سنن الدارقطني ٢٤٥٨: نا مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ , نا سَعْدَانُ بْنُ نَصْرٍ , نا أَبُو مُعَاوِيَةَ الضَّرِيرُ , عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ , عَنْ أَيُّوبَ السَّخْتِيَانِيُّ , عَنْ عِكْرِمَةَ , عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , قَالَ: «الْمُحْرِمُ يَشُمُّ الرَّيْحَانَ وَيَدْخُلُ الْحَمَّامَ وَيَنْزِعُ ضِرْسَهُ وَيَفْقَأُ الْقُرْحَةَ , وَإِذَا انْكَسَرَ ظُفْرُهُ أَمَاطَ عَنْهُ الْأَذَى»
Sunan Daruquthni 2458: Muhammad bin Makhlad memberitakan kepada kami, Sa'dan bin Nashr memberitakan kepada kami. Abu Muawiyah Adh Dharir memberitakan kepada kami. dari Ibnu Juraij, dari Ayyub As Sikhtiyani. dari Ikrimah. dari Ibnu Abbas, dia berkata. "Orang yang sedang berihram boleh mencium bau wangi masuk ke kamar mandi, mencabut gigi gerahamnya dan memecah luka bernanahnya. Jika kukunya pecah. maka dia boleh menghilangkan penyakit darinya."
Grade
سنن الدارقطني ٢٤٥٩: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ , نا مُحْرِزُ بْنُ عَوْنٍ , نا شَرِيكٌ , عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ السَّبِيعِيِّ , عَنْ عَطَاءٍ , وَرُبَّمَا ذَكَرَهُ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ , عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , قَالَ: «لَا بَأْسَ بِالْهِمْيَانِ وَالْخَاتَمِ لِلْمُحْرِمِ»
Sunan Daruquthni 2459: Abdullah bin Muhammad bin Abdul Aziz memberitakan kepada kami. Mihraz bin Aun memberitakan kepada kami, Syarik memberitakan kepada kami. dari Abu Ishak AsSabi'i. dari Atha' dan barangkali dia menyebutkannya, dari Sa'id bin Jubair. dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Tidak mengapa memakai ikat pinggang dan cincin bagi orang yang sedang berihram."
Grade
سنن الدارقطني ٢٤٦٠: نا الْقَاسِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ أَبُو عُبَيْدٍ , وَأَبُو بَكْرٍ الشَّافِعِيُّ قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ بْنُ بُرْدٍ , نا الْهَيْثَمُ بْنُ جَمِيلٍ , نا شَرِيكٌ , عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ , عَنْ عَطَاءٍ , وَسَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ , عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , قَالَ: «رُخِّصَ لِلْمُحْرِمِ فِي الْخَاتَمِ وَالْهِمْيَانِ»
Sunan Daruquthni 2460: Al Qasim bin Ismail Abu Ubaid dan Abu Bakar Asy-Syafi'i memberitakan kepada kami, keduanya berkata, Abul Walid bin Burd menceritakan kepada kami. Al Haitsam bin Jamil memberitakan kepada kami, Syarik memberitakan kepada kami, dari Abu Ishak. dari Atha' dan Sa'id bin Jubair, dari Ibnu Abbas, dia berkata. "Diberikan keringanan bagi orang yang sedang berihram untuk memakai cincin dan ikat pinggang."
Grade
سنن الدارقطني ٢٤٦١: نا مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ , نا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ الصَّنْعَانِيُّ , نا مُوسَى بْنُ دَاوُدَ , نا شَرِيكٌ , عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ , عَنْ عَطَاءٍ , عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , قَالَ: «لَا بَأْسَ بِالْخَاتَمِ لِلْمُحْرِمِ».
Sunan Daruquthni 2461: Muhammad bin Makhlad memberitakan kepada kami, Muhammad bin Ishak AshShan'ani memberitakan kepada kami. Musa bin Daud memberitakan kepada kami, Syarik memberitakan kepada kami. dari Abu Ishak, dari Atha'. dari Ibnu Abbas, dia berkata. "Tidak mengapa memakai cincin bagi orang yang sedang berihram."
Grade
سنن الدارقطني ٢٤٦٢: نا ابْنُ مَخْلَدٍ , نا الرَّمَادِيُّ , نا يَزِيدُ الْعَدَنِيُّ , نا سُفْيَانُ , عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ , عَنْ عَطَاءٍ مِثْلَهُ , وَلَمْ يَذْكُرِ ابْنَ عَبَّاسٍ
Sunan Daruquthni 2462: Ibnu Makhlad memberitakan kepada kami, Ar-Ramadi memberitakan kepada kami, Yazid Al Adani memberitakan kepada kami, Sufyan memberitakan kepada kami. dari Abu Ishak. dari Atha' dengan hadits yang seperti itu dan dia tidak menyebutkan Ibnu Abbas.
