بَابُ قَدْرِ الْقِرَاءَةِ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالصُّبْحِ

Bab Kadar Bacaan dalam Shalat Zhuhur, Ashar dan Subuh

Sunan Daruquthni #1263

سنن الدارقطني ١٢٦٣: حَدَّثَنَا الْقَاضِي ابْنُ إِسْمَاعِيلَ , ثنا يَعْقُوبُ الدَّوْرَقِيُّ , ثنا هُشَيْمٌ , ثنا مَنْصُورُ بْنُ زَاذَانَ , عَنِ الْوَلِيدِ بْنِ مُسْلِمٍ , عَنْ أَبِي الصِّدِّيقِ النَّاجِيِّ , عَنْ أَبِي سَعِيدٍ , قَالَ: «كُنَّا نُحْزِرُ قِيَامَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ , فَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الظُّهْرِ قَدْرَ ثَلَاثِينَ آيَةً قَدْرَ سُورَةِ السَّجْدَةِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ , وَفِي الْأُخْرَيَيْنِ عَلَى النِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ فِي الْعَصْرِ عَلَى قَدْرِ الْأُخْرَيَيْنِ مِنَ الظُّهْرِ , وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الْأُخْرَيَيْنِ مِنَ الْعَصْرِ عَلَى النِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ». هَذَا ثَابِتٌ صَحِيحٌ

Sunan Daruquthni 1263: Al Qadhi Al Husain bin Isma'il menceritakan kepada kami, Ya'qub Ad-Dauraqi menceritakan kepada kami, Husyaim menceritakan kepada kami, Manshur bin Zadzan menceritakan kepada kami, dari Al Walid bin Muslim, dari Abu Ash-Shiddiq An-Naji, dari Abu Sa'id, ia mengatakan, "Kami pernah mengukur kadar berdirinya Rasulullah SAW dalam (shalat) Zhuhur dan Ashar, lalu kami dapati lama berdirinya beliau dalam (shalat) Zhuhur sekitar tiga puluh ayat, yaitu sekitar surah As-Sajdah pada dua raka'at pertama, sedangkan pada dua raka'at lainnya setengahnya dari itu. Dan kami juga mengukur (kadar) berdirinya beliau pada dua raka'at pertama shalat Ashar, yaitu sekitar dua raka'at terakhir pada shalat Zuhur. Dan kami pun pernah mengukur (kadar) berdirinya beliau pada dua raka'at terakhir (shalat) Ashar, yaitu sekitar setengahnya dari itu." Ini riwayat valid lagi shahih.

Grade

Sunan Daruquthni #1264

سنن الدارقطني ١٢٦٤: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ الْبَجَلِيُّ , حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ حَكِيمٍ الْأَوْدِيُّ , نا سَهْلُ بْنُ عَامِرٍ الْبَجَلِيُّ , ثنا هُرَيْمُ بْنُ سُفْيَانَ , عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي خَالِدٍ , عَنْ قَيْسِ بْنِ أَبِي حَازِمٍ , قَالَ: صَلَّيْتُ خَلْفَ ابْنِ عَبَّاسٍ بِالْبَصْرَةِ فَقَرَأَ فِي أَوَّلِ رَكْعَةٍ بِالْحَمْدِ وَأَوَّلِ آيَةٍ مِنَ الْبَقَرَةِ , ثُمَّ قَامَ فِي الثَّانِيَةِ فَقَرَأَ الْحَمْدَ وَالْآيَةَ الثَّانِيَةَ مِنَ الْبَقَرَةِ , ثُمَّ رَكَعَ فَلَمَّا انْصَرَفَ أَقْبَلَ عَلَيْنَا , فَقَالَ: " إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَقُولُ: {فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ} ". هَذَا إِسْنَادٌ حَسَنٌ , وَفِيهِ حُجَّةٌ لِمَنْ يَقُولُ: إِنَّ مَعْنَى قَوْلِهِ {فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ} إِنَّمَا هُوَ بَعْدَ قِرَاءَةِ فَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَاللَّهُ أَعْلَمُ

