايَ وَلَكِنَّ اللَّهَ أَعَانَنِي عَلَيْهِ حَتَّى أَسْلَمَ، فَلَا يَأْمُرُنِي إِلَّا بِخَيْرٍ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 658: Muhammad bin Basysyar menceritakan kepada kami, Abdurrahman —yaitu Ibnu Mahdi— mengabarkan kepada kami, Sufyan mengabarkan kepada kami dari Manshur dari Salim —ia adalah Ibnu Abui Ja'd— dari ayahnya dari Ibnu Mas'ud, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Tidak seorangpun dari kalian kecuali telah diserahkan kepadanya Qarin berupa jin dan malaikat.” Mereka bertanya, “Apakah diberikan juga kepada engkau wahai Rasulullah?” Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Juga kepadaku, akan tetapi Allah SWT telah menolongku sehingga aku telah diselamatkan, di mana ia tidak pernah memerintahkanku kecuali dengan kebajikan.”810

Shahih Ibnu Khuzaimah #659

صحيح ابن خزيمة ٦٥٩: نا بُنْدَارٌ، نا مُحَمَّدٌ يَعْنِي ابْنَ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، ح وَحَدَّثَنَا سَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ، حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: «كَانَ رُكُوعُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَرَفْعُهُ رَأْسَهُ بَعْدَ الرُّكُوعِ، وَسُجُودُهُ وَجُلُوسُهُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ قَرِيبًا مِنَ السَّوَاءِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 659: Bundar mengabarkan kepada kami, Muhammad —yaitu Ibnu Ja'far— mengabarkan kepada kami, Syubah menceritakan kepada kami, Ha’, Salam bin Junadah menceritakan kepada kami, Waki' menceritakan kepada kami, dari Syubah, dari Al Hakam, dari Abdurrahman bin Abu Laila, dari Al Barra' bin Al Azib, ia berkata, “Ruku Rasulullah, mengangkat kepala setelah ruku, sujud, serta duduk di antara dua sujud hampir sama (waktunya).” 811

Shahih Ibnu Khuzaimah #660

صحيح ابن خزيمة ٦٦٠: نا مُؤَمَّلُ بْنُ هِشَامٍ الْيَشْكُرِيُّ، وَسَلْمُ بْنُ جُنَادَةَ الْقُرَشِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ، عَنِ الْمُسْتَوْرِدِ بْنِ الْأَحْنَفِ، عَنْ صِلَةَ، عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: «صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ، فَذَكَرَ الْحَدِيثَ، وَذَكَرَ أَنَّهُ قَرَأَ فِي رَكْعَةٍ الْبَقَرَةَ، وَالنِّسَاءَ، ثُمَّ رَكَعَ، فَكَانَ رُكُوعُهُ مِثْلَ قِيَامِهِ، ثُمَّ سَجَدَ فَكَانَ سُجُودُهُ مِثْلَ رُكُوعِهِ»

Shahih Ibnu Khuzaimah 660: Muammal bin Hiysam Al Yaskuri dan Salam bin Junadah Al Qurasyi mengabarkan kepada kami, keduanya berkata, Abu Muawiyah menceritakan kepada kami, Al A'masy menceritakan kepada kami, dari Sa'd bin Ubaidah dari Al Mustaurad bin Al Ahnaf dari Silah dari Khudaifah, ia berkata, “Aku pernah melaksanakan shalat bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pada suatu malam, lalu ia menyebutkan hadits dan menyebutkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca surah Al Baqarah dan An-Nisaa' dalam satu rakaat, kemudian beliau ruku dan lama waktu pelaksanaan rukunya sama seperti lama waktu berdirinya kemudian beliau melakukan sujud, di mana lama waktu sujudnya seperti lama waktu ruku'nya.’ 812