سنن الدارقطني ٢٤٦٣: نا مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ , نا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ الْمُنَادِي , نا رَوْحٌ , ثنا أَشْعَثُ , عَنِ الْحَسَنِ , عَنْ جَابِرٍ , قَالَ: «كُنَّا إِذَا سَافَرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَعِدْنَا كَبَّرْنَا وَإِذَا هَبَطْنَا سَبَّحْنَا»
Sunan Daruquthni 2463: Muhammad bin Makhlad memberitakan kepada kami. Muhammad bin Ubaidillah Al Munadi memberitakan kepada kami. memberitakan kepada kami Rauh. menceritakan kepada kami Asy'ats. dari Al Hasan, dari Jabir. dia berkata. "Ketika kami bepergian bersama Rasulullah. jika jalannya naik. kami bertakbir dan jika jalannya menurun kami bertasbih."
Grade
سنن الدارقطني ٢٤٦٤: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ , نا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ , ثنا يَحْيَى بْنُ زَكَرِيَّا بْنِ أَبِي زَائِدَةَ , عَنِ الْحَجَّاجِ , عَنِ الْحَكَمِ , عَنْ أَبِي الْقَاسِمِ , [ص:249] عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , قَالَ: «إِنَّ مِنْ سُنَّةِ الْحَجِّ أَنْ لَا يُحْرَمُ بِالْحَجِّ إِلَّا فِي أَشْهُرِ الْحَجِّ». تَابَعَهُ شُعْبَةُ , وَحَمْزَةُ الزَّيَّاتُ , وَأَبُو الْقَاسِمِ هُوَ مِقْسَمٌ مَوْلَى عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ نَوْفَلٍ
Sunan Daruquthni 2464: Abdullah bin Muhammad bin Abdul Aziz memberitakan kepada kami. Utsman bin Abi Syaibah memberitakan kepada kami. Yahva bin Zakaria bin Abi Zaidah menceritakan kepada kami, dari Al Hajjaj. dari Al Hakam, dari Abu Al Qasim, dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Sesungguhnya termasuk sunnah haji yaitu agar tidak berihram dengan niat haji kecuali pada bulan-bulan haji." Hadits ini diperkuat oleh Syu'bah dan Hamzah Az-Zayyat. Abul Qasim yaitu Miqsam bekas budak Abdullah bin Al Harits bin Naufal.
Grade
سنن الدارقطني ٢٤٦٥: نا عَبْدُ الْبَاقِي بْنُ قَانِعٍ وَآخَرُونَ , قَالُوا: نا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ , نا الْحَسَنُ بْنُ سَهْلٍ , نا مُصْعَبُ بْنُ سَلَّامٍ , عَنْ حَمْزَةَ الزَّيَّاتِ , عَنِ الْحَكَمِ , عَنْ مِقْسَمٍ , عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , " فِي الرَّجُلِ أَحْرَمَ بِالْحَجِّ فِي غَيْرِ أَشْهُرِ الْحَجِّ , قَالَ: لَيْسَ ذَاكَ مِنَ السُّنَّةِ "
Sunan Daruquthni 2465: Abdul Baqi bin Qani' dan yang lainnya memberitakan kepada kami, mereka berkata: Muhammad bin Utsman memberitakan kepada kami. Al Hasan bin Sahl memberitakan kepada kami. Mush'ab bin Salam memberitakan kepada kami. dari Hamzah Az-Zayyat. dari Al Hakam. dari Miqsam, dari Ibnu Abbas tentang seseorang yang berihram dengan niat haji pada selain bulan-bulan haji. dia mengatakan. "Itu bukan termasuk sunnah."
Grade
سنن الدارقطني ٢٤٦٦: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ , ثنا عُثْمَانُ , نا يَحْيَى بْنُ زَكَرِيَّا , عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ , عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ , عَنْ جَابِرٍ , قَالَ: قُلْتُ أُهِلُّ بِالْحَجِّ قَبْلَ أَشْهُرِ الْحَجِّ؟ , قَالَ: «لَا»
Sunan Daruquthni 2466: Abdullah bin Muhammad bin Abdul Aziz memberitakan kepada kami, Utsman menceritakan kepada kami, Yahya bin Zakaria memberitakan kepada kami, dari Ibnu Juraij, dari Abu Az-Zubair. dari Jabir, dia berkata. saya bertanya. "(bolehkah) berihram dengan niat haji sebelum bulan-bulan haji?" dia menjawab. "Tidak."
Grade
سنن الدارقطني ٢٤٦٧: نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ , نا عُثْمَانُ , ثنا يَحْيَى بْنُ زَكَرِيَّا , عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ , عَنْ عَطَاءٍ , قَالَ: " إِنَّمَا قَالَ اللَّهُ تَعَالَى {الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ} [البقرة: 197] لِئَلَّا يُفْرَضُ الْحَجُّ فِي غَيْرِهِنَّ "
Sunan Daruquthni 2467: Abdullah bin Muhammad memberitakan kepada kami. Utsman memberitakan kepada kami. Yahya bin Zakaria menceritakan kepada kami, dari Ibnu Juraij, dari Atha‘. dia berkata. "Allah Ta'ala berfirman "(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi" agar tidak diwajibkan haji pada selain bulan-bulan tersebut."
Grade