Sunan Daruquthni 1264: Muhammad bin Makhlad Al Bajali menceritakan kepada kami, Ahmad bin Utsman bin Hakim Al Audi menceritakan kepada kami, Sahl bin Amir Al Bajali menceritakan kepada kami, Huraim bin Sufyan menceritakan kepada kami, dari Isma'il bin Abu Khalid, dari Qais bin Abu Hazim, ia menuturkan, "Aku shalat di belakang Ibnu Abbas di Bashrah, lalu di raka'at pertama ia membaca 'alhamdu' (yakni surah Al Faatihah) dan awal ayat dari surah Al Baqarah, kemudian berdiri untuk raka'at kedua, lalu membaca 'alhamdu' dan ayat kedua dari surah Al Baqarah, kemudian ruku. Setelah selesai, ia menghadap ke arah kami, lalu berkata, 'Sesungguhnya Allah Ta'ala telah berfirman, Maka bacalah apa yang mudah (bagimu) darinya.'' " Ini isnad yang hasan, dan ini merupakan argumen bagi yang berpendapat bahwa makna firman-Nya lMaka bacalah apa yang mudah (bagimu) darinya' adalah setelah membaca Fatihatul Kitab (surah Al Faatihah). Wallahu a‘lam.

Grade

Sunan Daruquthni #1265

سنن الدارقطني ١٢٦٥: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ النَّيْسَابُورِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ , وَعَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَحْمَدَ الدَّقَّاقُ , قَالَا: نا بَحْرُ بْنُ نَصْرٍ , ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ , حَدَّثَنِي مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ , عَنْ أَبِي الزَّاهِرِيَّةِ , عَنْ كَثِيرِ بْنِ مُرَّةَ , عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ , قَالَ: قَامَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفِي كُلِّ صَلَاةٍ قُرْآنٌ؟ , قَالَ: «نَعَمْ». فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ: وَجَبَ هَذَا , فَقَالَ أَبُو الدَّرْدَاءِ: يَا كَثِيرُ وَأَنَا إِلَى جَنْبِهِ لَا أَرَى الْإِمَامَ إِذَا أَمَّ الْقَوْمَ إِلَّا قَدْ كَفَاهُمْ. وَرَوَاهُ زَيْدُ بْنُ حُبَابٍ , عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ وَقَالَ فِيهِ: فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَا أَرَى الْإِمَامَ إِلَّا قَدْ كَفَاهُمْ». وَوَهِمَ فِيهِ وَالصَّوَابُ أَنَّهُ مِنْ قَوْلِ أَبِي الدَّرْدَاءِ كَمَا قَالَ ابْنُ وَهْبٍ وَاللَّهُ أَعْلَمُ

Sunan Daruquthni 1265: Abu Bakar An-Naisaburi Abdullah bin Muhammad bin Ziyad dan Abdul Malik bin Ahmad Ad-Daqqaq menceritakan kepada kami, keduanya mengatakan: Bahr bin Nashr mengabarkan kepada kami, Abdullah bin Wahb menceritakan kepada kami, Mu'awiyah bin Shalih menceritakan kepadaku, dari Abu Az-Zahiriyyah, dari Katsir bin Murrah, dari Abu Darda, ia menuturkan, "Seorang laki-laki berdiri lalu berkata, 'Wahai Rasulullah, apakah (ada bacaan) Al Qur'an pada setiap shalat?' beliau menjawab, 'Ya'." Lalu seorang laki-laki di antara mereka (yang hadir) berkata, 'Ini wajib'?" Abu Darda mengatakan, "Wahai Katsir, -saat posisiku paling dekat dengannya-. Tidak ada yang aku lihat pada imam, bila telah mengimami suatu kaum, kecuali ia telah mencukupi mereka." Diriwayatkan juga oleh Zaid bin Al Hubab, dari Mu'awiyah bin Shalih, dengan isnad ini, di dalamnya disebutkan: "Lalu Rasulullah SAW bersabda, ''Tidak ada yang aku lihat pada imam, kecuali telah mencukupi mereka" Perawi mengira-ngira dalam hal ini, yang benar bahwa itu dari ucapan Abu Darda sebagaimana dikemukakan Ibnu Wahb. Wallahu a‘lam.

Grade